invisible hit counter

Hal-Hal Tentang Batuk Pilek pada Bayi yang Wajib Anda Ketahui

Previous 1 2 3

Pencegahan Batuk Pilek Pada Bayi

Walaupun batuk pilek pada bayi adalah hal yang biasa terjadi pada bayi, orangtua dapat melakukan tindakan yang membantu mencegah bayi mendapatkan penyakit ini. Menjaga kebersihan, mempratikkan gaya hidup sehat, mengenali penyakit alergi anak Anda lebih baik dan meningkatkan sistem imunitas anak adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini. Berikut adalah informasi yang lebih detail mengenai usaha pencegahan batuk pilek pada bayi yang dapat orangtua lakukan:

Menjaga kebersihan tangan bayi dan orangtua (atau pengasuh) selalu bersih. Biasakan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memasak, sebelum memberi bayi makan, setelah keluar dari kamar mandi, setelah bersin atau batuk dan setelah pulang dari tempat umum.

  • Pakai pembersih tangan (hand sanitizer) bila tidak sempat mencuci tangan. Carilah yang mengandung 60% alkohol.
  • Hindari anak dari kontak dengan orang yang sedang terkena infeksi (terutama sedang batuk, pilek dan bersin.
  • Selalu penuhi gizi anak
  • Pastikan anak cukup tidur
  • Vaksinasi: BCG, DTP, PCV, Hib dan Influenza.
  • Kenali dan hindari pencetus allergi (pada kasus alergi)

Meski terkadang batuk pilek pada bayi tidak memerlukan pengobatan dokter yang lebih serius, sebagai orangtua tentunya Anda tidak ingin anak terserang penyakit ini. Kenali apa penyebab batuk pilek yang paling sering pada bayi Anda dan lakukan pencegahan terjadinya penyebab tersebut. Bila tidak didapatkan tanda bahaya batuk pilek pada bayi Anda, cobalah mengobati atau mengurangi gejala batuk pilek pada bayi dengan cara sederhana di atas. Lakukan juga gaya hidup bersih, terutama selalu menjaga kebersihan tangan agar bayi tercegah dari infeksi virus penyebab batuk pilek pada bayi.

Previous 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *