invisible hit counter

Makanan dan Minuman yang Menjadi Pantangan Asam Lambung

Peningkatan asam lambung berkaitan erat dengan apa yang kita konsumsi, oleh karena itu penting diketahui makanan dan minuman apa saja yang menjadi pantangan asam lambung. Asam lambung yang meningkat merupakan penyebab terjadinya sakit maag. Gejala yang ditimbulkan dari peningkatan asam lambung atau sakit maag antara lain yaitu nyeri pada lambung dan ulu hati, rasa begah di perut atau kembung, mual muntah, badan mudah lelah, menurunnya nafsu makan, dan buang air besar yang tidak normal. Sakit maag sering kali menimbulkan kekambuhan dan dapat berlangsung secara akut maupun kronis. Penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat luas dan tidak boleh dianggap sepele karena dapat menimbulkan kefatalan jika terjadi komplikasi penyakit.

Selain makanan dan minuman, peningkatan asam lambung juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang lain. Faktor tersebut antara lain yaitu akibat pola makan yang tidak teratur dan juga dapat dipicu akibat kurang istirahat/tidur serta stres. Peradangan yang terjadi di lambung juga dapat disebabkan karena inflamasi bakteri helicobacter pylori. Selain itu konsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri yang termasuk ke dalam jenis golongan obat AINS (Anti Inflamasi Non Steroid), juga dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung. Obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis obat AINS antara lain yaitu asam mefenamat, ibuprofen, aspirin, diklofenak, piroxicam, meloxicam, dan sebagainya.

Beberapa Pantangan Asam Lambung yang Sebaiknya Tidak Anda Konsumsi

Memiliki penyakit asam lambung tentunya sangat mengganggu, terlebih lagi jika terjadi ketika momen-momen penting. Oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati terutama dalam mengkonsumsi makanan atau minuman sehari-hari. Jika Anda mempunyai riwayat sakit maag, sebaiknya hindari berbagai jenis makanan atau minuman yang menjadi pantangan asam lambung berikut ini:

  1. Makanan pedas

Mungkin banyak di antara Anda menyukai berbagai jenis makanan pedas. Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat sakit maag, Anda sebaiknya menghindari makanan yang terlalu pedas karena merupakan pantangan asam lambung. Makanan yang pedas biasanya karena banyak ditambahkan bahan cabe di dalamnya. Selain cabe, bahan yang juga menimbulkan sensasi rasa pedas antara lain yaitu paprika, bawang merah, dan bawang putih, sehingga jika mencampurkan dalam masakan jangan terlalu banyak. Anda pun sebaiknya juga mengurangi atau sebisa mungkin menghindari penambahan sambal dalam makanan, saus sambal, bumbu rujak, ataupun lalapan cabe rawit.

  1. Makanan asam

Makanan yang terlalu asam juga merupakan pantangan asam lambung. Makanan yang asam biasanya banyak terdapat dalam buah-buahan. Sebenarnya buah-buahan sangat baik untuk kesehatan, tetapi jika Anda merupakan penderita sakit maag pilihlah buah yang rasanya tidak terlalu asam atau kecut. Contoh buah yang rasanya sangat asam misalnya kedondong, buah kiwi, lemon, stroberi, atau buah-buahan yang memang belum begitu masak sehingga rasanya masih asam. Selain buah yang terlalu asam, sebaiknya Anda juga mengurangi penambahan cuka dan biji asam jawa dalam masakan.

  1. Makanan yang mengandung gas

Ada beberapa jenis makanan yang memang mengandung jika dimakan mengeluarkan gas alami di dalam saluran pencernaan. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah jika dikonsumsi oleh pencernaan yang sehat. Tetapi jika asam lambung Anda sangat sensitif maka sebaiknya menghindari jenis makanan yang mengandung gas karena merupakan pantangan asam lambung. Beberapa jenis makanan yang mengandung gas antara lain yaitu asparagus, kol, sawi, brokoli, kubis, kacang polong, durian, dan nangka.

  1. Makanan berlemak

Pantangan asam lambung yang berikutnya yaitu makanan yang banyak mengandung lemak. Selain dapat mengakibatkan kegemukan atau obesitas, konsumsi makanan berlemak ternyata juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Makanan berlemak antara lain banyak terdapat pada makanan yang digoreng, makanan bersantan, jerohan, kulit, daging-dangingan, dan makanan cepat saji/ junk food.

  1. Makanan yang susah dicerna

Anda sebaiknya juga mengurangi jenis makanan yang susah dicerna oleh saluran pencernaan karena juga merupakan pantangan asam lambung. Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi memerlukan energi dan waktu yang relatif lebih lama bagi saluran pencernaan kita untuk mencernanya. Jenis makanan tersebut antara lain yaitu keju, daging merah, mie instan, bihun, beras ketan, dan dodol.

  1. Rokok

Kebiasaan merokok selain berbahaya untuk kesehatan secara umum, ternyata juga dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga memicu timbulnya sakit maag. Oleh karena itu sebaiknya hindarilah konsumsi rokok, sebab sama sekali tidak ada manfaatnya. Bahkan dengan konsumsi rokok justru merusak organ vital manusia, seperti paru-paru, jantung, hati, otak, ginjal, dan juga lambung.

  1. Kopi

Kopi juga merupakan pantangan asam lambung karena mengandung zat caffein. Oleh karena itu jika Anda memiliki riwayat penyakit asam lambung atau sakit maag sebaiknya menghindari konsumsi kopi. Tidak hanya kopi saja, tetapi sebaiknya hindari jenis makanan yang juga mengandung caffein, seperti coklat dan minuman berenergi.

  1. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol juga termasuk salah satu pantangan asam lambung. Minuman ini tidak saja membahayakan kesehatan tetapi jika dikonsumsi dalam dosis terlalu banyak juga dapat mengancam nyawa. Konsumsi alkohol baik dalam kadar yang sedikit maupun banyak terbukti dapat meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu hindarilah konsumsi minuman beralkohol, baik dari jenis wine, vodka, tequila, bir, arak, dan sebagainya. Bahkan makanan tradisional tape juga sebaiknya dihindari karena juga mengandung alkohol walaupun dalam dosis yang sangat kecil.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda juga merupakan pantangan asam lambung karena bersifat asam dan menimbulkan gas di saluran pencernaan ketika di konsumsi. Jenis minuman bersoda banyak di jual di pasaran yang biasanya sangat menarik karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Ciri dari minuman bersoda adalah menimbulkan busa ketika dikocok, mengeluarkan gas ketika kemasannya dibuka, dan biasanya mudah menimbulkan sendawa ketika diminum.

Jika Anda memiliki sakit maag, atur pola makan Anda agar selalu teratur. Jika mengalami keterlambatan makan biasanya akan memicu peningkatan asam lambung. Ketika makan, sebaiknya hindari makan terlalu banyak, lebih baik makan sedikit tetapi sering. Untuk memperbaiki sistem pencernaan, sebaiknya jangan makan terlalu cepat, pelan-pelan saja dan kunyahlah sampai lembut sehingga lambung dan usus lebih mudah untuk mencernanya. Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat Anda. Sebaiknya hindarilah begadang dan ciptakan waktu istirahat yang lebih berkualitas. Selalu ciptakan pikiran yang tenang dan nyaman agar terhindar dari stres, sebab stres juga dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung.

Olahraga secara rutin dan teratur juga penting dilakukan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran karena sangat bagus untuk pencernaan, tetapi yang harus diingat pilihlah buah atau sayur yang tidak termasuk dalam daftar makanan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti yang telah disebutkan di atas. Jika Anda menderita penyakit maag yang tidak kunjung sembuh dan menyebabkan berbagai keluhan yang sangat mengganggu, sebaiknya periksakan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Sebab pada beberapa kasus, maag dapat berlangsung menjadi berat dan kronis yang biasanya diakibatkan karena terjadinya tukak/luka yang terjadi di lambung dengan area luka yang cukup banyak dan luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *