invisible hit counter

Kenali Ciri-Ciri Leukemia untuk Penanganan Lebih Dini

Kenali Ciri-Ciri Leukemia untuk Penanganan Lebih DiniAnda mungkin sering mendengar penyakit leukemia tetapi belum tahu secara pasti bagaimana sebenarnya ciri-ciri leukemia tersebut. Oleh karena itu artikel berikut ini akan membahas tentang ciri-ciri penyakit leukemia agar dapat dideteksi lebih dini sehingga mendapatkan penanganan secepatnya. Sebab pada beberapa kasus, perkembangan leukemia di dalam tubuh seseorang tidak disadari hingga penyakitnya bertambah parah. Padahal jika leukemia sudah terlalu parah atau memasuki stadium akhir maka penanganannya pun akan menjadi sangat sulit. Oleh karena itu jika masyarakat sejak awal dapat mengenali gejala yang ada pada tubuhnya dan mengarah ke leukemia, maka agar memeriksakan ke dokter secepatnya untuk mendapatkan tata laksana atau terapi secara tepat.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu leukemia, maka perlu diketahui terlebih dahulu definisi leukemia. Leukemia adalah pertumbuhan sel darah putih secara liar baik di darah maupun di sunsum tulang belakang. Pertumbuhan sel liar ini akan mengganggu sel darah putih yang normal sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Padahal sel darah putih ini mempunyai peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Leukemia juga sering disebut sebagai kanker darah. Dinamakan kanker karena terdapat pertumbuhan sel-sel baru secara liar yang mematikan fungsi-fungsi sel yang normal sehingga mengakibatkan gangguan secara sistemik. Penyebab leukemia belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat memicunya, antara lain yaitu faktor genetik, paparan sinar X, radiasi nuklir, paparan insektisida dan zat karsinogenik.

Ciri-Ciri Leukemia yang Harus Diwaspadai

Leukemia ada yang berlangsung akut dan juga kronis. Pada lekemia akut, proses perjalanan penyakitnya berlangsung cepat sehingga kondisi penderitanya juga mengalami penurunan yang drastis. Sedangkan leukemia kronis, perjalanan penyakitnya relatif lambat dan penurunan kondisi penderita berlangsung sedikit demi sedikit. Keduanya tentu saja sama-sama berbahaya, tetapi pada leukemia akut memiliki risiko mengakibatkan kematian lebih besar. Yang terpenting adalah, kenali gejala atau ciri-ciri leukimia sejak dini agar mendapatkan penanganan lebih awal. Beberapa ciri-ciri leukemia yang harus Anda waspadai antara lain sebagai berikut:

1. Mudah lelah

Pada berbagai kasus kanker, biasanya penderitanya akan mengalami malaise (lesu, badan terasa tidak nyaman) dan gampang capek, begitu pula pada kasus leukemia ini. Ciri-ciri leukemia ini terjadi karena adanya sel kanker akan mengganggu metabolisme dan fungsi berbagai organ tubuh sehingga badan terasa tidak nyaman/kurang sehat. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan.

2. Perdarahan internal dan eksternal

Ciri-ciri leukemia yang cukup khas biasanya terdapat perdarahan internal dan eksternal. Yang dimaksud dengan perdarahan internal yaitu perdarahan yang terjadi di dalam tubuh, yang biasanya ditandai dengan adanya ruam merah atau adanya lebam pada kulit seperti terkena benturan benda keras. Sedangkan perdarahan eksternal yaitu perdarahan yang ditandai dengan keluarnya darah dari dalam tubuh, seperti melalui hidung (mimisan), melalui muntahan, batuk, BAB, maupun urine.

3. Mudah terserang penyakit

Pada leukemia, target yang diserang adalah sel darah putih yang merupakan pusat kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu jika sel darah putih ini mengalami gangguan maka akan menimbulkan ciri-ciri leukemia yaitu mudah terserang penyakit. Misalnya ketika di sekeliling penderita leukemia terdapat orang yang mengidap penyakit menular baik yang ringan maupun yang berat, maka penderita leukemia dapat mudah tertular. Hal ini tentunya dapat berbahaya karena akan semakin menurunkan kondisi kesehatan penderita. Selain rentan tertular penyakit, penderita leukemia juga mudah terkena alergi. Hal ini terjadi karena alergi berkaitan erat dengan sistem imunitas. Jika sistem imun manusia terganggu akibat kanker maka potensi reaksi alergi pun akan meningkat.

4. Demam dan keringat dingin di malam hari

Demam merupakan respon alami tubuh karena adanya suatu perubahan di dalam tubuh manusia, baik berupa masuknya kuman atau adanya gangguan fungsi organ tubuh. Pada kasus leukemia ini demam terjadi akibat adanya sel kanker dalam sel darah putih yang mengganggu fungsi dan peran sel normal. Demam biasanya ditandai dengan panas tinggi dan berkeringat di malam hari, tetapi keringat tersebut berupa keringat dingin.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan ciri-ciri leukemia yang terjadi akibat terganggunya sel darah putih yang ikut mempengaruhi kinerja kelenjar getah bening untuk mengadakan mekanisme pertahanan berupa pembengkakan. Sebagaimana kita ketahui bahwa kelenjar getah bening atau limfa merupakan alat/sistem transport sel darah putih, sehingga akan terpengaruh secara langsung jika sel darah putih mengalami gangguan. Pembengkakan pada penderita leukemia dapat terjadi di leher (di bawah dagu), ketiak, lipatan paha, atau di sekitar tulang rusuk. Pembengkakan dapat terjadi kecil atau besar menyesuaikan dengan berat ringannya penyakit.

6. Sesak nafas

Ciri-ciri leukemia berikutnya yaitu sesak nafas. Hal ini dapat terjadi karena keganasan sel kanker dapat mempengaruhi metabolisme tubuh termasuk pada sistem sirkulasi berupa menurunnya suplai oksigen ke paru-paru dan ke jaringan tubuh. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan gejala denyut nadi yang melemah dan dapat disertai dengan nyeri dada.

7. Kurang darah/anemia

Kurang darah/anemia juga meruapakan salah satu dari ciri-ciri leukemia yang terjadi karena adanya gangguan dalam pembentukan haemoglobin. Pembentukan haemoglobin oleh sel darah merah juga ikut terganggu akibat rusaknya sel darah putih yang berakibat timbulnya anemia. Anemia pada penderita leukemia ini ditandai dengan pucat, lemah, susah berkonsentrasi, mudah pusing, dan kadang dapat menimbulkan pingsan.

8. Gangguan otot dan persendian

Peningkatan sel abnormal pada darah putih juga akan mempengaruhi sistem syaraf terutama yang berhubungan dengan otot anggota gerak. Hal ini akan menimbulkan gejala leukemia berupa refleks otot yang menurun, kram otot, mudah jatuh, dan pegal-pegal di seluruh persendian.

Setelah mengetahui ciri-ciri leukemia seperti yang telah dijelaskan di atas, maka bila Anda atau ada orang di sekitar Anda mengamali ciri-ciri tersebut sebaiknya segera periksa ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Jika masih stadium awal, maka tentunya mempunyai peluang yang lebih besar dalam hal pemberian terapinya. Dokter akan melakukan serangkaian pemerikasaan laboratorium untuk mendiagnosis leukemia. Pada pemeriksaan laboratorium, gambaran yang paling mudah didapatkan yaitu peningkatan jumlah sel leukosit yang jauh melebihi normal. Sedangkan untuk terapinya, dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker antara lain yaitu melalui kemoterapi atau radioterapi. Kemudian ada juga metode pencangkokan sunsum tulang belakang yang berfungsi untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel darah putih yang telah rusak.

Agar terhindar dari penyakit leukimia, kita dapat melakukan langkah-langkah pencegahan. Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Langkah pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan pmenghindari faktor-faktor pencetusnya, antara lain dengan menghindari paparan zat kimia berbahaya (seperti insektisida, benzena), menghindari kebiasaan merokok dan paparan asap rokok, menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat karsinogenik (MSG, makanan berbahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan). Untuk menghindari paparan radiasi sinar X, para petugas radiologi sebaiknya menggunakan pelindung ketika kontak dengan sinar X. Selain itu, untuk menangkal leukemia dapat dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan pola makan dengan gizi seimbang dan olahraga secara teratur.

Referensi:
http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/leukemia/basics/symptoms/con-20024914 (Bahasa Inggris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *