invisible hit counter

Hal-Hal Tentang Batuk Pilek pada Bayi yang Wajib Anda Ketahui

Previous 1 2 3Next
  • Banyak Minum

Dehidrasi adalah masalah kesehatan paling buruk yang dapat menimpa anak, bahkan orang dewasa. Penggunaan energi oleh tubuh saat sakit akan menguras banyak cairan dari tubuh bayi, sehingga memberikan cairan yang cukup pada bayi merupakan tugas orangtua yang paling penting. Manfaat lain dari pemberian cairan yang cukup adalah dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat hidung dan tenggorokan bayi. Perlu diingat untuk tidak memberikan air putih kepada bayi di bawah 6 bulan. Berikanlah ASI pada bayi kurang dari 6 tahun.

  • Lembapkan Udara

Melembapkan udara dapat membantu meringankan gejala batuk pilek pada bayi. Udara yang lembap akan membantu memecah atau mengencerkan lendir kental yang menyumbat hidung serta tenggorokan sehingga dapat membantu bayi bernafas dengan lebih mudah. Untuk melembapkan udara, terdapat 2 pilihan metode yang dapat Anda lakukan, yaitu humidifier (alat pelembap udara) dan menggunakan air panas.

Bila mempunyai humidifier, biarkan alat menyala di kamar bayi di saat ia tidur atau bermain. Cara memanfaatkan air panas untuk melembapkan udara ialah dengan mandi menggunakan air panas. Cara lainnya, sediakan 1 baskom atau ember air panas, biarkan uapnya mengepul di udara. Pastikan pintu ruangan yang terdapat baskom air panas tertutup rapat. Setelah ruangan dipenuhi uap, bawa bayi Anda ke ruangan tersebut untuk menghirup uapnya.

  • Vapor Rubs / Vaporub

Mengoleskan vaporub atau balsam atau minyak kayu putih pada bayi Anda akan membuat bayi bernafas lebih lega dan nyaman ketika terserang batuk dan pilek. Caranya mudah, oleskan vaporub, minyak kayu putih atau balsam pada leher, dada dan pundak bayi Anda. Perlu diingat untuk membaca keamanan produk yang Anda pakai dan disarankan menggunakan produk yang aman bagi bayi. Pilihlah produk yang mengandung eucalyptus, karena bahan tersebut aman bagi anak di bawah 2 tahun dan membantu bayi bernafas lebih lega.

  • Saline Drops & Bulb Syringe (Penyedot Ingus)

Perangkat pengeluar lendir dari hidung ini memang belum terlalu umum untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia. Meski begitu, saline drops dan bulb syringe merupakan alat yang cukup berguna untuk membantu mengeluarkan ingus dari hidung bayi, terutama karena bayi sulit mengeluarkan ingusnya secara mandiri. Saline drops dapat dibeli di toko alat kesehatan, atau dikenal juga dengan istilah larutan NaCl. Caranya mudah , teteskan 2-3 tetes saline drops di lubang hidung anak dengan kepala tengadah, lalu ambil menggunakan bul syringe setelah dibiarkan selama 30 detik.

  • Sop Ayam

Makanan dengan kuah yang hangat akan membantu melegakan saluran pernapasan anak Anda. Selain itu, kaldu ayam terbukti dapat membantumeringankan gejala flu seperti nyeri badan, kelelahan, hidung tersumbat dan demam. Selain sop hangat, Anda juga dapat memberikan teh, jus apel, susu dan semua minuman kesukaan anak Anda yang disajikan dengan hangat. Ingat untuk hanya memberikan terapi ini pada bayi di atas 6 bulan.

Tanda Bahaya Batuk Pilek Pada Bayi

Meski batuk pilek pada bayi lebih sering diakibatkan oleh infeksi virus yang pada umumnya tidak memerlukan pengobatan dokter, Anda tetap harus mewaspadai penyebab yang lebih serius. Penyakit seperti asma, pneumonia (radang paru), difteri dan bronchiolitis (radang saluran napas akhir) adalah contoh penyebab batuk pilek pada bayi yang serius. Kenali tanda-tanda bahaya batuk pilek pada bayi dan jangan ragu untuk membawa anak ke dokter untuk mendapatkan terapi yang optimal. Berikut adalah tanda yang perlu orangtua waspadai:

  • Batuk pilek pada bayi Anda tidak sembuh atau membaik dalam 1 minggu
  • Demam lebih dari 38˚C
  • Sesak napas, sulit bernapas
  • Hidung terlihat kembang kempis ketika bernapas
  • Bibir atau daerah mulut berubah menjadi kebiruan
  • Batuk seperti menggonggong
  • Mengeluarkan bunyi mengi saat mengeluarkan napas
  • Muntah terus menerus
  • Tidak mau minum, anak rewel, tidak keluar air mata saat menangis
  • Anak terlihat mengantuk dan tidak responsif ketika diajak mengobrol
  • Anak mengeluh ada sakit pada telinganya

Artikel yang membahas batuk dan pilek pada bayi ini berlanjut ke halaman berikutnya (terakhir).

Previous 1 2 3Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *