invisible hit counter

Ketahui Beberapa Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Ketahui Beberapa Manfaat Madu Untuk Ibu HamilIbu hamil sebaiknya mengetahui manfaat madu untuk ibu hamil. Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi hidup perempuan. Selain secara mental, kehamilan juga membawa perubahan fisik bagi perempuan. Salah satunya jadi rentan terhadap penyakit karena tubuh menyesuaikan diri dengan kehadiran janin di dalam rahim ibu.

Saat hamil, seorang perempuan harus memperhatikan asupan makanan yang ia konsumsi. Ibu hamil harus memilih makanan penuh nutrisi yang dapat menguntungkan bagi dirinya dan juga janinnya. Setiap ibu hamil harus mengetahui makanan mana yang bermanfaat dan mana yang kurang menyehatkan. Madu merupakan jenis makanan yang mempunyai nutrisi yang baik dan bermanfaat bagi ibu hamil.

Beberapa Macam Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Madu merupakan makanan yang terkenal oleh karena memberikan banyak manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Tidak hanya di Indonesia, madu pun terkenal secara internasional sebagai obat herbal yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Berikut akan dibahas beberapa manfaat madu untuk ibu hamil:

  1. Madu mempunyai efek antibiotik alami

Manfaat madu untuk ibu hamil yang satu ini sangat berguna untuk kondisi kesehatan kehamilan. Tubuh seorang ibu hamil mengalami beberapa perubahan, salah satunya ialah menjadi rentan terkena penyakit infeksi. Karena harus menyesuaikan diri dengan janin yang hadir di dalam janin, sistem pertahan tubuh ‘melonggarkan’ aturannya untuk menyerang kuman penyakit. Ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi obat sembarangan tanpa konsultasi dengan dokter karena dikhawatirkan dapat membahayakan nyawa janin.

Madu ternyata dapat membantu tubuh membunuh bakteri. Efek ini dapat dimanfaatkan agar seorang ibu hamil tidak rentan terkena infeksi. Apabila sudah terkena infeksi pun ibu hamil dapat cepat pulih dari kondisi sakitnya. Madu sendiri merupakan bahan alami yang menurut penelitian merupakan makanan yang aman bagi ibu hamil.

  1. Mengobati nyeri ulu hati karena sakit maag

Madu ternyata dapat mengurangi rasa terbakar atau tidak nyaman pada ulu hati yang disebabkan penyakit maag. Ibu hamil rentan sering mengalami perasaan tidak nyaman pada ulu hati. Ini merupakan hal yang normal karena keadaan hormon yang berubah pada saat hamil. Asam lambung inilah yang menyebabkan perasaan tidak nyaman dan terbakar pada daerah ulu hati.

Salah satu manfaat madu untuk ibu hamil ialah dapat meredakan nyeri ulu hati. Caranya Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan madu asli ke dalam segelas susu. Setelah diaduk sampai rata, minumlah susu itu. Madu tidak akan menambah rasa mual pada ibu hamil karena ia hanya memberikan rasa pemanis bagi susu tersebut. Minumlah minuman ini setiap kali Anda merasa nyeri pada ulu hati.

  1. Mengurangi mual dan muntah atau morning sickness pada ibu hamil

Perasaan mual yang biasanya mengikuti kondisi kehamilan seorang perempuan sungguh mengganggu dan dapat menghambat aktivitas ibu hamil. Rasa mual ini juga berbahaya karena dapat menurunkan nafsu makan ibu hamil. Padahal makan dalam jumlah yang cukup merupakan syarat penting untuk menjaga kondisi kehamilan. Muntah-muntah juga merupakan hal yang tidak baik apalagi bila muntah dalam jumlah dan frekuensi yang banyak. Bila tidak ditangani, muntah dapat menimbulkan keadaan dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh pada ibu hamil. Bahkan bila parah, keadaan tersebut dapat menempatkan ibu hamil di rumah sakit.

Menghilangkan sensasi mual dan muntah merupakan manfaat madu untuk ibu hamil muda. Dengan konsumsi madu, sensasi mual yang ditimbulkan hormon kehamilan akan ditekan serta tidak membuat ibu muntah-muntah. Ibu hamil boleh mengkonsumsi madu yang dicampurkan di air putih atau bila mau boleh juga dicampurkan dengan segelas susu.

Artikel mengenai manfaat madu untuk ibu hamil ini bersambung ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *