invisible hit counter

Ini Dia Penyebab Migrain Sebelah Kiri atau Kanan

Ini Dia Penyebab Migrain Sebelah Kiri atau KananMungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang penasaran akan penyebab migrain sebelah kiri atau kanan, apalagi jika migrain yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang sensasi nyerinya digambarkan seperti berdenyut-denyut. Migrain sering disebut sebagai ‘sakit kepala sebelah’ karena nyeri yang dirasakan biasa timbul pada salah satu sisi kepala, dimana nyeri tersebut mungkin menyebar ke sisi yang lain atau tetap pada satu sisi saja. Sekalipun menyebar, nyeri akan paling terasa pada satu sisi kepala tempat nyeri tersebut pertama kali timbul. Migrain bisa berlangsung selama 4 hingga 72 jam, dan mungkin timbul sebanyak 1 hingga 4 kali dalam sebulan.

Sebelum Mengenal Penyebab Migrain Sebelah Kiri atau Kanan, Terlebih Dahulu Ketahui Tanda dan Gejalanya

Migrain terbagi menjadi 2 tipe, yaitu migrain dengan aura dan migrain tanpa aura. Jika Anda terserang migrain dengan aura, maka sekitar 30 menit sebelum nyeri timbul Anda akan mengalami gangguan penglihatan berupa kilatan cahaya (yang mungkin membentuk bintang atau garis) atau pandangan Anda mungkin buram untuk sementara waktu. Bahkan meskipun Anda tidak mengalami gangguan penglihatan seperti yang disebutkan, mungkin ada gejala-gejala lain yang mendahului nyeri seperti tiba-tiba mengantuk, haus, atau tiba-tiba ingin mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

Selain itu, pada kedua tipe migrain, tanda dan gejala lain yang juga timbul adalah mual atau muntah, hilang nafsu makan, lelah, lemas, dan kepala terasa ringan atau seperti berputar. Penderita mungkin merasakan kesemutan pada beberapa bagian tubuhnya. Juga, cahaya yang terlalu terang, kebisingan, dan gerakan yang terlalu mendadak dapat memperberat nyeri yang dirasakan. Itulah sebabnya jika Anda terserang migrain, Anda akan merasa lebih nyaman berbaring di ruangan yang gelap dan tenang.

Tanda dan gejala migrain pada anak-anak kurang lebih sama. Pada anak-anak, ketika mereka terserang migrain, mereka akan tampak pucat, sempoyongan, demam, dan mual. Sebagian kecil kasus migrain pada anak melibatkan gangguan pada sistem pencernaan (seperti misalnya muntah) yang biasa terjadi sekali dalam sebulan.

Mengetahui Penyebab Migrain Sebelah Kiri atau Kanan

Penyebab migrain sebelah kiri atau kanan masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, para ahli sepakat bahwa ketika migrain, terjadi perubahan aliran darah ke otak. Pada awalnya, pembuluh darah menyempit sehingga aliran darah berkurang yang berdampak pada gangguan penglihatan (kilatan cahaya yang Anda lihat sebelum timbul nyeri), kelemahan, atau kesemutan pada bagian tubuh Anda. Kemudian, pembuluh darah kembali melebar sehingga aliran darah bertambah yang mengakibatkan timbulnya nyeri.

Migrain terjadi tiga kali lebih banyak pada wanita daripada pria. Migrain juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Sebagian besar (90%) anak dan remaja yang pernah terserang migrain memiliki riwayat anggota keluarga yang juga pernah terserang migrain, baik di kepala sebelah kiri maupun kanan. Jika Anda dan pasangan sama-sama memiliki riwayat pernah terserang migrain, kemungkinan putra-putri Anda untuk juga terserang migrain adalah 70%. Apabila hanya Anda atau hanya pasangan Anda yang memiliki riwayat pernah terserang migrain, kemungkinan tersebut mengecil menjadi hanya 25-50%.

Para ahli memperkirakan penyebab migrain sebelah kiri atau kanan adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi alkohol (terutama bir dan anggur merah) dan kafein
  • Rokok dan paparan terhadap asap rokok
  • Sengatan matahari, kelembaban yang terlalu tinggi atau sedang berada di ketinggian
  • Melewatkan waktu makan
  • Stres fisik maupun emosional. Itulah sebabnya migrain akan sering kambuh ketika Anda terlalu lelah, cemas, depresi, atau usai menangis.
  • Fluktuasi hormon, seperti pada masa kehamilan, sebelum dan selama menstruasi, dan menjelang menopause. Metode kontrasepsi hormonal dapat mengakibatkan perubahan kadar estrogen, sehingga dapat juga menjadi penyebab migrain sebelah kiri atau kanan.
  • Cahaya yang terlalu terang, suara keras, dan bau-bauan menyengat
  • Waktu tidur yang terlalu singkat atau terlalu panjang
  • Makanan tertentu dapat memicu migrain. Contohnya adalah keju dan produk susu, cokelat, kacang tanah, selai kacang, beberapa jenis buah (seperti alpukat, pisang, dan jeruk citrus), makanan dengan MSG, bawang-bawangan, daging yang mengandung nitrat (seperti bacon, hot dog, salami), dan makanan hasil fermentasi.

Jika Anda mencurigai salah satu dari beberapa jenis makanan yang disebutkan di atas sebagai pemicu migrain Anda, coba hindari semua jenis makanan tersebut dari daftar menu Anda dan cobalah mengkonsumsi bahan makanan tersebut satu demi satu untuk melihat efeknya. Perhatikan apakah migrain timbul setelah mengkonsumsi makanan tertentu, sehingga Anda mengetahui benar makanan apa yang menjadi penyebab migrain sebelah kiri atau kanan yang Anda rasakan.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terserang Migrain

Yang pertama harus Anda lakukan ketika sakit kepala yang Anda rasakan sudah mulai mengganggu adalah pergi ke dokter dan ceritakan keluhan Anda. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan menanyakan hal-hal terkait sakit kepala yang Anda alami.

Berikan gambaran selengkap mungkin mengenai sakit kepala yang Anda rasakan. Seperti misalnya, kapan biasanya sakit kepala timbul, lokasi timbulnya sakit kepala, seberapa lama dan sering Anda merasakannya, apa saja yang memicu sakit kepala Anda, apa yang membuatnya makin parah, dan apa yang membuatnya mereda. Tidak ketinggalan tanda dan gejala lain yang Anda rasakan ketika sakit kepala timbul.

Anda bisa mencatat setiap detailnya agar tidak ada yang tertinggal ketika berkonsultasi dengan dokter Anda. Dalam catatan Anda, usahakan juga mencakup hal-hal berikut: apa yang Anda makan dalam kurun waktu 24 jam, berapa lama waktu tidur Anda malam sebelumnya, aktivitas apa yang Anda lakukan tepat sebelum nyeri datang, apakah ada kejadian yang memicu stres yang sedang Anda alami, dan apa upaya yang Anda lakukan ketika nyeri datang untuk membuatnya mereda.

Sebagian orang tidak membutuhkan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosa. Namun terkadang dokter menyarankan pemeriksaan CT-scan atau MRI untuk memeriksa lebih lanjut penyebab migrain sebelah kiri atau kanan. Jika Anda mengalami sakit kepala hingga pingsan, mungkin dokter juga akan menyarankan untuk melakukan EEG (electroencephalogram).

Jika migrain Anda datang tiba-tiba dan terasa sangat nyeri, jangan tunda untuk segera pergi ke fasilitas kesehatan. Terutama jika terdapat tanda dan gejala berikut yang menyertai rasa nyeri Anda:

  • Terdapat kesulitan bicara, gangguan penglihatan yang berkelanjutan, kehilangan keseimbangan, mati rasa di anggota gerak atau wajah, atau kesulitan menggerakkan anggota badan karena mungkin ini adalah gejala stroke.
  • Nyeri yang Anda rasakan bertambah parah ketika Anda berbaring
  • Mata merah atau kelopak mata terlihat ‘jatuh’
  • Demam, berat badan menurun atau nyeri otot
  • Kaku leher

Anda sekarang telah mengetahui penyebab migrain sebelah kiri atau kanan. Untuk mengatasi migrain, selain pengobatan yang diberikan dokter, Anda juga bisa melakukan modifikasi pada gaya hidup Anda. Hindari rokok, alkohol, dan kafein. Kenalilah manajemen stres yang tepat untuk mengelola emosi Anda. Jangan tunda waktu makan, berolahragalah secara teratur (hindari olahraga terlalu berat karena justru dapat memicu migrain) dan pastikan waktu tidur Anda tercukupi. Ketika migrain Anda kambuh dan muntah, minumlah banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *