invisible hit counter

Jenis Mainan Anak 1 Tahun yang Bagus untuk Perkembangannya

Previous 1 2

Untuk itu sebagai orang tua aktivitas di luar rumah ini memerlukan pengawasan yang ekstra tapi tidak membatasi ruang gerak anak. Pilihan mainan anak 1 tahun yang bisa anda pertimbangkan antara lain bermain bola bersama di halaman, hal ini dapat selain dapat membantu perkembangan koordinasi anggota gerak sang anak juga akan mengajarkan bagaimana berkompetisi dalam suatu pertandingan.

  • Mari mewarnai!

Jenis permainan yang satu ini juga sangat mudah dilakukan oleh anak anda. Anda cukup menyiapkan kertas putih dan juga krayon berbagai warna dan meletakkannya di meja sambil membiarkan sang buah hati mulai mewarnai walaupun yang akan dilakukannya hanyalah mencoret kertas tersebut.

Pada usia 1 tahun seorang anak sudah mampu untuk menggenggam pensil ataupun krayon dan sangat senang mengeksplor hal-hal baru yang diterimanya. Dengan memberikan krayon dan kertas untuk menggambar, anda dapat mengenalkan warna-warni krayon dan juga mengenal berbagai alat tulis yang ada.

  • Mainan mobil-mobilan atau kereta

Mainan anak 1 tahun berikutnya yang bisa dicoba oleh orang tua adalah permainan mobil-mobilan atau kereta yang memerlukan pergerakan aktif dari kaki si anak untuk menggerakkannya. Permainan ini dapat dipandu oleh orang tua, dengan menggunakan beberapa istilah seperti “jalan”, “berhenti”, “berbelok” dan lain-lain yang akan menambah perbendaharaan kata dalam memori sang buah hati.

  • Mainan bertema binatang dan huruf

Mainan ini bisa dimainkan sambil duduk dan sambil belajar serta bisa dilakukan bersama orang tua karena tidak membutuhkan gerakan yang begitu banyak. Anak dapat dilatih untuk belajar mengingat berbagai jenis binatang dan juga huruf melalui mainan ini. Peranan orang tua dalam menemani anak bermain sangatlah penting, hal ini mengingat dalam kegiatan bermain bersama sang buah hati juga akan terbentuk ikatan emosi antara orang tua dan anak.

Memilih Jenis Makanan untuk Anak 1 Tahun.

Setelah kita membahas mengenai berbagai tahap perkembangan anak 1 tahun dan juga jenis permainan yang tepat bagi mereka, maka sebagai orang tua yang sigap kita perlu mengetahui pilihan jenis makanan yang juga baik bagi tumbuh dan kembang sang buah hati. Pada usia 1 tahun ini anda sudah dapat mengajarkan sang anak untuk mengkonsumsi makanan sendiri loh!

Makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh anak pada usia 1 tahun ini, karena perkembangan otak mereka yang berada dalam fase produktif. Penting bagi ibu untuk memberikan makanan dengan sumber protein dan juga omega 3 yang tinggi seperti ikan laut, salmon, dan udang. Selain itu ibu juga perlu menambahkan sayur di dalam hidangan mereka walaupun mungkin agak sulit bagi sang buah hati untuk menerimanya.

Dan yang terakhir tidak kalah penting adalah sumber karbohidrat seperti nasi atau roti. Dari ketiga sumber energi dalam setiap hidangan di atas, bagi anak usia 1 tahun protein merupakan sumber energi yang sangat penting untuk dihidangkan. Ibu bisa mengkreasikan pengolahan berbagai jenis makanan dengan kandungan gizi yang tepat untuk konsumsi sang buah hati setiap harinya.

Setelah membaca artikel di atas ibu tidak perlu khawatir dengan banyaknya pilihan permainan yang dianjurkan, yang penting disini sebenarnya adalah ibu memiliki waktu untuk menemani mereka bermain dan menemaninya dalam setiap fase tumbuh kembangnya. Demikianlah artikel mengenai jenis mainan anak 1 tahun dan juga pilihan makanan yang cocok untuk usia ini, semoga bermanfaat!

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *