invisible hit counter

Ketahui Apa Saja Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Ketahui Apa Saja Makanan Penambah Berat Badan BayiSetiap orangtua tentu tidak ingin bayinya bertubuh kurus atau di bawah berat badan ideal. Memberikan makanan penambah berat badan bayi bisa menjadi solusi terhadap hal ini. Bayi dengan berat badan di bawah ideal mungkin dikarenakan asupan gizinya kurang terpenuhi atau tidak seimbang. Bisa juga disebabkan adanya gangguan kesehatan tertentu ataupun bisa saja itu merupakan penurunan berat badan yang normal. Yang dimaksud normal disini adalah saat bayi mulai aktif bergerak maka akan terjadi penurunan berat badan secara otomatis.

Kadang orangtua khawatir melihat buah hatinya bertubuh kurus, padahal sudah memberikan makanan yang terbaik, yang bergizi tinggi dan seimbang. Namun apakah benar anak Anda bertubuh kurus? Penilaian ini tidak bisa dengan hanya dilihat berdasar dari penglihatan saja. Di halaman 2 ada sedikit panduan cara menghitung berat badan ideal pada bayi. Tidak jarang orangtua mengira bayinya kurang gizi dan kurus, padahal semuanya baik-baik saja.

Daftar Makanan Penambah Berat Badan Bayi yang Dapat Anda Berikan untuk Buah Hati

Sebagai orangtua, Anda pasti merasakan bahwa kesehatan anak adalah prioritas utama. Berat badan adalah salah satu indikator kesehatan dan perkembangan bayi dan balita, selain indikator pada perkembangan sensorik dan motoriknya, seperti kapan bisa mulai menggerakkan kepala, mulai dapat mengenali orangtuanya, mulai bisa bersuara, dan lain sebagainya.

Untuk bisa menaikkan berat badan bayi, Anda harus memberikan makanan yang bergizi secara teratur. Cobalah memperkenalkan makanan baru bagi anak Anda setiap minggunya. Namun perlu diingat bahwa pemberian makanan yang cukup padat seperti bubur bayi baru boleh dilakukan ketika anak menginjak usia 6 bulan ke atas. Pemberian makanan padat pada umur dini dapat menyebabkan suatu penyakit yang berbahaya. Berikut adalah daftar mengenai makanan penambah berat badan bayi yang dapat Anda coba berikan bagi si buah hati.

  • ASI

ASI merupakan makanan utama bayi di bawah umur 6 bulan. Indonesia sendiri menggalakkan program ASI ekslusif, yaitu program yang menyarankan pemberian makanan hanya ASI bagi bayi di bawah umur 6 bulan. ASI sudah mengandung cukup gizi dan nutrisi yang diperlukan bayi di bawah umur 6 bulan. Berikan ASI hingga bayi kenyang. Salah satu tanda bayi kenyang dengan pemberian ASI ialah bayi tertidur sendiri ketika menyusui.

  • Susu Formula

Susu formula dapat menjadi makanan tambahan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Setelah anak menginjak umur 6 bulan, sebaiknya jangan hanya bergantung pada pemberian ASI saja, namun coba tambahkan makanan lain seperti susu formula. Untuk mereka yang sulit memberikan ASI pada anak di bawah umur 6 bulan juga dapat memberikan susu formula tambahan sebagai alternatif.

  • Pisang

Buah pisang dapat mulai Anda berikan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Makanan penambah berat badan bayi ini kaya akan serat, kalium, Vitamin C, Vitamin B6 dan mengandung kalori yang padat. Pada bayi usia 6-8 bulan, berikan pisang dalam bentuk bubur pisang. Setelah menginjak usia di atas 8 bulan, pisang dapat diberikan dalam bentuk buah.

  • Daging

Berikan daging ayam setelah bayi Anda menginjak usia 8 bulan. Daging ayam dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi karena mengandung banyak niasin, magnesium, Vitamin B6, Vitamin B12 dan yang paling penting mengandung protein dan kolesterol sehat. Untuk usia lebih kecil, ayam dapat diberikan dalam bentuk kuah kaldu.

Artikel tentang makanan penambah berat badan bayi ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *