invisible hit counter

Khasiat Jeruk Nipis untuk Wajah Cantik Berseri

Khasiat Jeruk Nipis untuk Wajah Cantik BerseriAnda yang sering berkutat di dapur tentunya sudah mengenal jeruk nipis sebagai salah satu bahan masakan untuk menghilangkan aroma amis pada daging atau ikan, namun apakah Anda sudah mengetahui khasiat jeruk nipis untuk wajah? Ya, jeruk nipis, buah dari pohon Citrus aurantifolia, meskipun berukuran kecil namun memiliki kandungan vitamin dan nutrien yang luar biasa. Manfaat jeruk nipis pun tidak terbatas untuk urusan kuliner saja. Kandungan nutrisi pada jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan wajah dan kulit Anda, baik ketika Anda mengoleskannya pada kulit atau mengkonsumsinya dalam bentuk air perasan.

3 Khasiat Jeruk Nipis untuk Wajah yang Tidak Ingin Anda Lewatkan

Jeruk nipis bisa menjadi minuman favorit Anda. Bagi Anda yang tengah menjalankan program diet dengan metode Food Combining, meminum segelas air perasan jeruk nipis di pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan apapun adalah sebuah kewajiban. Namun ternyata penggunaan jeruk nipis tidak terbatas pada hal itu saja. Berikut ini adalah khasiat jeruk nipis untuk wajah Anda, dan di bagian lain artikel ini juga akan dibahas mengenai cara penggunaan jeruk nipis agar membawa khasiat yang maksimal bagi kesehatan kulit wajah.

  • Jeruk nipis dapat membantu membersihkan kulit wajah dari bakteri

Anda pasti telah akrab dengan apa yang disebut jerawat. Jerawat terjadi ketika kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit Anda. Bakteri yang terperangkap dalam pori-pori wajah menyebabkan peradangan yang nantinya memicu bengkak, merah, dan nyeri pada permukaan kulit wajah Anda. Di sinilah Anda dapat membuktikan khasiat jeruk nipis untuk wajah yang berjerawat. Membersihkan wajah secara teratur dengan menggunakan jeruk nipis dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Dalam jeruk nipis terkandung zat antibiotik alami, demikian hasil penelitian seperti yang dipublikasikan di jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine pada bulan November tahun 2006 silam. Ketika sejumlah bakteri seperti E. Coli dan Staphylococcus aureus diberi paparan ekstrak jeruk nipis, para ahli menemukan bahwa ternyata pertumbuhan bakteri-bakteri tersebut menjadi terhambat.

  • Jeruk nipis berkhasiat mengecilkan pori-pori wajah

Memiliki pori-pori wajah yang rapat dan kulit wajah yang kencang adalah idaman setiap wanita. Suatu zat yang disebut astringent bekerja dengan mengkontraksikan jaringan hidup. Cara kerja astringent ini membuatnya banyak ditambahkan dalam sejumlah produk kecantikan untuk meningkatkan keindahan kulit wajah. Astringent berguna untuk mengecilkan pori-pori wajah dan mengurangi produksi minyak sehingga wajah tampak lebih bersih, segar, dan berseri-seri.

Jeruk nipis memiliki kandungan astringent atau penyegar alami. Khasiat jeruk nipis untuk wajah yang satu inilah, yang membuat jeruk nipis mampu bersaing dengan sejumlah produk kecantikan ternama, untuk membuat pori-pori wajah Anda lebih rapat dan kulit wajah Anda terlihat kencang.

  • Jeruk nipis membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah

Inilah khasiat jeruk nipis untuk wajah yang ketiga. Jeruk nipis memiliki pH asam. Asam membantu mengelupas sel-sel kulit yang sudah mati. Banyak salon kecantikan yang menawarkan metode perawatan kulit yang bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Sekarang untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat, Anda tidak perlu lagi pergi ke salon. Kandungan asam pada jeruk nipis membantu menyingkirkan sel kulit mati dari wajah Anda. Begitu wajah Anda sudah terbebas dari sel-sel kulit mati, wajah Anda akan tampak lebih bersih dan bersinar.

Membersihkan sel-sel kulit mati juga penting untuk mencegah supaya tidak ada sel-sel kulit mati yang tertimbun di pori-pori. Seperti yang telah disebutkan, selain produksi minyak yang berlebih, endapan sel-sel kulit mati di pori-pori dapat memicu jerawat, yang tentunya mengurangi kecantikan kulit wajah Anda.

  • Jeruk nipis membantu mencerahkan kulit dari dalam

Setiap hari tubuh kita rentan terpapar radikal bebas, baik dari sisa metabolisme yang belum terbuang, stres, makanan yang tidak sehat, maupun polusi udara. Radikal bebas akan membentuk serangkaian reaksi dalam tubuh yang menyebabkan molekul lainnya teroksidasi. Proses ini mengarah pada degradasi sel, yang berujung pada penuaan dan kerusakan jaringan. Itulah sebabnya apabila Anda terpapar radikal bebas dengan intensitas yang tinggi, Anda dapat mengalami penuaan dini. Wajah Anda pun menjadi tidak segar dan kusam.

Beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A dan C, berfungsi sebagai antioksidan (menghambat proses oksidasi yang dilakukan oleh radikal bebas). Antioksidan akan memutus rantai reaksi radikal bebas, membuatnya dikeluarkan dari tubuh, dan mencegah dampak akibat radikal bebas tersebut.

Kurang lebih 100 gram jeruk nipis mengandung 29.1 mg vitamin C dan 50 IU vitamin A. Menambahkan jeruk nipis pada asupan makanan Anda dapat mengurangi sirkulasi radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya akan mencegah kerusakan jaringan dan memperlambat proses penuaan. Secara tidak langsung, inilah khasiat jeruk nipis untuk wajah. Wajah Anda dapat menjadi lebih berseri dan tampak lebih muda.

Cara Penggunaan Jeruk Nipis untuk Mendapatkan Kulit yang Lebih Bersih dan Bersinar

Kini Anda telah mengetahui khasiat jeruk nipis untuk wajah, sehingga Anda bisa mendapatkan wajah yang cerah dengan cepat dan dengan biaya yang relatif murah. Sayangnya, beberapa orang mengalami reaksi alergi yang parah apabila kulit mereka terpapar sinar matahari dan air jeruk nipis. Kondisi ini dinamakan phytophotodermatitis, dan tindakan yang tepat harus dilakukan untuk mencegah efek yang merusak ketika Anda merawat wajah dengan jeruk nipis.

Kuncinya adalah mengetahui pada kondisi yang bagaimana Anda dapat mengoleskan ekstrak jeruk nipis di wajah, juga mengetahui seberapa lama ekstrak jeruk nipis didiamkan sebelum Anda membilasnya. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, jeruk nipis dapat Anda gunakan sebagai pencerah kulit wajah yang efektif. Berikut adalah cara menggunakan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah.

  • Semprot langsung di wajah

Masukkan air perasan jeruk nipis di botol sprayer kosong. Tambahkan sejumlah air matang dengan proporsi yang seimbang. Campuran ini sudah dapat Anda gunakan dengan cara menyemprotkannya secara langsung pada kulit. Namun ingat, ketika menyemprotkannya secara langsung, hindari area kulit yang luka.

  • Aplikasikan dalam bentuk masker wajah

Buat masker wajah dengan campuran jeruk nipis, madu, getah lidah buaya, dan air. Gunakan untuk membasuh wajah di pagi hari, lalu bilas dengan air biasa. Untuk mencerahkan kulit wajah, campurkan 1 sendok makan sari jeruk nipis, 1 sendok makan sari tomat, dan 1 sendok makan sari timun. Bubuhkan di wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Basuh dengan air hangat.

Jika Anda memiliki kulit kering, dalam membuat masker pencerah kulit wajah bahan yang digunakan sedikit berbeda. Campurkan 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan madu, 1 sendok teh air perasan jeruk nipis, dan 2 tetes minyak esensial (opsional). Bubuhkan di wajah dan biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Demikian juga jika Anda ingin membuat masker yang bertujuan mengangkat sel kulit mati, bahannya pun berbeda. Campur 2 sendok makan gula Jawa, 1 putih telur, dan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis. Bubuhkan di wajah lalu pijat wajah dengan gerakan memutar. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Yang perlu diingat adalah, jeruk nipis dapat membuat kulit kering. Oleh karena itu, tidak disarankan terlalu sering menggunakan jeruk nipis secara langsung untuk wajah. Batasi pemakaian menjadi 3-4 kali dalam seminggu. Namun jangan khawatir, Anda masih dapat meminum air perasan jeruk nipis bukan? Sehingga, khasiat jeruk nipis untuk wajah tetap dapat Anda rasakan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *