invisible hit counter

Kenali Ciri-Ciri Maag Kronis sebelum Bertambah Parah

Kenali Ciri-Ciri Maag Kronis sebelum Bertambah ParahSakit maag yang tidak mendapatkan penanganan yang baik lama kelamaan akan berkembang menjadi kronis, bagaimana mengenali ciri-ciri maag kronis ini? Artikel berikut ini akan menyajikannya secara tuntas. Anda mungkin pernah mendengar tentang istilah maag akut dan maag kronis, lalu apa perbedaannya? Maag akut diartikan sebagai sakit maag yang timbul secara mendadak dan terjadi sementara waktu atau dalam waktu yang relatif singkat. Walaupun berlangsung singkat, orang yang menderita maag akut biasanya mengalami rasa sakit atau nyeri yang cukup hebat. Sedangkan maag kronis diartikan sebagai sakit maag yang diderita dalam waktu yang sangat lama (bertahun-tahun), dan biasanya penderitanya sering mengalami kekambuhan.

Maag akut dan maag kronis memiliki gejala dan faktor penyebab yang hampir sama. Hanya saja pada maag kronis gejala yang dialami cenderung melekat pada penderitanya dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan penyebab maag kronis biasanya disebabkan oleh faktor yang kompleks (tidak hanya satu penyebab saja) dan terjadi penumpukan sumber paparan yang berlangsung lama. Terjadinya maag kronis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain akibat infeksi bakteri (helicobacter pylori), produksi asam lambung yang berlebih, penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat memicu peradangan di lambung, degenerasi (penurunan fungsi) organ pencernaan, adanya paparan zat racun, efek penyakit kronis lain, dan dapat juga disebabkan oleh faktor stres.

Berbagai Ciri-Ciri Maag Kronis yang Perlu untuk Diwaspadai

Orang yang mengalami maag kronis biasanya akan mengalami kekambuhan yang berulang. Kekambuhan inilah yang dapat membuat penderitanya menjadi tersiksa dan tentunya dapat berakibat pada menurunnya produktifitas kerja. Oleh karena itu jangan pernah menganggap enteng penyakit ini. Sebaiknya segeralah ambil tindakan untuk mencari pengobatan jika mengalami gejala atau ciri-ciri yang mengarah pada terjadinya maag kronis. Berbagai ciri-ciri maag kronis antara lain sebagai berikut:

  1. Rasa nyeri

Rasa nyeri merupakan ciri-ciri maag kronis yang pada umumnya terdapat di area lambung bagian atas atau di sekitar ulu hati. Rasa nyeri dapat bervariasi, dari yang ringan sampai terjadi nyeri hebat. Pada maag kronis, nyeri biasanya hilang timbul. Nyeri bisa datang menyerang kapan saja pada saat terjadi kekambuhan. Pada saat terjadinya serangan maag, timbulnya nyeri dapat menjalar ke bahu, lengan, dan dapat timbul rasa sesak di dada. Kekambuhan biasanya dapat dipicu oleh faktor makanan, daya tahan tubuh yang sedang menurun, atau adanya stressor tertentu.

  1. Mual muntah

Mual atau muntah merupakan ciri-ciri maag kronis karena adanya respon alamiah dari dalam perut akibat adanya peradangan di lambung maupun karena peningkatan asam lambung. Mual merupakan suatu perasaan tidak nyaman di perut dengan sensasi rasa ingin mengeluarkan isi perut. Sedangkan muntah adalah kelanjutan dari rasa mual di mana ditandai dengan mengeluarkan olahan makanan dari dalam lambung melalui mulut. Mual atau muntah ini biasanya dibarengi dengan keluar keringat dingin, terjadinya kontraksi pada otot perut, dan peningkatan produksi air liur.

  1. Rasa begah di perut atau kembung

Ciri-ciri maag kronis yang berikutnya yaitu rasa begah di perut yang yang sering disebut kembung. Penderita maag kronis biasanya sering merasakan perutnya seperti penuh dan terasa kencang walaupun tidak sedang makan dalam jumlah banyak. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan asam lambung sehingga menimbulkan gas yang mengisi ruangan lambung. Akibat perut kembung ini tentunya akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, gairah atau semangat menurun, dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

  1. Nafsu makan menurun

Nafsu makan yang menurun merupakan ciri atau gejala maag kronis yang diakibatkanoleh rasa tidak nyaman di perut berupa rasa penuh atau timbulnya mual muntah. Ditambah lagi dengan sensasi rasa seperti adanya gas yang tidak sedap yang dikeluarkan dari dalam lambung melalui sendawa yang biasanya semakin membuat penderitanya tidak nafsu makan. Kondisi ini jika berlangsung terus-menerus, penderita maag kronis dapat mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

  1. Badan mudah lelah

Terjadinya gangguan pada lambung tentunya dapat mengganggu metabolisme tubuh secara keseluruhan, terutama dalam hal penyerapan nutrisi ke seluruh jaringan dan sel-sel tubuh. Terganggunya pasokan nutrisi ke sel-sel tubuh ini dapat berdampak pada menurunnya vitalitas tubuh, dimana timbul ciri-ciri maag kronis berupa perasaan mudah lelah, lesu, dan kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

  1. Sering pusing

Gangguan metabolisme tubuh akibat maag kronis tidak hanya menyebabkan mudah lelah, tetapi juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami sering pusing. Pusing ini biasanya juga menyertai kekambuhan pada maag kronis, di samping terjadinya nyeri di ulu hati, rasa penuh atau sesak di dada, yang dibarengi dengan keringat dingin.

  1. BAB yang tidak normal

BAB (Buang Air Besar) tidak normal merupakan ciri-ciri maag kronis yang terjadi akibat adanya perlukaan pada mukosa/dinding lambung. Infeksi bakteri pada lambung dan pengikisan terus-menerus oleh asam lambung yang berlebih dapat berakibat pada terjadinya luka pada dinding lambung. Jika sudah terjadi perdarahan pada lambung, maka akan mempengaruhi feses yang dikeluarkan sebagai hasil pengolahan di sistem pencernaan, di mana BAB berwarna merah kehitaman. Selain BAB yang tidak normal, pada beberapa kasus juga dapat terjadi muntah darah dengan warna merah tua/kehitaman. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena dapat mengancam nyawa penderitanya, sehingga harus segera di bawa ke sarana kesehatan terdekat.

Jika Anda mengalami ciri-ciri maag kronis seperti yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Untuk mendeteksi maag kronis biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menegakkan diagnosa sekaligus untuk mengetahui penyebab utamanya. Pemeriksaan yang dilakukan dapat berupa tes darah, pemeriksaan sampel tinja, dan pemeriksaan nafas (pasien menghembuskan nafas ke dalam sebuah kantung setelah diberi zat radioaktif). Ketiga pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendeteksi adanya bakteri di dalam lambung. Sedangkan untuk mendeteksi tingkat kerusakan atau keparahan yang terjadi di dalam lambung biasanya dilakukan pemeriksaan gastroscopy. Gastroscopy dilakukan dengan cara memasukkan selang kecil yang dilengkapi kamera khusus ke dalam lambung melalui hidung.

Setelah penyebab dan diagnosa maag kronis telah ditegakkan, maka dokter akan memberikan terapi sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan. Karena bersifat kronis, maka pengobatannya pun biasanya berlangsung cukup lama dan menggunakan berbagai jenis obat-obatan maag yang telah dikombinasi. Agar Anda dapat terhindar dari maag kronis, maka sebaiknya Anda melakukan berbagai langkah pencegahan. Langkah pencegahan tersebut antara lain dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang bersih dan sehat agar terhindar dari kontaminasi bakteri. Karena penyakit maag merupakan penyakit asam lambung, maka jika Anda mempunyai riwayat maag sebaiknya hindari makanan/minuman yang dapat memicu peningkatan asam lambung, antara lain durian, nangka, sawi, kol, tape, kopi, dan minuman bersoda. Selain itu hindari juga makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, dan jauhi kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Penting juga untuk menerapkan pola makan yang teratur, berolahraga secara rutin, dan ciptakan pikiran yang tenang agar terhindar dari stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *