invisible hit counter

Inilah Cara Mengobati Mata Bintitan yang Menjengkelkan

Inilah Cara Mengobati Mata Bintitan yang MenjengkelkanMata bintitan atau bisul yang biasa timbul di kelopak mata memang sangat mengganggu aktivitas seseorang, untuk itulah pengetahuan akan cara mengobati mata bintitan dan cara menghindari penyebabnya penting untuk diketahui. Mata bintitan dalam dunia kedokteran lebih dikenal dengan istilah hordeolum yang merupakan infeksi pada kelenjar di kelopak mata anda, baik kelenjar yang berada pada kelopak mata bagian dalam (hordeolum interna) dan bagian luar (hordeolum eksterna). Timbulnya bisul pada kelopak mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri yakni Staphylococcus aureus atau bisa disebabkan oleh alergi loh!

Gejala yang biasa dikeluhkan oleh penderita mata bintitan adalah kelopak mata yang bengkak, merah disertai rasa panas dan nyeri pada bagian tersebut. Akan tetapi hal ini berbeda dengan penderita yang mengalami hordeolum interna karena dapat disertai dengan mata merah maupun berair. Untuk itu mari kita simak pembahasan mengenai cara mengobati mata bintitan dari dokter di bawah ini.

Cara Mengobati Mata Bintitan yang Sederhana

Penyakit mata bintitan ini juga bisa timbul akibat kebiasaan buruk yang anda jalani, seperti saat anda menggosok-gosok mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu dan masih banyak lagi. Timbulnya mata bintitan yang terlalu sering dan berulang-ulang juga dapat dihubungkan dengan penyakit diabetes melitus yang secara tidak langsung menyebabkan seseorang rentan terkena infeksi. Untuk itu jika anda telah melakukan cara-cara mengobati mata bintitan di bawah ini, tetapi tidak ada perubahan anda harus mencari tahu penyebabnya secara menyeluruh.

1. Hindari kebiasaan buruk pada mata

Cara mengobati mata bintitan pertama yang akan dibahas berhubungan dengan kebiasaan yang buruk dalam menjaga kebersihan mata. Saat mata anda mengalami bengkak seperti pada penyakit mata bintitan ini, anda harus ekstra bersih dalam merawatnya guna mencegah makin parahnya infeksi yang terjadi.

Jika anda dianjurkan oleh dokter untuk melakukan kompres atau sekedar membersihkan mata maka anda harus mencuci kedua tangan hingga bersih sebelum melakukannya. Kebiasaan menggosok-gosok mata karena rasa tidak nyaman pun harus anda hentikan karena malah dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke tempat lain. Selain itu bagi wanita cara mengobati mata bintitan sederhana yang perlu anda perhatikan adalah penggunaan kosmetik, selama mata anda masih bengkak sebaiknya hal ini anda hindari dulu.

2. Kompres mata

Cara mengobati mata bintitan berikutnya yang sering dianjurkan oleh dokter adalah melakukan kompres mata. Anda akan diminta untuk melakukan kompres mata sebanyak 3-4 kali sehari dengan menggunakan air hangat yang bersih. Anda bisa menggunakan kassa steril yang dibeli di apotik sekitar dan rendam di dalam air hangat lalu kompres mata anda selama 10 hingga 15 menit.

Lalu ganti dengan kassa baru dan lakukan lagi cara di atas untuk mengurangi bengkak dan juga rasa nyeri yang anda alami. Jangan lupa untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan bahan-bahan yang anda gunakan untuk melakukan kompres ini.

3. Obat anti nyeri

Cara mengobati mata bintitan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi anti nyeri, obat-obatan ini bisa diberikan dokter jika anda merasa sangat terganggu dengan rasa nyeri pada mata yang meradang. Obat anti nyeri yang digunakan pun biasanya merupakan kumpulan obat anti nyeri dengan potensi yang rendah dan aman untuk dikonsumsi, namun perlu diingat konsumsi obat ini lebih dianjurkan jika anda merasa bisul pada mata anda ini sangat nyeri.

4. Salep antibiotik

Selanjutnya dokter tentu akan memberikan salep mata sebagai salah satu cara mengobati mata bintitan. Salep yang diberikan berupa salep antibiotik khusus untuk mata sehingga infeksi pada kelopak mata anda dapat berkurang dengan cepat. Selain untuk mempercepat penyembuhan pemberian salep antibitiotik khusus mata juga sering diresepkan jika anda harus menjalani tindakan pengeluaran nanah dari dalam bisul tersebut. Tujuan pemberian antibiotik ini untuk mencegah adanya infeksi ulang pada daerah bekas bisul yang sudah dibersihkan.

5. Tindakan pengeluaran nanah

Cara mengobati mata bintitan yang akan dibahas berikut merupakan pilihan paling invasif dan ditakuti oleh sejumlah orang. Sama seperti bisul pada tempat lain di tubuh kita, pada kasus mata bintitan dimana muncul bisul pada kelopak mata juga memerlukan tindakan pengeluaran nanah dari dalam bisul tersebut.

Tindakan ini akan diawali dengan pemberian obat bius pada mata anda sehingga anda tidak perlu merasa takut, setelah itu dokter akan melakukan sedikit sayatan pada permukaan bisul dan kemudian mengeluarkan nanahnya. Mungkin anda merasa tindakan ini sangat mengerikan namun jika nanah di dalam bisul ini tidak dikeluarkan maka penyakit ini bisa berlanjut menjadi kasus kronis yang lebih parah dikemudian hari.

Jika infeksi pada kelopak mata ini melibatkan bulu mata, dokter biasanya akan mempertimbangkan untuk mencabut bulu mata anda. Setelah melakukan tindakan pengeluaran nanah dari bisul atau mencabut bulu mata anda, dokter akan memberikan salep antibiotik seperti yang sudah dibahas di atas.

6. Hindari penggunaan lensa kontak

Cara mengobati mata bintitan yang terakhir berhubungan dengan mencegah penyebaran infeksi dari kelopak mata ke daerah mata lainnya terutama ke daerah kornea karena penggunaan lensa kontak. Selain itu penggunaan lensa kontak pada saat mata sedang mengalami radang memang tidak dianjurkan. Anda lebih dianjurkan menggunakan kaca mata jika memang mengalami gangguan penglihatan daripada memakai lensa kontak saat mata anda mengalami infeksi seperti ini.

Sebenarnya dalam kasus-kasus mata bintitan, sejumlah orang dapat mengalami kesembuhan tanpa harus menggunakan pengobatan tertentu. Hal ini terjadi karena nanah dari bisul di mata ini keluar sendiri selama mereka mengalami penyakit tersebut. Butuh waktu sekitar 1 hingga 2 minggu agar mata bintitan ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan bermakna dari dokter namun tetap dengan memperhatikan sejumlah larangan dan anjuran untuk menjaga kebersihan mata anda. Dan satu hal lagi perlu anda perhatikan, jangan memaksakan untuk mengeluarkan nanah dari dalam bisul itu sendiri karena dapat menyebabkan infeksi tersebut menyebar ke daerah mata yang lain.

Selain dapat disembuhkan dengan cara mengobati mata bintitan dari dokter maupun pengobatan sederhana seperti menjaga kebersihan mata, penyakit mata bintitan bukanlah penyakit yang membahayakan jiwa. Anda tidak perlu khawatir akan perkembangan penyakit ini, selama anda menjalani pengobatan dengan baik penyakit ini akan segera sembuh. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bagi anda yang sering mengalami mata bintitan berulang coba periksakan diri anda dengan lebih seksama ke dokter sehingga anda bisa mengetahui penyebab masalah ini. Tidak lupa jaga kebersihan mata anda setiap hari, terutama jika anda terbiasa menggunakan lensa kontak dan kosmetik setiap harinya. Akhir kata semoga artikel cara mengobati mata bintitan ini bermanfaat bagi kita semua !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *