invisible hit counter

Inilah Ciri-Ciri Terkena HIV yang Penting untuk Diwaspadai

Inilah Ciri-Ciri Terkena HIV yang Penting untuk DiwaspadaiMeskipun Indonesia adalah negara yang menganut budaya timur, ciri-ciri terkena HIV tetap harus diwaspadai. Ya, meski memiliki basis budaya timur dan merupakan negara yang beragama, virus HIV sudah cukup banyak menjangkiti masyarakat Indonesia, tidak memandang segi sosial, ekonomi ataupun gender. Berdasarkan fakta tersebut, ciri-ciri terkena HIV merupakan pengetahuan yang sebaiknya diketahui oleh masyarakat banyak, termasuk Anda.

Sayangnya, ciri-ciri orang terkena HIV pada tahap awal umumnya selalu tidak disadari oleh para penderitanya. Tidak jarang pula banyak tenaga medis yang melewatkan keluhan pasien pada tahap awal terinfeksi penyakit ini karena gejalanya hanya menyerupai penyakit flu biasa, apalagi bila penderita tidak menceritakan riwayat yang memungkinkan dirinya dapat terkena HIV. Padahal, orang dengan infeksi HIV yang diketahui pada tahap awal dapat mendapatkan pengobatan sehingga memperlambat atau mencegah penyakit ini berkembang menjadi AIDS.

Waspadai Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Terkena HIV Ini

Apa itu HIV? Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan suatu virus yang menyerang sistem pertahanan tubuh atau imunitas manusia. Infeksi virus HIV atau masuknya virus HIV ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan kelumpuhan sistem pertahanan tubuh hingga penderitanya akan rentan terkena berbagai macam infeksi mikroorganisme-bahkan mikroorganisme lemah yang tidak mampu menembus pertahanan tubuh orang sehat. Karena alasan di ataslah mengapa infeksi virus HIV merupakan suatu hal yang sangat berbahaya.

Untuk mengetahui ciri-ciri terkena HIV, Anda sebaiknya mengetahui perbedaan HIV dengan AIDS. HIV adalah virus yang menjangkiti tubuh manusia. Infeksi HIV yang baru terjadi pada umumnya tidak menimbulkan gejala yang mengganggu kualitas hidup seseorang, dengan kata lain tidak membuat penderitanya berobat ke dokter atau rumah sakit. Virus HIV yang telah masuk ke dalam tubuh manusia mulai akan berkembang, bereplikasi dan perlahan melumpuhkan imunitas tubuh manusia. Menurut data statistik, virus HIV membutuhkan waktu 10 tahun (waktu rata-rata)untuk mengambil alih fungsi pertahan tubuh manusia. Saat inilah penderita jatuh ke dalam penyakit AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome dan di sinilah penyakit ini memberikan banyak gejala yang mengkhawatirkan penderitanya.

Infeksi virus HIV yang baru terjadi akan memberikan gejala dalam 3-6 minggu pasca infeksi tersebut. Tanda-tanda terkena HIV yang timbul, sayangnya, termasuk ringan sehingga banyak tidak disadari penderitanya. Ciri-ciri terkena HIV ini akan bertahan selama beberapa minggu dan secara perlahan menghilang dan tidak menimbullkan gejala lagi. Ciri-ciri terkena HIV pada tahap awal ini lebih jarang terjadi pada penderita yang mendapatkan virus ini dari penggunaan obat terlarang via jarum suntik. Berikut adalah ciri-ciri orang terkena HIV yang terjadi 3-6 minggu pasca infeksi virus yang umum terjadi:

  • Demam
  • Nyeri tenggorokan dan batuk
  • Pembesaran kelenjar (di leher, selangkangan, ketiak atau bagian tubuh lainnya)
  • Nyeri kepala
  • Tulang dan otot yang nyeri dan pegal
  • Mudah lelah, letih dan lesu
  • Penurunan berat badan yang tidak terlalu besar
  • Menurunnya nafsu makan
  • Mual, muntah
  • Diare
  • Muncul ruam kemerahan pada kulit
  • Luka pada organ intim
  • Luka pada mulut (seperti sariawan)

Ciri-ciri terkena HIV di atas sering diabaikan penderitanya dan akan menghilang setelah satu minggu atau lebih dirasakan penderitanya. Kebanyakan, penderita infeksi HIV akan menjalani hidup tanpa gejala sakit HIV dan AIDS dalam jangka waktu yang cukup lama, dengan waktu rata-rata 10 tahun. Pada beberapa orang, gejala AIDS dapat muncul lebih cepat atau lebih lama daripada 10 tahun. Meskipun tanpa gejala, orang dengan infeksi HIV pada tahap ini tetap dapat menularkan virus HIV tersebut.

Artikel yang membahas tentang ciri-ciri terkena HIV ini berlanjut ke halaman 2, termasuk membahas tentang berbagai cara penularan HIV.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *