invisible hit counter

Macam-Macam Penyakit Kulit, Penyebab hingga Penanganannya

Macam-Macam Penyakit Kulit, Penyebab hingga PenanganannyaKita pasti pernah mengalami macam-macam penyakit kulit dengan beragam bentuk kelainan yang terlihat di kulit. Penyakit kulit ini juga bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang tua, pria maupun wanita baik yang disebabkan oleh alergi, infeksi hingga keganasan (kanker). Selain itu macam-macam penyakit kulit ini juga memiliki gambaran kelainan kulit yang berbeda-beda, penanganannya pun tidak sama satu dengan yang lainnya. Untuk itulah mengapa dalam menangani penyakit kulit perlu peran serta dokter untuk melihat bentuk dan gambaran luka/ruam yang timbul di kulit anda untuk menegakkan diagnosis yang pasti. Di dalam artikel ini kami akan mencoba memberikan sejumlah informasi mengenai penyebab, gejala serta gambaran kelainan kulit yang timbul pada macam-macam penyakit kulit hingga penanganannya. Mari kita simak pembahasan singkatnya dalam artikel di bawah ini!

Penyebab, Gejala, dan Gambaran Kelainan Kulit hingga Penanganan Macam-Macam Penyakit Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kelainan kulit memiliki penyebab yang sangat banyak dan beragam, bahkan sejumlah penyakit yang sumbernya dari dalam tubuh dapat menimbulkan kelainan di kulit. Untuk itu di dalam pembahasan kali ini, kami hanya akan membagikan macam-macam penyakit kulit yang cukup banyak ditemukan sehari-hari!

1. Dermatitis (peradangan kulit)

Macam-macam penyakit kulit yang akan kami bahas pertama adalah dermatitis, yang berarti peradangan pada lapisan kulit sebagai respon terhadap adanya benda asing. Dermatitis sendiri juga dibagi berdasarkan penyebabnya, yakni dermatitis kontak dan dermatitis alergi (atopik). Pada kasus dermatitis kontak benda asing yang merangsang timbulnya peradangan menempel langsung pada kulit penderitanya, seperti penggunaan detergen yang berlebihan atau penggunaan kosmetik dan perhiasan yang sebelumnya belum pernah digunakan.

Sedangkan dermatitis alergi merupakan penyakit alergi yang biasanya diturunkan melalui genetik dan seringnya dialami oleh bayi dan anak-anak. Pada kasus dermatitis kontak, terdapat klasifikasi lain yakni dermatitis kontak alergi (DKA) dan juga dermatitis kontak iritan (DKI). Perbedaan kedua jenis dermatitis kontak ini adalah reaksi peradangan kulit yang terjadi, dimana pada kasus-kasus DKA peradangan yang terjadi tidak menimbulkan reaksi imun sedangkan pada DKI terjadi reaksi imun.

Penderita DKA akan mengeluhkan rasa pedih, panas dan terbakar pada kulit yang terkena zat iritan dan kulitnya tampak kemerahan, bengkak kadang disertai sisik berwarna putih dan kulit yang kering. Pada kasus DKI keluhan utama yang dikeluhkan penderitanya adalah rasa gatal  pada daerah tempat kontak dengan bahan penyebab alergi, disertai kulit kemerahan dengan batas tegas, bengkak dan kadang terdapat lepuhan serta sisik berwarna putih (skuama).

Selanjutnya pada kasus dermatitis alergi penderitanya sering mengeluhkan kulit kering dengan bruntus-bruntus kemerahan dan keropeng pada sekitar bruntus akibat digaruk karena akan sangat gatal terutama pada malam hari. Pada kasus dermatitis terapi yang diberikan berupa obat kortikosteroid baik obat luar (salep/krim) maupun obat minum, selain itu pada kasus alergi dapat diberikan tambahan obat-obatan lain seperti pengurang rasa gatal dan obat alergi (antihistamin).

2. Infeksi

Macam-macam penyakit kulit selanjutnya yang akan kita bahas adalah infeksi, secara garis besar infeksi yang terjadi pada kulit dibagi lagi berdasarkan mikroorganisme penyebabnya seperti bakteri, virus, jamur maupun kutu/tungau.

  • Macam-macam penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dikenal dengan istilah pioderma. Siapa saja bisa terserang penyakit infeksi kulit oleh bakteri ini, sebagian besar kasus infeksi bakteri di kulit disebabkan oleh kebersihan yang kurang baik, penurunan daya tahan tubuh akibat kurang gizi (sering pada anak-anak), kanker atau diabetes serta komplikasi dari penyakit kulit yang lain. Gejala yang ditimbulkan bisa berupa timbul bisul atau lepuhan, disertai kulit tempat luka menjadi merah, nyeri dan kadang disertai keropeng. Pengobatan yang diberikan pada infeksi bakteri berupa antibiotik salep ataupun obat minum.
  • Infeksi virus dikulit yang sering terjadi adalah infeksi virus herpes dan virus varisela, keduanya dapat menimbulkan lesi kulit berupa lepuhan (kantung berisi cairan) pada kulit yang disertai dengan gejala seperti demam, badan meriang seperti sedang flu. Pada infeksi virus herpes, lepuhan sering timbul pada hidung dan mulut penderitanya juga pada area kemaluan. Sedangkan pada infeksi pertama virus varisela timbul lepuhan disepanjang tubuh hingga mulut penderitanya dan nantinya dapat timbul kembali karena virus ini berdiam di dalam saraf. Pengobatan yang diberikan berupa terapi anti-virus yang diminum atau berupa salep.
  • Selanjutnya adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur, sama seperti infeksi-infeksi sebelumnya kelainan ini juga dapat timbul diberbagai lokasi ditubuh penderitanya mulai dari kepala hingga jari-jari kaki dan tangan seseorang dan disebabkan oleh berbagai macam jamur. Sebagin besar gambaran kulit yang terinfeksi jamur tampak seperti lingkaran dengan pinggir yang kemerahan dan bagian tengahnya berwarna putih serta disertai rasa gatal terutama saat berkeringat. Pengobatan yang diberikan berupa obat anti-jamur baik yang diminum maupun obat luar.
  • Pada infeksi kutu/tungau, kebersihan penderitanya merupakan faktor penting penyebab timbulnya infeksi. Kelainan kulit yang sama dan timbul pada orang-orang yang tinggal serumah/sekamar merupakan gambaran yang sering ditemui pada infeksi parasit ini. Selain menggunakan obat-obatan pembasmi kutu/tungau yang dioleskan diseluruh tubuh, penderita infeksi parasit ini juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

3. Akne vulgaris

Macam-macam penyakit kulit yang juga sangat banyak ditemui sehari-hari adalah akne vulgaris atau yang lebih dikenal dengan istilah jerawat. Jerawat/akne merupakan sebuah peradangan menahun pada kelenjar minyak yang disebabkan oleh berbagai faktor dan sering terjadi pada usia remaja dengan gambaran berupa komedo, bruntus-bruntus kemerahan, dan bisul bernanah pada kulit terutama wajah. Pengobatan jerawat oleh dokter kulit terdiri dari beberapa racikan yang akan disesuaikan dengan jenis kulit anda dan juga keparahan jerawat yang anda derita, untuk itu jika anda merasa terganggu dengan jerawat dan komedo periksakanlah diri anda ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Kanker kulit

Macam-macam penyakit kulit yang terakhir akan dibahas adalah kanker kulit, walaupun jarang terjadi penyakit ini cukup membahayakan jika tidak ditangani. Awalnya kanker kulit terlihat hanya seperti luka biasa, kutil atau tahi lalat dikulit namun akan berkembang dan merusak jaringan sekitarnya. Oleh karena itu anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika tidak yakin dengan kelainan kulit yang anda alami.

Demikianlah sejumlah infomasi mengenai penyebab, gambaran kelainan kulit dan penanganan macam-macam penyakit kulit yang bisa kami bagikan dalam artikel ini. Diagnosis penyakit kulit memang cukup mudah, hanya saja dibutuhkan keterampilan mata yang telah berpengalaman dalam membedakan ciri khas dari macam-macam penyakit kulit tersebut. Untuk itu anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kelainan kulit yang anda derita, karena jika penanganan yang diberikan tidak tepat maka bisa terjadi perburukan pada kulit anda. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *