invisible hit counter

Hal-Hal Tentang Batuk Pilek pada Bayi yang Wajib Anda Ketahui

Hal-Hal Tentang Batuk Pilek pada Bayi yang Wajib Anda KetahuiBatuk pilek pada bayi merupakan masalah kesehatan yang sangat sering terjadi. Data statistik mengatakan bahwa bayi dapat terkena batuk dan pilek sampai 9 kali pertahunnya. Batuk pilek pada bayi dapat mengurangi angka produktivitas ibu dan ayah karena harus memperhatikan kesehatan anak dengan lebih ketat. Batuk pilek pada bayi juga tidak jarang membuat ibu panik dan segera berlari ke ruang instalasi gawat darurat.

Banyak sekali macam penyakit yang dapat menyebabkan batuk pilek pada bayi, mulai dari penyakit yang tidak membutuhkan pertolongan dokter hingga penyakit yang mutlak harus dirawat di rumah sakit. Selain itu, dengan membaca artikel ini, orangtua pun mengetahui apa pertolongan pertama yang dapat mereka berikan pada anak bila terserang batuk pilek, mengenali tanda bahaya batuk pilek pada bayi serta mengetahui apa sajakah usaha pencegahan yang dapat orangtua lakukan.

Penyebab Paling Sering Batuk Pilek Pada Bayi

Penyakit batuk pilek pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Hal paling umum yang menyebabkan batuk pada bayi adalah penyakit infeksi, diikuti oleh reaksi alergi, asma dan yang paling jarang adalah masuknya suatu benda ke saluran pernafasan bayi. Penyebab yang berbeda dari batuk pilek pada bayi tentunya membuat penanganan yang berbeda pula untuk setiap kasus.

Infeksi merupakan penyebab tersering batuk pilek pada bayi. Infeksi merupakan masuknya suatu mikroorganisme atau kuman dalam bentuk virus, bakteri atau jamur ke dalam tubuh bayi. Penyakit batuk pilek paling sering disebabkan oleh infeksi virus barulah bakteri. Proses infeksi dapat melibatkan semua bagian dari saluran pernafasan bayi, mulai dari hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Terkadang, infeksi virus tidak membutuhkan penanganan yang serius, namun infeksi yang mengenai paru dan infeksi dari jenis virus tertentu adalah kondisi serius yang membutuhkan pertolongan dokter.

Alergi merupakan penyebab tersering nomor 2 dari batuk pilek pada bayi. Beberapa benda yang sering menyebabkan alergi sehingga menimbulkan batuk pilek pada bayi adalah debu rumah, bulu binatang, produk sabun atau shampoo atau detergen serta udara dingin. Asma merupakan suatu bentuk penyakit alergi yang sudah mencapai tahap serius. Selain memberikan gejala batuk pilek, asma biasanya akan memberikan gejala sesak nafas, suara mengi hingga demam. Sama seperti alergi, asma juga disebabkan oleh hal yang sering menimbulkan alergi pada bayi dan tidak jarang asma juga sering muncul bila bayi terinfeksi kuman.

Pertolongan Pertama Batuk Pilek Pada Bayi

Orangtua yang melihat batuk pilek pada bayi mereka pastilah khawatir mengenai keadaan anaknya, dan sering bertanya-tanya apa pengobatan yang dapat mereka berikan bagi anak mereka. Satu hal yang harus diketahui orangtua, pengobatan batuk pilek pada bayi yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya hanya memerlukan istirahat yang cukup dan tidak memerlukan intervensi antibiotik. Penyakit karena infeksi virus biasanya akan sembuh sendiri dengan syarat imunitas bayi baik, bayi mendapatkan istirahat, nutrisi dan asupan air yang cukup.

Pengobatan batuk pilek pada bayi yang disebabkan alergi ialah mengenali hal apa yang membuat bayi alergi dan menghindari pencetusnya. Selain itu, hal lain yang dapat orangtua lakukan untuk memberi pertolongan pertama bagi bayi mereka yang mengalami batuk atau pilek adalah mengurangi dan mengatasi gejala yang mengganggu. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat orangtua lakukan untuk mencoba mengatasi batuk pilek pada bayi:

  • Istirahat yang Cukup

Tenaga dan energi adalah hal yang sangat essensial untuk melawan infeksi pada tubuh kita. Beristirahat yang cukup akan membantu tubuh menghemat energi dan menggunakan energi tersebut untuk melawan kuman yang sedang menjangkiti tubuh kita. Jadi, biarkan bayi Anda tidur sebanyak yang ia mau. Jangan ajak bayi bermain atau berbicara. Hindari pula meletakkan mainan seperti boneka atau mainan plastik di ranjang bayi, karena hal tersebut akan membuat bayi terjaga.

Artikel yang membahas batuk dan pilek pada bayi ini berlanjut ke halaman 2.

1 2 3Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *