invisible hit counter

Inilah Aneka Makanan Penurun Kolesterol yang Terbukti Ampuh

Masalah kolesterol berkaitan erat dengan makanan yang kita makan sehari-hari, oleh karena itu Anda perlu mengetahui apa saja jenis makanan penurun kolesterol. Makanan yang Anda makan sehari-hari memiliki dua mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat untuk kesehatan tetapi di sisi lain dapat membahayakan kesehatan jika tidak memilihnya secara cepat. Bagitu juga dengan masalah kolesterol, di mana masalah ini sering di timbulkan akibat pola makan yang salah. Pola makan yang salah di sini maksudnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat. Selain itu ditambah dengan kurangnya aktifitas fisik atau olahraga, membuat lemak jahat tersebut akan mengendap di dalam pembuluh darah menjadi plak.

Timbunan plak akibat tingginya kolesterol dalam darah dapat mengakibatkan penyakit yang sangat berbahaya, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Di jaman modern saat ini masalah kolesterol tinggi banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya orang yang sudah lanjut usia saja yang dapat mengalami kolesterol tinggi, tetapi orang yang masih muda pun sudah banyak yang mengalaminya akibat gaya hidup yang tidak sehat. Kadar kolesterol total dalam darah normalnya adalah kurang dari 200 mg/dL. Jika jumlah kolesterol melebihi normal maka biasanya akan mengalami tanda atau gejala seperti sering sakit kepala, pegal atau kaku pada tengkuk, badan mudah capek, kaki sering kesemutan, dan jantung berdebar-debar.

Pilihan Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Konsumsi Teratur

Makanan seringkali dikaitkan dengan penyebab kolesterol tinggi. Tetapi jenis makanan tertentu justru memiliki efek sebaliknya, yaitu dapat sebagai obat penurun kolesterol. Oleh karena itu jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan di bawah ini sebagai obat penurun kolesterol secara alami. Aneka makanan penurun kolesterol yang dapat Anda pilih antara lain sebagai berikut:

  1. Gandum

Gandum atau bubur gandum (oatmeal) sangat baik dikonsumsi sebagai makanan penurun kolesterol. Makanan ini kaya akan serat larut yang berperan untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan. Kita mungkin belum begitu terbiasa untuk mengkonsumsi gandum. Padahal makanan ini dapat digunakan sebagai alternatif makanan pokok yang menyehatkan dan dapat menjaga berat tubuh yang ideal.

  1. Beras merah

Beras merah merupakan jenis makanan penurun kolesterol karena mengandung zat yang bernama manacolin K. Berdasarkan penelitian, zat ini ternnyata dapat berperan layaknya obat anti kolesterol. Sehingga dengan mengkonsumsi beras merah secara otomatis akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beras merah dapat Anda jadikan sebagai makanan pokok alternatif pengganti nasi putih. Sebab selain dapat menurunkan kolesterol, beras merah mengandung karbohidrat kompleks dan banyak mengandung serat sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

  1. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan juga dapat digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami. Jenis kacang-kacangan yang dapat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol yaitu kacang almond, kenari, kacang hazelnut, kacang mede, dan kacang panjang. Kacang-kacangan tersebut mengandung asam lemak nabati da vitamin E yang dapat melarutkan kolesterol jahat. Tetapi yang harus diingat perhatikan campuran yang ditambahkan dalam kacang-kacangan tersebut, misalnya gula, garam, atau minyak untuk menggorengnya. Sebab campuran inilah yang seringkali justru menyebabkan kolesterol tinggi.

  1. Buah dan minyak zaitun

Buah zaitun maupun produk olahannya berupa minyak zaitun juga merupakan makanan penurun kolesterol karena mengandung senyawa hydroxytyrosol yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, buah atau minyak zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh dan vitamin E yang dapat meningkatkan meningkatkan kolesterol baik (HDL/High Density Lipoprotein) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL/Low Density Lipoprotein)

  1. Minyak ikan

Makanan penurun kolesterol yang berikutnya yaitu minyak ikan. Ikan mengandung minyak yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Zat yang terkandung di dalam minyak ikan antara lain yaitu asam lemak omega 3, EPA, dan DHA. Jenis ikan yang sangat baik dikonsumsi untuk mengontrol kolesterol antara lain yaitu ikan salmon, sarden, tuna, makarel, trout, dan ikan kembung. Mengkonsumsi jenis ikan tersebut juga dapat menurunkan risiko pembekuan darah, menstabilkan tekanan darah, dan menurunkan risiko kematian mendadak akibat jantung dan stroke.

  1. Jeruk lemon

Jeruk lemon merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, zat antioksidan, dan mengandung senyawa yang berperan dalam mengurangi zat apo-B. Apo-B merupakan zat yang berkontribusi dalam peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi jeruk lemon secara teratur juga dapat menjaga berat badan Anda agar tetap langsing.

  1. Anggur

Anggur merupakan buah penurun kolesterol karena mengandung zat catechin yang berperan untuk mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, buah anggur juga memiliki kandungan senyawa flavanoid yang mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan mencegah penggumpalan darah.

  1. Alpukat

Buah alpukat sebenarnya mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung di dalam alpukat merupakan lemak baik (lemak tak jenuh) yang berfungsi untuk tubuh. Buah alpukat juga merupakan makanan penurun kolesterol karena asam lemak baik yang bernama asam oleat yang berperan untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, buah alpukat juga mengandung zat bernama beta sitosterol yang merupakan jenis lemak nabati yang turut berperan untuk menurunkan kolesterol.

  1. Apel

Buah apel merupakan buah penurun kolesterol karena mengandung zat beta glucan yang berperan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Apel juga mengandung serat larut yang juga berperan untuk mengurangi kolesterol jahat. Buah apel dapat dibuat cuka atau disebut sebagai cuka apel yang sering digunakan untuk obat alami menyembuhkan berbagai penyakit seperti kencing manis/diabetes mellitus, hipertensi, termasuk untuk menurunkan LDL kolesterol.

Selain mengkonsumsi makanan penurun kolesterol seperti yang telah disebutkan di atas, hal yang sangat penting menjaga kadar kolesterol dalam darah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup yang dimaksud antara lain yaitu dengan melakukan aktifitas fisik/olahraga teratur. Di jaman modern saat ini, padatnya rutinitas kerja dan adanya sarana yang serba praktis, membuat orang jadi enggan melakukan olahraga. Padahal dengan olahraga secara teratur akan membuat tubuh kita selalu sehat, aliran darah lancar, dan dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu hal yang tak kalah penting yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan yang berperan untuk meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jenis makanan yang harus dikurangi antara lain yaitu gorengan, makanan bersantan, jerohan, kulit, makanan/minuman yang banyak mengandung gula, dan berbagai jenis makanan cepat saji/junkfood. Kebiasaan buruk seperti merokok dan sering minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol, oleh karena itu hindari kebiasaan tersebut. Anda sebaiknya juga menjaga pikiran agar senantiasa tenang dan nyaman agar terhindar dari stres. Sebab stres atau depresi juga merupakan salah satu risiko penyebab kolesterol tinggi. Jika Anda mengalami gejala kolesterol tinggi sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda dan mendapatkan terapi medis jika diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *