invisible hit counter

Hamil 4 Bulan Perut Masih Kecil? Ini Penjelasannya

Hamil 4 Bulan Perut Masih Kecil? Ini PenjelasannyaSering sekali terjadi di masyarakat kondisi di mana seorang ibu yang sudah hamil 4 bulan perut masih kecil. So, sebenarnya bagaimana penjelasan kondisi atau fenomena tersebut? Apakah itu adalah salah satu gangguan kehamilan? Nah, sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa ukuran perut setiap wanita hamil tidak sama satu sama lain. Itu dia yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa saat usia kehamilan 4 bulan, perut Anda tidak terlihat terlalu besar seperti ibu-ibu hamil pada umumnya. Akan tetapi, ternyata memang ada beberapa faktor penyebab yang bisa membuat kandungan Anda terganggu sehingga kondisi kandungan Anda tidak terlihat besar seperti orang hamil pada umumnya. Dan jika Anda mengalami permasalahan tersebut, sangat disarankan bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan USG supaya penyakit atau gangguan yang membuat perut Anda terlihat kecil tersebut bisa dideteksi dan bisa segera ditangani. Bisa jadi itu hanyalah masalah ringan, namun bisa jadi itu juga merupakan sebuah masalah yang sulit ditangani. Nah, supaya Anda lebih memahami berbagai faktor penyebab yang bisa mengakibatkan ukuran perut tetap kecil meskipun sudah hamil 4 bulan, simak penjelasan berikut ini.

Penjelasan dan Faktor Penyebab Mengapa Setelah Hamil 4 Bulan Perut Masih Kecil

Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan bayi ketika Anda menyadari bahwa kondisi perut Anda tidak wajar, Anda disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan USG. Akan tetapi sebaiknya Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena beberapa kasus seperti itu biasanya memang cukup berisiko bagi ibu berusia di atas 35 tahun yang sedang hamil muda. Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah asupan nutrisi yang cukup dan juga berbagi makanan ibu hamil 4 bulan yang memang disarankan. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis faktor penyebab kondisi hamil 4 bulan perut masih kecil.

  1. Plasenta Terganggu

Bagi semua wanita hamil, memang ada beberapa risiko gangguan kehamilan yang bisa terjadi. Salah satunya adalah gangguan plasenta yang bisa terjadi antara sang ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Kondisi ini berkaitan dengan kondisi kesehatan sang ibu, dan biasanya akan menumbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Gejala ini mirip dengan gejala orang yang sedang mengalami gangguan pada organ hati dan orang hipertensi.

  1. Merokok dan Minum Alkohol

Masalah kedua yang bisa mengakibatkan ukuran kehamilan lebih kecil dari orang hamil pada umumnya adalah kebiasaan merokok dan jug minum alkohol. Dua kebiasaan buruk tersebut merupakan dua penyebab yang bisa mengakibatkan ukuran perut kecil saat hamil meskipun usia kehamilannya sudah memungkinkan seseorang memiliki ukuran kehamilan yang cukup besar.

  1. Faktor Genetik

Bukan hanya pola hidup kurang sehat saja yang bisa mengakibatkan kondisi hamil 4 bulan perut masih kecil. Akan tetapi faktor genetik atau keturunan pun ternyata juga berkaitan dengan kondisi perut kecil saat hamil ini. Akan tetapi perlu Anda ketahui juga bahwa kelainan genetik ini bisa dipicu karena adanya gangguan yang terjadi pada ibu hamil.

  1. Usia Ibu

Seperti yang tadi sudah dikatakan dan dibahas bahwa usia iu hamil ternyata juga cukup berpengaruh dan terkait dengan kondisi perut yang kecil ini. Usia sang ibu juga bisa berpengaruh terhadap ukuran kandungannya sendiri. Pada usia kehamilan di bawah 18 bulan dan usia sang ibu lebih dari 35 tahun, risiko kondisi perut yang lebih kecil ini meningkat dua kali lipat. Maka dari itu Anda harus sering dan secara rutin memeriksakan kandungan Anda ke dokter, sehingga jika terjadi suatu hal yang berbahaya maka kandungan Anda akan segera ditangani lebih lanjut.

Apalagi yang menyebabkan kehamilan 4 bulan tapi perut masih kecil? berlanjut ke halaman 2. Baca juga tentang makanan  yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil saat usia kehamilan 4 bulan pada halaman tersebut.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *