invisible hit counter

Ini Dia Obat Herbal Sakit Kepala yang Efektif Mengobati

Ini Dia Obat Herbal Sakit Kepala yang Efektif MengobatiSemua orang pasti pernah merasakan pusing atau sakit kepala, oleh karena itu dalam artikel kali ini akan dibahas apa saja obat herbal sakit kepala yang ampuh. Menderita sakit kepala tentunya sangat mengganggu, apalagi jika sakit kepala tersebut sering datang menghampiri dan terjadi saat momen-momen penting dalam hidup Anda. Ada berbagai jenis sakit kepala yang dirasakan oleh penderitanya, antara lain rasa pusing seperti berputar atau yang sering disebut sebagai vertigo, sakit kepala sebelah (migrain), sakit kepala bagian belakang, atau rasa nyeri/nyut-nyutan pada kepala bagian depan dan ubun-ubun. Rasa sakit kepala dapat disertai dengan gejala mata berkunang-kunang, tidak enak badan, dapat juga disertai dengan demam.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita sakit kepala. Faktor-faktor tersebut antara lain karena kelelahan (kurang istirahat), cuaca yang ekstrim (terlalu panas/terlalu dingin), banyak pikiran/stres, suasana yang bising, posisi/gerakan tubuh yang salah, terlambat makan, kekurangan cairan/dehidrasi, faktor hormonal (misalnya pada wanita hamil dan menstruasi), atau dapat pula disebabkan penggunaan alat transportasi (mabuk kendaraan). Sakit kepala dapat juga disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik antara lain terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, kurang olahraga, terlalu sering begadang, dan kebiasaan konsumsi rokok dan alkohol.

Berbagai Pilihan Obat Herbal Sakit Kepala

Sakit kepala ada yang berlangsung ringan tetapi ada pula yang berat. Yang membedakan sakit kepala antara orang satu dengan yang lain yaitu intensitas, frekuensi, penyebab, serta efek yang ditimbulkan. Jika Anda menderita sakit kepala, maka Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan yang disediakan oleh alam atau yang sering disebut sebagai obat herbal. Berbagai obat herbal sakit kepala yang ampuh yang dapat Anda pilih antara lain sebagai berikut:

  1. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan jenis tanaman kacang-kacangan yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat minuman, bubur, atau bahan membuat kue dan camilan. Kacang hijau ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sakit kepala. Kacang hijau termasuk dalam makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, protein, dan berbagai mineral penting. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu rebus kacang hijau bersama air seperti pada waktu membuat minuman sari kacang hijau. Ambil air rebusan kacang hijau dan tempatkan pada suatu wadah/gelas. Minumlah air rebusan kacang hijau tersebut secara teratur, maka sakit kepala yang Anda derita akan segera sembuh.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat digunakan sebagai obat herbal sakit kepala. Selain dapat meredakan sakit kepala, konsumsi jahe juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya yaitu siapkan satu rimpang jahe, cuci sampai bersih, lalu direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih. Setelah itu saring untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit gula atau madu secukupnya sebagai pemanis. Minumlah ramuan jahe ini selagi hangat untuk menyembuhkan sakit kepala sekaligus untuk menghangatkan badan dan meningkatkan stamina.

  1. Kunyit

Kunyit juga merupakan jenis tanaman herbal yang masih satu keluarga dengan jahe. Tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu dapur dan juga bahan dasar pembuat jamu-jamuan tradisional. Kunyit mempunyai beragam khasiat, salah satu di antaranya yaitu untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu siapkan kunyit secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. Masukkan kunyit yang telah dihaluskan tadi pada wadah berisi dua gelas air, rebus sampai mendidih. Lalu saring untuk diambil airnya, tambahkan madu secukupnya, dan minum secara teratur.

  1. Daun mint

Obat herbal sakit kepala yang berikutnya yaitu daun mint. Rasa dan aroma yang menyegarkan dari daun mint memberikan efek relaksasi dan ampuh untuk meredakan sakit kepala. Cara membuat ramuannya cukup mudah. Siapkan daun mint secukupnya lalu direbus bersama air sampai mendidih. Ambil air rebusan daun mint tersebut untuk diminum secara teratur maka sakit kepala yang Anda derita akan segera sembuh.

  1. Daun dewa

Daun dewa merupakan salah satu jenis tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Daun dewa mengandung senyawa penting antara lain saponin, flavanoid, minyak atsiri, dan tanin. Selain dapat menyembuhkan sakit kepala, daun dewa juga mempunyai berbagai macam khasiat antara lain untuk membersihkan racun, menghentikan perdarahan, menurunkan panas, meredakan pembengkakan, mengatasi kejang, muntah darah, dan mengobati tumor. Cara membuat ramuan daun dewa untuk mengatasi sakit kepala yaitu siapkan beberapa lembar daun dewa secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu direbus bersama air sampai mendidih. Setelah itu disaring untuk diambil airnya, dan konsumsi secara teratur.

  1. Kentang

Kentang ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala. Kandungan vitamin B, kalium, dan berbagai mineral penting lainnya cukup efektif untuk menghilangkan sakit kepala. Caranya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu merebus kentang, tunggu sampai agak dingin, kupas kulitnya, lalu dimakan.

  1. Kulit manggis

Kulit manggis sangat kaya akan zat antioksidan dan merupakan salah satu obat herbal sakit kepala yang ampuh. Cara membuat ramuan kulit manggis untuk menyembuhkan sakit kepala yaitu siapkan kulit manggis secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu rebus bersama air sampai mendidih. Setelah itu disaring, dan minum air rebusan kulit manggis tersebut secara teratur untuk mengobati sakit kepala.

  1. Daun jeruk nipis

Anda juga dapat meredakan sakit kepala dengan daun jeruk nipis. Daun jeruk nipis dapat Anda gunakan sebagai obat herbal oles sekaligus untuk aroma terapi. Caranya yaitu petik daun jeruk nipis secukupnya, dibersihkan, lalu ditumbuk sampai halus, dan campurkan sedikit air. Setelah itu oleskan ramuan daun jeruk nipis tersebut pada berbagai bagian tubuh seperti di kening, tengkuk, dan bahu.

Di samping mengkonsumsi obat herbal sakit kepala seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga dapat mengatasi sakit kepala dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dimaksud antara lain dengan melakukan olahraga secara teratur, menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, menjauhi begadang, istirahat yang cukup, banyak mengkonsumsi air putih, hindari stres, serta jauhi kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol. Anda juga dapat mencegah sakit kepala dengan menghindari faktor pencetusnya, misalnya jangan berada terlalu lama di tempat yang panas, menghindari kebisingan, mengatur posisi tidur yang nyaman, dan hindari melakukan gerakan tubuh ekstrim yang dapat memicu timbulnya sakit kepala.

Anda perlu wapada jika sakit kepala yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau bahkan dari hari ke hari semakin bertambah parah. Sebab pada beberapa kasus, sakit kepala dapat terjadi akibat menderita suatu penyakit baik itu penyakit ringan maupun berat. Beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya sakit kepala antara lain sakit gigi, gangguan pada THT (Telinga Hidung Tenggorokan), sakit mata, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, anemia (kurang darah), penyakit jantung, stroke, kanker, atau infeksi dari berbagai penyakit menular yang diakibatkan oleh bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Jika menderita sakit kepala yang diakibatkan karena suatu penyakit, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *