invisible hit counter

Ketahui Banyak Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Ketahui Banyak Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu HamilInformasi mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil merupakan topik yang kontroversial. Susu kedelai beserta produk kacang kedelai lainnya merupakan makanan yang katanya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Susu kedelai dikatakan dapat menurunkan kadar kolesterol darah, memberikan protein yang penting bagi tubuh serta mineral yang baik tubuh. Namun apakah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Benarkah susu kedelai bermanfaat untuk ibu hamil?

Selain digunakan sebagai sumber protein dan penurun kadar kolesterol, susu kedelai juga sering menjadi alternatif susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi serta bagi pada vegetarian. Tidak hanya disitu, susu kedelai juga mengandung sejumlah serat yang dapat membantu sistem pencernaan tubuh. Namun mungkin Anda pernah mendengar bahwa susu kedelai mengandung hormon yang tidak baik bagi tubuh dan banyak pula pendapat yang menyatakan bahwa susu kedelai adalah pantangan bagi ibu hamil. Ikuti ulasan mengenai susu kedelai di bawah ini untuk mengerti lebih lanjut mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Inilah Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Anda Ketahui

Setiap ibu hamil pastilah ingin memberikan nutrisi yang terbaik bagi anaknya dan dirinya sendiri. Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, seorang ibu hamil haruslah mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehingga ia dan janinnya akan mendapatkan berbagai jenis nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan dan pertahanan fungsi tubuh yang baik. Berikut adalah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil:

  • Sumber Asam Folat

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa asam folat merupakan nutrisi yang penting bagi ibu hamil. Susu kedelai mengandung banyak asam folat sehingga membantu ibu hamil agar tidak jatuh ke dalam keadaan anemia atau kurang darah. Asam folat juga memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan otak dan saraf janin, serta membantu penyempurnaan organ tulang belakang. Trimester I merupakan saat paling tepat untuk mengkonsumsi sumber asam folat termasuk susu kedelai karena perkembangan otak dan saraf janin terjadi dengan sangat pesat pada 3 bulan awal kehamilan.

  • Sumber Vitamin

Sama halnya seperti orang sehat, ibu hamil pun membutuhkan asupan vitamin yang cukup demi menjaga kesehatan dan imunitas tubuhnya. Vitamin juga akan berguna bagi tubuh janin di dalam kandungannya. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil lainnya adalah bahwa susu kedelai mengandung banyak Vitamin A, B1 dan Vitamin E. Vitamin A dibutuhkan untuk perkembangan kulit dan mata janin yang optimal. Kombinasi dari ketiga macam vitamin ini juga dibutuhkan untuk mempertahankan kondisi kesehatan dan imunitas tubuh ibu.

  • Sumber Protein

Sejak di bangku SD, pelajaran ilmu pengetahuan alam sering menyebutkan bahwa protein adalah satu jenis nutrisi yang berguna untuk membangun tubuh. Protein juga berguna untuk perbaikan sel – sel yang rusak, pembaharuan sel yang sudah lama dan juga membantu metabolisme dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Protein nabati yang banyak terkandung di susu kedelai adalah salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang tidak bisa diabaikan. Susu kedelai terutama berperan bagi para ibu hamil yang alergi susu sapi atau ibu hamil vegetarian. Beberapa protein esensial yang terkandung di dalam susu kedelai adalah lysine, glycine, isoleucine, arginine dan threonine.

  • Sumber Serat

Kondisi kehamilan pada perempuan rentan membuatnya terkena kondisi konstipasi atau sulit BAB. Kondisi konstipasi yang berlangsung lama atau kronis dapat membuat ibu jatuh ke dalam penyakit hemorrhoid atau ambeien. Susu kedelai mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu ibu melancarkan proses pencernaannya sehingga menjauhkan ibu dari kondisi konstipasi. Serat larut yang ada pada susu kedelai pun baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang satu ini dapat menjauhkan ibu dari komplikasi kehamilan yang berkaitan dengan penyempitan pembuluh darah.

  • Sumber Karbohidrat

Banyak ibu hamil yang akan merasa lelah, letih, lesu dan bagai tidak mempunyai tenaga. Untuk mengatasinya, banyak ibu hamil yang ngemil atau makan makanan selingan di antara jam makan beratnya. Biasanya dan celakanya, makanan selingan yang dipilih merupakan makanan yang kurang sehat seperti fastfood atau junkfood. Susu kedelai dapat hadir sebagai snack yang mengandung karbohidrat yang akan membantu ibu hamil mendapatkan energinya. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil terdapat pada karbohidrat kompleks yang memberikan ibu energi tambahan untuk berkativitas sehari-hari.

Kontroversi Kandungan Fitoestrogen yang Terdapat pada Susu Kedelai

Banyak ibu hamil yang masih bingung mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Bahkan tidak banyak di antara mereka yang menolak mengkonsumsi minuman penuh gizi ini dikarenakan mitos yang mengatakan bahwa susu kedelai adalah pantangan dalam kehamilan. Fitoestrogen (phytoestrogen) merupakan alasan utama mengapa susu kedelai dinyatakan buruk bagi ibu hamil. Fitoestrogen merupakan suatu hormon yang susunan kimia dan fungsinya mirip dengan hormon estrogen yang terdapat pada perempuan. Konon, terlalu banyak asupan fitoestrogen terutama dari produk kedelai akan membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Banyak penelitian yang mencoba membuktikan mengenai hipotesis di atas. Hasil dari penelitian – penelitian yang dilakukan memperlihatkan bahwa tidak ada efek buruk bagi ibu dan bayi yang telah dilahirkan dari ibu yang rajin mengkonsumsi susu kedelai pada masa kehamilannya. Seorang ahli gizi pun mengatakan bahwa pernyataan tersebut hanyalah sebuah mitos. Semua ibu hamil seharusnya dapat menikmati rasa dan manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Hal yang harus dikhawatirkan dari konsumsi susu kedelai dan produk kedelai pada ibu hamil adalah kacang kedelai apa yang dipakai dan cara pengolahannya. Ibu hamil disarankan memilih produk kedelai organik. Sama halnya dengan sayuran dan buah, kacang kedelai yang tidak organik biasanya akan terpapar dengan pestisida. Jadi, yang berbahaya dari konsumsi susu kedelai bagi ibu hamil adalah bukan berasal dari kandungan kacang kedelai itu sendiri, namun pestisida yang mungkin saja terpapar pada kacang kedelai tersebut.

Setelah membaca dan mempelajari mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, tentunya Anda tertarik untuk memasukkan susu kedelai ke dalam menu makanan ibu hamil. Entah istri Anda, Anda sendiri atau juga saudara dan sahabat yang tengah hamil. Jadikan susu kedelai sebagai makanan harian dan konsumsilah dalam bentuk kesukaan Anda, misalnya dicampur dengan coklat atau gula agar lebih manis. Coba juga konsumsi susu kedelai yang diolah dari kacang kedelai organik agar lebih menjamin kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Selain susu kedelai, cobalah konsumsi juga makanan –makanan lain yang sangat berguna dan bermanfaat bagi ibu hamil lainnya. Selamat menikmati masa kehamilan Anda dengan makanan yang bermanfaat, enak dan menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *