invisible hit counter

Inilah Berbagai Gejala Usus Buntu yang Sering Terjadi

Inilah Berbagai Gejala Usus Buntu yang Sering TerjadiGejala usus buntu merupakan hal yang banyak ditakuti masyarakat. Bagaimana tidak, seseorang yang menderita usus buntu harus dibawa ke meja operasi agar mendapatkan kesembuhan. Usus buntu merupakan suatu bagian dari usus yang berada di perut bagian kanan bawah. Sesuai namanya, usus buntu ini berarti usus yang ujungnya buntu, menyerupai suatu kantung. Radang atau inflamasi pada usus buntu akan memberikan gejala usus buntu yang khas.

Mengobati penyakit usus buntu adalah hal yang penting. Pasalnya bila tidak ditangani dengan tepat dan segera, usus buntu ini dapat menimbulkan komplikasi atau efek penyakit yang lebih buruk. Salah satu komplikasi usus buntu yang ditakuti adalah bila usus buntu meradang hebat dan pecah hingga mengkontaminasi organ perut lainnya. Penyakit usus buntu yang tidak diobati juga dapat menyebabkan infeksi pada banyak bagian tubuh yang berbahaya. Maka, mengetahui dan mempelajari mengenai gejala usus buntuk adalah hal yang penting.

Inilah Gejala Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Gejala usus buntu timbul karena usus buntu yang meradang. Sebenarnya, kata usus buntu di sini kurang tepat, karena organ yang sebenarnya meradang adalah umbai cacing. Umbai cacing merupakan ujung dari usus buntu yang lebih kecil dan terletak lebih di ujung. Apa yang dapat menyebabkan peradangan pada umbai cacing? Banyak mitos yang mengatakan bahwa biji cabai atau nasi yang masuk ke dalam kantung usus buntu lah penyebab dari usus buntu.

Mitos tersebut tidak dapat dikatakan benar meski juga tidak dapat dikatakan salah. Radang pada umbai cacing dapat disebabkan oleh benda apapun yang masuk dan menyumbat lubang di usus buntu. Pasalnya, bila ada benda yang menyumbat usus buntu, pengeluaran cairan dari dinding usus buntu akan terblokir dan ini dapat menimbulkan pertumbuhan bakteri yang banyak di daerah tersebut, sehingga menimbulkan radang. Radang yang terjadi ini akan menimbukan gejala usus buntu seperti di bawah ini:

  • Perut Kembung

Rasa tidak nyaman pada perut merupakan gejala usus buntu yang sering terjadi pada awal penyakit. Rasa tidak nyaman ini sering diinterpretasikan sebagai perut kembung. Lokasi perut terasa paling kembung biasanya terasa di ulu hati. Perut yang merasa tidak enak ini dapat berlangsung terus menerus sampai 12 jam lebih. Biasanya setelah 12 jam atau satu hari, rasa tidak enak pada perut akan berpindah tempat atau pun berubah menjadi nyeri yang lebih jelas.

  • Nyeri Ulu Hati

Gejala usus buntu yang dapat terjadi selanjutnya adalah terasa nyeri pada ulu hati. Nyeri terasa tumpul namun kadang tajam dan terbakar seperti penyakit maag. Nyeri pada ulu hati biasanya merupakan gejala awal dari usus buntu sebelum nyeri berpindah ke lokasi perut kanan bawah. Tidak heran banyak orang yang salah menginterpetasikan nyeri ini sebagai sakit maag. Bedanya, sakit ulu hati di sini tidak akan mereda setelah diberikan obat maag dan biasanya akan terus berlanjut selama 12 jam sampai 1 hari.

  • Nyeri Pada Perut Kanan Bawah

Ini adalah gejala usus buntu yang paling khas. Organ umbai cacing atau usus buntu terletak pada daerah perut kenan bawah sehingga peradangan hebat yang terjadi di sini nantinya akan memberikan rasa nyeri pada daerah yang sama pula. Nyeri perut pada kanan bawah biasanya didahului oleh gejala perut kembung atau pun nyeri pada ulu hati. Intensitas nyeri akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu, bahkan dapat sampai mengganggu waktu tidur Anda. Bahkan nyeri ini akan menjadi salah satu paling nyeri yang pernah Anda rasakan. Nyeri ini dapat diperparah saat Anda bersin, batuk atau bergerak.

Munculnya gejala usus buntu hendaknya selalu diwaspadai, karena jika sudah parah akan menimbulkan sakit yang luar biasa dan perlu operasi untuk menyembuhkannya. Di halaman 2 masih ada banyak lagi gejala usus buntu yang bisa Anda ketahui.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *