invisible hit counter

Ketahui Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing Sedari Dini

Ketahui Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing Sedari DiniPada artikel kesehatan kali ini, kami akan menyajikan mengenai ciri-ciri infeksi saluran kencing yang sering terjadi. Penyakit infeksi atau masuknya bakteri ke dalam saluran kencing sering disebut sebagai penyakit infeksi saluran kencing. Penyakit ini sering menyerang seluruh masyarakat dari berbagai kalangan, terutama perempuan dan ibu hamil. Penyakit infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang dapat diobati dan disembuhkan. Maka, kenali ciri-ciri infeksi saluran kencing dan segera obati penyakit ini sebelum berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.

Inilah Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing Yang Sering Terjadi

Infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang disebabkan masuknya dan berkembangnya bakteri yang merugikan di dalam saluran kencing. Bakteri yang berada di saluran kencing akan menimbulkan peradangan, mengeluarkan toksin atau racun yang mengiritasi saluran kencing dan nantinya memberikan ciri-ciri infeksi saluran kencing yang khas. Ditinjau dari definisi, infeksi saluran kencing berarti infeksi yang dapat terjadi di sepanjang jalur saluran kencing yang dimulai dari ginjal hingga ke saluran kencing bagian bawah (urethra). Berikut adalah beberapa ciri-ciri infeksi saluran kencing yang sering terjadi:

  • Nyeri Saat Kencing

Ciri-ciri infeksi saluran kencing yang paling utama adalah perasaan nyeri saat kencing atau berkemih. Perasaan nyeri ini biasa di deskripsikan sebagai perasaan terbakar atau terasa panas di saat Anda sedang atau hendak berkemih. Sensasi terbakar ini akan hilang ketika penderita telah selesai berkemih. Ciri-ciri infeksi saluran kencing ini terutama didapatkan pada infeksi yang melibatkan kandung kemih dan saluran kencing bagian bawah.

  • Perasaan Ingin Sering Kencing

Gejala infeksi saluran kencing lainnya adalah keinginan untuk kencing terus menerus. Penderita merasa ingin berkemih meski beberapa menit atau setengah jam sebelumnya ia baru saja kencing. Meski begitu, air kencing yang keluar hanya sedikit dan sering diikuti dengan perasaan kurang puas atau perasaan belum keluar seluruhnya ketika selesai berkemih. Seringkali penderita merasa keinginan berkemih yang tidak dapat ditahan, seperti pada keadaan normal. Ciri-ciri infeksi saluran kencing ini sering terjadi pada infeksi yang melibatkan kandung kemih dan saluran kencing bagian bawah.

  • Sering Kencing Pada Malam Hari

Ciri-ciri infeksi saluran kencing lainnya ialah penderita akan sering terbangun pada malam hari hanya untuk berkemih. Ini merupakan bagian dari gejala perasaan ingin kencing yang sering dan tidak dapat ditahan, hanya saja bertahan hingga malam hari sehingga penderita akan sering bangun pada malam karena perasaan ingin berkemih yang sangat kuat .

  • Nyeri atau Perasaan Tidak Enak Pada Perut Bawah

Infeksi pada kandung kemih dapat memberikan ciri-ciri infeksi saluran kencing berupa nyeri pada daerah kandung kemih atau pada perut bagian bawah. Rasanya dapat dideskripsikan sebagai rasa nyeri atau tidak nyaman atau perasaan aneh di perut bagian bawah. Namun, gejala yang sangat nyeri pada daerah kandung kemih pun dapat mengindikasikan adanya batu kandung kemih yang juga harus diwaspadai.

  • Kencing Berwarna Merah

Salah satu ciri-ciri infeksi saluran kencing yang membuat penderita segera datang ke dokter adalah saat air kencingnya berwarna kemerahan bahkan menyerupai warna darah. Infeksi yang terjadi pada saluran kencing dan kandung kemih bahkan ginjal dapat menimbulkan gejala ini. Namun tidak semua kencing merah berkaitan dengan infeksi saluran kencing, bisa saja gejala tersebut mengindikasikan adanya penyakit ginjal lain seperti batu, glomerulonephritis dan bahkan merupakan efek samping obat TBC yang tidak berbahaya.

Artikel mengenai ciri-ciri infeksi saluran kencing ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *