invisible hit counter

Kegunaan Daun Sirsak bagi Tubuh, Kulit, dan Rambut

Kegunaan Daun Sirsak bagi Tubuh, Kulit, dan RambutBuah sirsak dapat dimakan mentah-mentah maupun diolah menjadi jus, namun agaknya popularitas daun sirsak tidak sepopuler buahnya sehingga banyak orang belum menyadari kegunaan daun sirsak. Sirsak atau yang kerap disebut sebagai ‘nangka belanda’ atau ‘durian belanda’ memiliki nama latin Annona muricata L. dan berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Nama sirsak diambil dari Bahasa Belanda zuurzak yang artinya ‘kantung yang asam’. Sirsak itu sendiri pertama kali didatangkan ke Indonesia oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda, meskipun tumbuhan ini bukan berasal dari benua Eropa. Tumbuhan sirsak cocok tumbuh di daerah tropis, karena tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat asalkan mendapat pengairan yang cukup.

Kegunaan Daun Sirsak: Rahasia yang Akhirnya Terungkap

Semua orang tahu bahwa buah sirsak baik untuk kesehatan. Kandungan serat, karbohidrat, vitamin C, vitamin B1, serta vitamin B2-nya membuat buah sirsak baik bagi sistem pencernaan, kulit, dan sistem saraf. Buah sirsak juga berperan penting menghasilkan antioksidan yang membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh kita. Namun, bagaimana dengan daunnya? Beberapa tahun terakhir ini, para peneliti akhirnya telah menemukan beberapa kegunaan daun sirsak untuk melawan berbagai penyakit.

  • Membunuh sel kanker

Daun sirsak terbukti efektif membunuh 12 jenis sel kanker sehingga dapat mencegah kanker kolon, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas. Tidak seperti kemoterapi, konsumsi daun sirsak tidak menimbulkan efek samping seperti mual, penurunan berat badan, atau kerontokan rambut. Meskipun demikian, masih harus diteliti lebih lanjut seberapa jauh efektivitas daun sirsak (secara kuantitatif) dibandingkan dengan terapi kanker konvensional dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Untuk mendapatkan kegunaan daun sirsak dalam membasmi sel kanker, rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dalam 3 cangkir air. Rebus hingga airnya surut sampai kira-kira tinggal 1 cangkir saja. Berikan campuran ini pada penderita kanker dua kali sehari selama dua minggu untuk hasil yang signifikan. Buah sirsak sendiri mengandung zat yang dapat menghentikan pertumbuhan sel yang rusak sebelum sel tersebut berkembang menjadi kanker. Sedangkan daun sirsak tidak hanya dapat membunuh sel yang abnormal, namun juga melindungi sel sehat lainnya agar dapat tumbuh dengan baik.

  • Mencegah diabetes

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan dan mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh. Normalnya, kadar gula darah sebelum makan berkisar antara 70-130 mg/dL. Dua jam setelah makan, kadar gula darah normal tidak boleh melebihi 180 mg/dL. Sedangkan selama setidaknya delapan jam puasa, kadar gula darah normalnya kurang dari 100 mg/dL.

  • Mencegah osteoporosis

Osteoporosis rentan dialami oleh seseorang yang kekurangan asupan kalsium dan wanita yang memasuki masa menopause. Pada saat tubuh kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil cadangan kalsium dalam tulang dan mengurangi kepadatannya. Pada wanita, ketika ia memasuki masa menopause tubuhnya tidak lagi memproduksi hormon estrogen. Padahal hormon estrogen dapat mempengaruhi kelekatan tulang. Akibatnya, tulang menjadi lebih rapuh.

Kegunaan daun sirsak yang lain terletak pada kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya, dimana kedua zat ini bermanfaat untuk menambah kepadatan tulang dan karenanya mencegah terjadinya osteporosis. Tentu saja, selain mengkonsumsi daun sirsak, seseorang juga harus menambah asupan sumber kalsium lainnya seperti susu, produk susu, dan sayur-sayuran seperti misalnya brokoli hijau.

  • Meredakan nyeri punggung

Nyeri punggung dapat timbul akibat cedera saat berolahraga atau karena posisi yang salah ketika mengangkat barang. Untuk meredakan nyeri punggung, Anda dapat memanfaatkan khasiat daun sirsak. Petik 20 lembar daun sirsak, lalu rebus dalam 5 cangkir air. Begitu mendidih, tunggu sebentar hingga dingin kemudian segera minum airnya setidaknya sekali dalam sehari untuk meredakan nyeri punggung Anda.

  • Menambah stamina dan daya tahan

Baik dalam buah maupun daun sirsak terkandung karbohidrat yang berupa fruktosa (bentuk gula sederhana). Oleh sebab itu mengkonsumsi buah dan daun sirsak dapat membuat Anda tetap berstamina dan segar sepanjang hari. Apabila Anda mengkonsumsi daun sirsak berikut buahnya, daya tahan Anda juga akan meningkat. Hal ini karena, seperti yang telah dijelaskan buah sirsak mengandung vitamin C. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas penyebab penyakit.

  • Mencegah penumpukan asam urat

Beberapa penelitian juga menunjukkan salah satu kegunaan daun sirsak di antaranya adalah melindungi tubuh dari penumpukan asam urat. Asam urat sebetulnya secara alami diproduksi oleh tubuh. Namun, beberapa faktor dapat menyebabkan penumpukan asam urat seperti kegagalan tubuh dalam mengeluarkannya atau akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi purin.

Untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, rebus daun sirsak dalam 2 cangkir air dengan api kecil hingga airnya menyusut sampai kira-kira 1 cangkir saja. Baru kemudian Anda dapat segera meminumnya. Untuk hasil terbaik, sebaiknya Anda meminum air rebusan daun sirsak tersebut dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

  • Meredakan nyeri pada luka

Daun sirsak mengandung zat analgesik yang dapat mengurangi rasa nyeri. Oleh sebab itu, masyarakat tradisional kerap menumbuk daun sirsak lalu menempelkannya pada luka. Selain meredakan rasa sakit, getah dari daun sirsak yang ditumbuk juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Pada kasus nyeri hebat, rebus 20 lembar daun sirsak dalam 5 cangkir air hingga tersisa kira-kira 3 cangkir air rebusannya. Minum 1 cangkir sekali sehari atau hingga nyeri mereda.

  • Mengobati sariawan

Kegunaan daun sirsak yang berikutnya adalah untuk mengobati sariawan. Caranya pun sangat mudah. Ambil selembar daun sirsak, tumbuk hingga halus, campur sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada sariawan. Daun sirsak dipercaya memiliki khasiat yang dapat secara perlahan memperkecil ukuran sariawan hingga akhirnya menyembuhkannya sama sekali.

  • Mengobati eksim

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan pada kulit bagian luar. Anda mungkin terserang eksim apabila pada kulit muncul gelembung cairan yang berwarna kemerahan, gatal, berair, mengeras, dan berubah warna. Dalam istilah medis, eksim disebut juga dengan dermatitis atopik.

Untuk mengobati eksim, Anda dapat menggunakan daun sirsak yang telah ditumbuk halus. Gosokkan tumbukan daun sirsak tersebut pada area kulit yang terkena eksim dengan perlahan (jangan menggosokkannya terlalu keras untuk mencegah kerusakan kulit lebih lanjut). Zat analgesik alami yang terkandung dalam daun sirsak juga berperan dalam mengurangi rasa sakit akibat eksim.

  • Membuat tidur Anda lebih nyenyak

Kegunaan daun sirsak yang satu ini pasti tidak Anda sangka-sangka. Ya, daun sirsak dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Caranya adalah dengan mengolahnya menjadi aromaterapi. Aromaterapi yang dapat membuat Anda lebih tenang dan tidur Anda lebih berkualitas ternyata tidak hanya bersumber dari lavender, camomile, lemon, melati, cendana, atau lainnya yang sudah Anda ketahui. Jadi, jika Anda sedang mengalami insomnia, aromaterapi herbal dari daun sirsak dapat Anda coba.

  • Melindungi dari kutu rambut

Daun sirsak efektif untuk mengusir parasit. Seseorang bisa jadi memiliki kutu rambut bukan karena ia malas menjaga kebersihan rambut, namun mungkin karena memang kondisi lingkungan yang kurang mendukung. Kutu rambut dapat berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga dapat menimbulkan rasa gatal yang luar biasa (belum lagi perasaan malu apabila seseorang ketahuan memiliki kutu rambut). Ramuan tumbukan daun sirsak dapat Anda coba oleskan ke kulit kepala untuk membasmi kutu yang ada di sana.

Di Indonesia, tanaman sirsak relatif mudah didapat karena tanaman ini dapat tumbuh di mana saja, bahkan tingginya dapat mencapai 9 meter. Tanaman sirsak dapat tumbuh dengan baik hingga di daerah setinggi 1000 m di atas permukaan air laut. Jadi, tunggu apa lagi? Sembari menikmati kelezatan buahnya, buktikan khasiat kegunaan daun sirsak sekarang juga !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *