invisible hit counter

Macam-Macam Penyakit Jantung yang Perlu Anda Waspadai

Previous 1 2
  • Kardiomiopati

Penyakit jantung ini menyerang otot yang membentuk organ jantung. Penyakit ini menyebabkan otot jantung menipis atau mengeras atau malah menebal. Perubahan-perubahan yang terjadi pada otot ini dapat menyebabkan gangguan fungsi jantung dalam memompa darah. Biasanya disebabkan karena kelainan bawaan yang timbul saat usia dewasa. Tidak jarang juga menyerang ibu hamil.

Ciri-ciri: Mirip seperti penyakit jantung lainnya, penyakit ini dapat memberikan gejala sesak nafas, tubuh terasa lemah dan bengkak pada kaki.

  • Radang Selaput Jantung

Jantung mempunyai suatu lapisan yang melapisi atau meliputi organ ini. Bila terjadi reaksi radang pada selaput ini maka penyakitnya disebut perikarditis. atau radang selaput jantung. Penyakit merupakan salah satu dari macam-macam penyakit jantung yang kini sudah jarang didapatkan di masyarakat. Penyebab penyakit ini bermacam-macam, misalnya infeksi, serangan jantung, tumor atau kanker di daerah dada, kecelakaan dan penyakit imunitas seperti lupus.

Ciri-ciri: Gejala radang selaput jantung agaj sedikit berbeda dari gejala jantung lainnya. Penderita akan merasakan nyeri dada yang tajam di tengah dada, namun menyerupai serangan jantung, nyeri dapat juga menjalar ke leher, pundak bahu dan lengan. Nyeri terasa lebih parah saat berbaring, batuk atau menelan. Nyeri akan menghilang ketika duduk tegak. Sesak napas juga salah satu ciri pericarditis. Gejala lainnya ialah demam, batuk kering dan jantung berdetak lebih cepat.

  • Gagal Jantung

Penyakit ini merupakan stadium akhir dari semua macam-macam penyakit jantung. Beberapa penyakit jantung yang umum menyebabkan gagal jantung ialah riwayat serangan jantung, kardiomiopati dan penyakit katup jantung. Selain penyakit jantung, penyakit darah tinggi kronis dan kencing manis kronis juga dapat menuntun ke penyakit ini. Gagal jantung akan disertai dengan pembesaran jantung yang mudah dilihat dari foto rontgen dada. Orang dengan penyakit jantung harus sering mengontrol kondisi jantungnya agar tidak jatuh ke tahap ini.

Ciri-ciri: Dapat menyebabkan sesak nafas yang terutama timbul saat beraktivitas. Intensitas aktivitas dapat berat, misalnya naik tangga, jalan kira-kira 100 meter; namun bila sudah parah akan sesak di aktivitas ringan seperti mandi, memakai baju atau berjalan 10 meter. Sesak nafas juga dapat terjadi saat tidur atau dalam posisi berbaring dan akan terasa lega bila duduk atau memakai beberapa bantal untuk tidur. Dapat pula menyebabkan bengkak pada tungkai, pergelangan kaki dan kaki yang sering timbul pada pagi hari. Jantung berdebar dan perut terasa kencang dan membesar juga dapat menjadi ciri lainnya.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang berbahaya dan lebih baik diobati secara cepat. Bila telah melalui masa gawat, penyakit ini harus selalu dipantau secara teratur. Dari sekian banyak macam-macam penyakit jantung dan ciri-ciri nya yang teah dibahas, tentu Anda dapat menarik kesimpulan tanda bahaya penyakit jantung. Beberapa tanda bahayanya adalah nyeri dada, sesak napas saat aktivitas dan saat berbaring serta dada teraa berdebar. Semoga pembahasan macam-macam penyakit jantung ini memberikan wawasan tambahan bagi Anda.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *