invisible hit counter

Lima Jenis Buah untuk Diet yang Perlu Anda Ketahui

Lima Jenis Buah untuk Diet yang Perlu Anda KetahuiBanyak orang yang menggunakan buah untuk diet. Buah merupakan jenis makanan yang terkenal menyehatkan. Bahkan mengkonsumsi buah setiap hari termasuk ke dalam kriteria hidup sehat menurut aturan kesehatan di Indonesia. Buah-buahan merupakan produk dari tumbuhan yang berarti mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah pun mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh. Lebih lanjut lagi, buah terkenal memiliki kalori yang lebih sedikit dibandingkan makanan lainnya.

Banyak masyarakat yang berusaha menurunkan berat badan demi tercapainya berat badan ideal. Program diet yang baik haruslah mengikutsertakan program olahraga dan program mengatur pola makan yang baik. Mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan salah satu strategi diet yang banyak dianut masyarakat demi tercapainya tujuan diet mereka. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai buah untuk diet yang dapat Anda konsumsi demi membantu tujuan Anda menguruskan badan.

Kelompok Buah Untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

Banyak sekali macam dan jenis buah-buahan yang dapat kita temui. Dari sekian ragam buah tersebut, banyak mitos mengenai mana buah untuk diet yang baik, mana pula yang kurang baik. Misalnya buah apel dan pir merupakan buah yang paling terkenal sebagai buah untuk diet. Sebaliknya banyak orang yang merekomendasikan untuk menghindari alpukat karena konon dapat menaikkan berat badan Anda. Benarkah mitos tersebut? Simak beberapa golongan buah di bawah ini untuk mengerti buah untuk diet lebih lanjut:

  • Buah tinggi kalori

Buah-buahan yang kaya akan karbohidrat, seperti pisang, pear, plum, kiwi, nanas, mangga, cherry, dan anggur sangat cocok dimakan untuk sarapan. Buah untuk diet dengan kalori yang tinggi cocok dimakan pada pagi hari karena akan memberikan energi yang Anda butuhkan untuk memulai hari Anda sehingga menjaga Anda tetap semangat dan bertenaga di pagi hari. Alpukat termasuk buah yang mengandung banyak kalori, dengan kandungan lemak yang paling tinggi. Berita baiknya, kandungan lemak yang ada pada buah alpukat merupakan lemak yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol darah sehingga sangatlah aman mengkonsumsi buah ini. Hanya ingat saja, jangan memakan alpukat dalam bentuk jus dengan susu atau es campur karena kandungan gula tambahannya yang cukup banyak.

  • Buah rendah karbohidrat

Macam buah untuk diet yang termasuk dalam kategori ini adalah melon, pepaya, apel dan jambu batu. Buah yang kandungan karbohidratnya rendah mengandung air yang banyak, sehingga dapat membantu meregulasi suhu tubuh dan membantu tubuh mengeliminasi kolesterol jahat. Buah untuk diet ini juga dapat membantu fungsi kerja jantung dan sistem saraf. Buah-buahan di atas tidak memberi sumbangan kalori yang besar pada tubuh, malahan dapat membantu proses penurunan berat badan.

  • Buah yang asam dan buah beri

Buah yang asam mengandung kalori yang rendah. Yang termasuk dalam buah asam atau citrus fruit adalah lemon, jeruk nipis, jeruk dan grapefruit. Buah kelompok beri pun mengandung kalori yang sedikit dan serat yang banyak dibutuhkan tubuh. Buah-buahan tipe beri termasuk rasberi, blackberry, cranberry, strawberry, dan blueberry. Manfaat dari buah asam adan buah beri adalah memperlancar pencernaan dan membantu proses detoksifikasi. Makanan yang sulit dicerna oleh tubuh dapat dibantu dibersihkan dengan mengkonsumsi buah ini. Buah blackberry juga mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker dan penuaan dini. Selain itu, buah-buahan ini juga dapat membantu fungsi jantung dan peredaran darah.

Pilihlah buah yang akan Anda konsumsi untuk diet yang sesuai supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Masih ada 2 lagi macam buah yang cocok untuk diet yang dapat Anda baca di halaman 2, dan juga tips dalam mengonsumsi buah untuk diet yang perlu Anda ketahui.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *