invisible hit counter

Inilah Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Inilah Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Ibu HamilMemilih buah yang bagus untuk ibu hamil yang tepat dan sesuai sangatlah penting karena asupan makanan bernutrisi memiliki banyak pengaruh pada kehamilan. Kehamilan merupakan anugerah yang dinanti-nantikan oleh banyak keluarga. Sehingga Anda pastilah ingin memberikan yang terbaik bagi janin yang berada dalam kandungan Anda. Dan tidaklah heran bahwa orangtua, sahabat dan keluarga banyak yang memberi nasihat mengenai makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi saat hamil.

Setiap orang wajib dan perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Terutama ibu hamil yang harus memberikan nutrisi bagi dua tubuh yaitu tubuh ibu dan tubuh janin yang dikandungnya. Banyak saran yang menyatakan bahwa buah merupakan salah satu jenis makanan yang sangat bermanfaat karena kandungan nutrisi, vitamin dan mineralnya yang tinggi. Namun apakah buah yang bagus untuk ibu hamil? Simak jawabannya di artikel ini.

Daftar Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Hampir seluruh buah merupakan makanan yang baik bagi ibu hamil. Bahkan mitos yang mengatakan bahwa pepaya, nanas atau durian merupakan buah yang buruk untuk ibu hamil hanyalah mitos belaka. Penelitian menyebutkan bahwa berbagai macam buah bila dimakan dalam jumlah yang tepat akan memberikan manfaat yang baik bagi ibu hamil. Di artikel ini kami merangkumkan jenis buah yang bagus untuk ibu hamil yang mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan ibu dan anak. Inilah daftar buah yang bagus untuk ibu hamil:

  • Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil yang paling baik untuk kesehatan. Pernyataan ini ditimbang karena dalam satu buah pisang ternyata nutrisi dan vitamin yang dikandungnya sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan Anda. Pisang mengandung asam folat, Vitamin C, Vitamin B6, Kalium dan Magnesium. Asam folat merupakan zat yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil mengingat perannya yang penting dalam perkembangan saraf janin. Vitamin B6 akan membantu ibu mnegurangi sensasi mual dan muntah. Kalium dan Magnesium akan membantu tubuh ibu meregulasi cairan tubuh serta melindungi ibu dari komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi. Konsumsilah satu buah pisang setiap harinya selama masa kehamilan Anda.

  • Alpukat

Asam folat yang terkandung dalam alpukat menjadikan buah ini sebagai buah yang bagus untuk ibu hamil. Asam folat membantu perkembangan saraf janin serta menyempurnakan pertumbuhan struktur saraf dan tulang belakang janin Anda pada saat trimester I. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan risiko epresi, anemia, insomnia, dan penyakit preeclampsia. Alpukat juga mengandung Vtamin C, E, K, B1, B2 dan B6 yang semuanya diperlukan oleh tubuh ibu dan anak untuk menjalankan fungsinya. Nilai tambah alpukat juga ada di lemak baik yang dikandungnya.

  • Semangka

Buah yang banyak mengandung air ini ternyata memiliki kandungan Vitamin A, C, B6 serta magnesium dan kalium yang banyak. Mineral magnesium dan kalium akan sangat membantu ibu mempertahankan fungsi pertahanan tubuh pada masa kehamilan. Bila dikonsumsi di trimester ke tiga, semangka dapat mengurangi rasa tidak enak di lambung, pembengkakan di kaki dan tangan serta menjaga agar otot Anda tidak terasa kram. Intinya, semangka merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil.

  • Strawberi

Buah yang keci, merah dan terasa asam manis ini dapat menjadi makanan selingan yang sangat baik untuk ibu hamil. Seperti alpukat dan pisang, strawberi memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak. Adapula Vitamin C dan antioksidan yang baik untuk imunitas tubuh ibu dan membantu dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak. Mineral yang dikandung strawberi dapat membantu pertumbuhan tulang janin Anda sehingga menjadikannya lebih kuat. Tidak heran bila strawberi merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil.

  • Mangga

Berbahagialah bila ibu hamil mengidam mangga. Buah yang asam dan manis ini merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena kandungn Vitamin A, C, E, antioksidan serta serat yang cukup tinggi. Vitamin C akan membantu sistem imunitas atau pertahanan tubuh ibu sehingga membantunya menghindari penyakit infeksi. Vitamin C dan serat yang terkandung di buah mangga dapat membantu proses pencernaan ibu hamil sehingga menghindarkan ibu hamil dari kondisi konstipasi atau sulit BAB. Konsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil ini dan masukkan ke dalam makanan selingan Anda sehari-hari.

  • Jambu Batu

Jus jambu batu ternyata bukan hanya baik bagi penderita demam berdarah, namun juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Rasanya yang asam manis dan menyegarkan akan membantu ibu menghilangkan sensasi mual dan muntah. Selain itu banyak pula ibu hamil yang mengidam buah jambu batu saat hamil. Jambu batu kaya akan Vitamin C, E, iso-flavonoid, karotenoid dan polifenol. Jambu batu akan membantu ibu hamil memiliki sistem imunitas yang baik serta peredaran darah yang baik. Jambu batu juga akan memperlancar pencernaan ibu dan membantu perkembangan saraf janin dalam kandungan ibu.

  • Anggur

Banyak mitos yang mengatakan bahwa buah anggur merupakan buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun sebaliknya, ternyata kandungan Vitamin A dalam buah anggur menjadikannya buah yang bagus untuk ibu hamil. Vitamin A akan membantu ibu menstabilkan dan menyeimbangkan laju metabolisme tubuh. Anggur juga merupakan sumber asam folat, kalium, fosfor, magnesium dan natrium yaitu mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi lebih optimal.

  • Lemon

Buah lemon yang terkenal dapat membantu program diet bila dijadikan water infusion ternyata juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil. Rasa asam namun menyegarkan dalam buah ini akan membantu ibu dalam mengurangi rasa mual, morning sickness dan beberapa masalah dalam kehamilan lainnya. Lemon mengandung banyak Vitamin C dan antioksidan yang baik untuk sistem pertahanan tubuh dan perbaikan sel tubuh yang rusak. Selain lemon, jeruk, jeruk nipis dan buah semacam ini memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sama bagusnya.

Buah merupakan jenis makanan yang baik dimakan oleh siapa saja termasuk oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang ditawarkan buah biasanya tidak didapatkan di jenis makanan yang lain seperti daging dan sayur-sayuran. Maka, menyelipkan macam-macam buah dalam menu makanan ibu hamil merupakan suatu keputusan yang bijak dan sehat. Ibu hamil pun rentan terkena konstipasi, yaitu sulit BAB dikarenakan kurang air dan serat. Hampir semua buah mengandung jumlah serat yang cukup banyak. Ini berarti, mengkonsumsi buah dengan teratur selama masa kehamilan dapat membantu ibu dalam menghindari keadaan konstipasi. Konsumsilah buah-buahan yang berviariasi serta makanan yang baik bagi ibu hamil lainnya dan air putih yang cukup demi memberikan kondisi kesehatan terbaik bagi tubuh ibu dan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *