invisible hit counter

Kenali Beberapa Gejala Darah Rendah yang Mungkin Anda Miliki

Kenali Beberapa Gejala Darah Rendah yang Mungkin Anda MilikiUntuk mengetahui gejala darah rendah, ada baiknya Anda mengetahui apa itu yang dimaksud dengan darah rendah.Tekanan darah yang normal ialah tekanan darah yang nilainya di bawah 120/80. Jadi, tekanan sistol (tekanan darah atas) harus dibawah 120 DAN tekanan diastol (tekanan darah bawah) dibawah 80. Pada batas tertentu, semakin rendah tekanan darah, kondisi kesehatan Anda sebenarnya semakin bagus. Batas seseorang dikatakan mempunyai tekanan darah rendah ialah bila tekanan darahnya dibawah 90/60.

Sebenarnya, keadaan tekanan darah rendah ini bukan suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan bila tidak menimbulkan gejala dan keluhan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh sesuatu yang normal atau tidak normal. Hal yang normal misalnya karena kondisi genetik dan kehamilan. Hal yang tidak normal misalnya dapat disesbabkan oleh gagal jantung, serangan jantung, penyakit liver dan dapat juga merupakan efek samping obat.

Gejala Darah Rendah yang Sering Terjadi

Tekanan darah rendah yang tidak menimbulkan gejala merupakan keadaan yang normal dan tidak perlu dicemaskan. Jadi, bila Anda memeriksakan tekanan darah Anda dan mendapati tekanannya di bawah 90/60 namun tidak memberikan gejala darah rendah yang mengganggu, maka Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Namun, terkadang kondisi ini pun dapat menyebabkan gejala meski tidak muncul setiap saat.

Hipotensi postural merupakan suatu kondisi menurunnya tekanan darah secara mendadak karena dipengaruhi posisi. Hal ini terjadi bila Anda mengubah posisi tubuh Anda dengan cepat dan mendadak. Kondisi ini biasa terjadi ketika Anda bangun dari posisi berbaring menjadi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam waktu singkat.

Perubahan posisi yang cepat tersebut belum diikuti oleh penyesuaian jantung untuk memompa darah dalam tekanan yang lebih tinggi, sehingga dalam sesaat Anda akan merasa pusing, gelap, terasa seperti melayang dan seperti mau jatuh. Kondisi hipotensi postural bukanlah suatu keadaan yang mengancam nyawa. Namun kondisi ini dapat mengganggu aktivitas harian Anda.

Tekanan darah pun dapat menurun saat Anda habis makan, terutama makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Gejala darah rendah yang dapat terjadi ialah pusing berputar, terasa seperti melayang dan mau jatuh. Pada orangtua, keadaan habis makan banyak karbohidrat yang diikuti oleh perubahan posisi mendadak malah dapat menyebabkan pingsa. Namun untungya kondisi ini juga bukan merupakan penyakit yang mengancam nyawa.

Gejala Darah Rendah yang Harus Diwaspadai

Tekanan darah merupakan suatu tanda bahwa seorang manusia memiliki fungsi jantung yang baik. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk menunjang kehidupan tubuh manusia. Maka, tekanan darah dapat menjadi indikator yang berguna untuk melihat secara kasar kondisi kesehatan seseorang. Namun tekanan darah rendah tidak selalu berarti buruk.

Bila Anda mempunyai tekanan darah yang rendah dalam waktu yang lama dan tidak menimbulkan gejala, itu merupakan hal yang normal. Anda perlu berhati-hati bila biasanya Anda mempunyai nilai tekanan darah yang normal atau tinggi namun tiba-tiba turun drastis. Anda juga harus berhati-hati bila mengalami beberapa gejala darah rendah di bawah ini:

  • Sensasi berputar di kepala yang tidak kunjung menghilang
  • Perasaan seperti melayang yang tidak menghilang
  • Pingsan mendadak
  • Rasa haus yang berlebihan

Keadaan kurang cairan dalam tubuh atau dehidrasi sering menyebabkan turunnya tekanan darah. Namun, dehidrasi tidak selalu menandakan adanya tekanan darah rendah. Hal seperti demam, muntah-muntah, diare, penggunaan obat diuretik yang berlebihan dan aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi merupakan hal yang serius dan harus segara ditangani.

  • Menurunnya konsentrasi Anda
  • Pandangan menjadi kabur dan menetap
  • Kulit menjadi pucat, lembab dan dingin
  • Nafas menjadi lebih cepat dan dangkal
  • Perasaan letih yang berlebihan
  • Depresi
  • Salah satu gejala di atas disertai dengan salah satu keadaan berikut: muntah-muntah, diare, demam atau sehabis demam dan nyeri dada.

Bila Anda menemui salah satu dari gejala di atas, sebaiknya Anda segera berobat ke rumah sakit terdekat atau dokter terdekat agar tenaga medis profesional dapat memastikan kondisi tubuh Anda. Keadaan tersebut menjadi berbahaya karena mungkin saja Anda menderita penyakit-penyakit seperti infeksi pada seluruh tubuh, penyakit jantung, serangan jantung, dehidrasi berat, alergi dan yang paling bahaya adalah keadaan syok pada fisik Anda.

Kiat Mengatasi Tekanan Darah Rendah yang Dapat Dilakukan

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keadaan tekanan darah rendah

  • Makanan untuk darah rendah yang dapat Anda konsumsi
    • Minum air yang cukup merupakan langkah utama dan penting yang harus dilakukan bila tekanan darah Anda rendah. Disarankan minum air 8-10 gelas dalam sehari.
    • Anda juga dapat menambahkan kadar garam dalam diet Anda, namun lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter karena makan garam yang berlebihan dapat menimbulkan tekanan darah tinggi yang lebih merepotkan.
    • Makan dalam jumlah sedikit namun lebih sering merupakan gaya hidup terpilih bagi penderita tekanan darah rendah. Makan dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang terjadi sehabis makan.
    • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12 dan asam folat; seperti ikan, susu, yogurt, sayuran hijau, telur dan brokoli
    • Mengkonsumsi produk yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau minuman coklat
    • Mengurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat seperti kue, mie, bihun dan pasta. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti sayuran yang memiliki banyak serat.
  • Jangan mengubah posisi dalam waktu cepat. Bila sedang berbaring dan hendak berdiri, lebih baik Anda duduk dulu selama 10-15 detik sebelum berdiri. Begitu juga bila Anda sedang duduk dan akan berdiri, lebih baik menunggu agar tidak terjadi hipotensi postural.
  • Hindari mandi air panas yang terlalu lama. Air panas mempunyai efek menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan perasaan pusing dan seperti melayang.
  • Olahraga teratur dapat membuat jantung Anda berfungsi dengan lebih baik. Cukup berjalan kaki sehari 30 menit akan memperkuat fungsi jantung Anda.
  • Jangan menkonsumsi minuman beralkohol karena alkohol dapat membuat tubuh dalam keadaan dehidrasi yang rentan membuat tekanan darah Anda menurun.
  • Obat-obatan tertentu dapat memberikan efek samping menurunkan tekanan darah. Jadi berobatlah ke dokter untuk mengganti obat Anda apabila Anda merasakan gejala darah rendah setelah mengkonsumsi obat tersebut. Biasanya dokter akan mengganti jenis obat Anda agar tidak terjadi gejala darah rendah.

Tekanan darah rendah yang tidak menimbulkan gejala tidak perlu diwaspadai. Namun bila berhati-hatilah bila gejala darah rendah yang harus diwaspadai muncul sebagai keluhan Anda. Jangan ragu, konsultasikan kondisi tersebut ke dokter atau rumah sakit terdekat. Anda juga dapat mengatasi tekanan darah rendah, salah satunya ialah mengkonsumsi makanan untuk darah rendah. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan kesehatan yang berguna bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *