invisible hit counter

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Saat Hamil 7 Minggu

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Saat Hamil 7 MingguBagi Anda yang sudah mulai memasuki usia hamil 7 minggu, ada semakin banyak hal yang harus Anda ketahui dan harus Anda pahami. Meskipun janin dan ibunya mengalami perkembangan yang cukup signifikan, namun sebelum melewati trimester pertama kandungan masih sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Pada artikel kali ini kami akan menyampaikan sedikit informasi kepada Anda mengenai apa saja yang terjadi saat usia kehamilan menginjak minggu ke-7. Mulai dari perkembangan janin, perkembangan ibu hamil dan juga beberapa tips yang perlu dilakukan oleh ibu untuk tetap menjaga kesehatan dan perkembangan janin. Namun jika dilihat secara garis besar, pada usia 7 minggu ini janin yang ada di dalam kandungan memang sudah terlihat seperti bayi. Lengan dan kakinya sudah mulai tampak, kelopak mata dan hidungnya pun sudah mulai terbentuk. Lalu apa lagi yang terjadi pada usia kehamilan 7 minggu? Berikut informasi selengkapnya.

Perkembangan Janin dan Ibu Saat Hamil 7 Minggu

Ketika usia kehamilan sudah menginjak minggu ke-7, janin yang ada di dalam kandungan panjangnya bertambah. Pada minggu tersebut panjang janin sudah mencapai 12 mm, kira-kira ukurannya seperti butiran beras. Di dalam tubuhnya sudah mulai terbentuk dan berkembang sistem pencernaan. Selain itu ada juga beberapa jalur pernapasan di sekitar jantung yang mulai terbentuk. Dan seperti yang sudah kami sampaikan tadi, kaki, lengan dan calon jari-jari janin sudah mulai tampak apabila dilihat menggunakan pemeriksaan USG.

Pada janin sudah mulai tumbuh cikal bakal alat kelaminnya, namun meskipun dilihat melalui pemeriksaan USG Anda masih belum bisa mengetahui jenis kelaminnya. Bagian tubuh lain yang terbentuk saat hamil 7 minggu ini adalah lubang hidung. Dan apabila janin dilihat menggunakan USG, wajahnya sudah lebih bisa didefinisikan. Bukan hanya bagian luar saja, karena organ-organ dalam pun juga mulai berkembang secara pesat. Salah satunya sel otak janin yang berkembang hingga 100 sel per menitnya. Dan pada minggu-minggu ke-7, hubungan antara plaesnta dan bayi sudah lebih jelas terlihat.

Itu tadi adalah perkembangan janin yang ada di dalam kandungan saat usianya masih 7 minggu. Lalu apa yang akan terjadi pada sang ibu? Saat kehamilan menginjak minggu ke-7 justru Anda harus lebih berhati-hati dan lebih menjaga kesehatan. Pasalnya rasa mual dan muntah atau morning sickness akan mulai mengganggu Anda dan menyebabkan napsu makan terganggu. Sama seperti gejala pada minggu-minggu awal kehamilan, ibu hamil juga akan lebih sering buang air kecil. Dengan demikian saat hamil 7 minggu, seorang wanita dituntut untuk menjalankan pola hidup sehat. Mulailah menghindari berbagia jenis makanan dan minuman yang dampaknya negatif untuk kesehatan Anda dan si janin.

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan bahwa sampai minggu ke-7 pun ibu hamil tetap mengalami kondisi morning sickness atau mual dan muntah. Dampak kondisi ini biasanya akan berimbas pada aktivitas sehari-hari. Wanita hamil yang sering mual dan muntah bisa menjadi mudah lelah dan lemas. Namun demikian kami punya sedikit tips untuk mengatasi morning sickness saat hamil 7 minggu. Caranya adalah dengan mengisap tetes jeruk nipis atau mengisap permen keras. Dan bagi Anda para pria, sebaiknya Anda lebih sabar dan tenang saat menghadapi pasangan Anda pada usia kehamilan 7 minggu ini.

Setelah Anda mengetahui bagaimana perkembangan janin dan kondisi ibu saat hamil usia 7 minggu, di halaman 2 akan dibahas mengenai tanda-tanda hamil usia 7 minggu yang sehat dan normal.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *