invisible hit counter

Hal Apa Saja yang Perlu Diketahui oleh Ibu Hamil Muda?

Hal Apa Saja yang Perlu Diketahui oleh Ibu Hamil Muda?Memasuki masa kehamilan biasanya akan membuat ibu hamil muda menjadi bingung dan khawatir. Selain perasaan senang akan hadirnya momongan dalam keluarga, ibu hamil muda juga biasanya akan cemas dengan perubaha yang terjadi, cemas dengan persiapan apa saja yang harus ibu lakukan dan bingung bagaimana cara menangani semua hal tersebut. Apalagi bila kehamilan tersebut merupakan pengalaman pertama. Ikuti artikel ini untuk mengetahui apa saja perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil muda, hal yang sebaiknya dilakukan ibu hamil muda dan cara mengatasi perubahan yang dialami oleh ibu hamil muda.

Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil Muda

Ibu hamil muda akan mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya di periode trimester I. Karena perubahan yang terjadi adalah peralihan dari keadaan tidak hamil ke keadaan hamil, maka ibu hamil muda akan merasakan perubahan yang cukup drastis. Mulai dari sensasi mual, muntah yang menjadi rutinitas sehari-hari sampai rasa mudah lelah dan perubahan mood yang kerap kali sulit dihindari. Namun tidak berarti bahwa semua ibu hamil muda akan mengalami dan merasakan perubahan tersebut mengingat sealu ada variasi dalam tiap individu. Berikut adalah beberapa perubahan yang sering terjadi pada ibu hamil muda:

  • Perdarahan

Sekitar 25% ibu hamil muda akan mengalami sedikit perdarahan pada trimester pertama. Pada ibu hamil muda keluarnya sedikit darah dapat menandakan terjadinya implantasi atau menempelnya embrio di dinding rahim. Namun, ibu hamil muda harus waspada bila terjadi perdarahan dalam jumlah yang banyak disertai rasa nyeri pada perutnya karena dapat menjadi tanda keguguran atau kehamilan di luar rahim.

  • Payudara yang Membesar

Banyak ibu hamil muda yang mengira perutnya akan mulai membesar bila ia hamil. Kenyataannya, pada trimester I, perubahan tubuh yang cukup signifikan adaah payudara yang membesar. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon yang mempersiapkan ibu untuk masa menyusui. Pembesaran payudara ini biasanya diikuti oleh rasa nyeri. Maka ibu hamil muda disarankan untuk mempersiapkan bra yang di desain khusus untuk masa kehamilan agar payudara terasa lebih nyaman.

  • Konstipasi

Pada masa kehamilan, pergerakan otot usus akan lebih lambat dari waktu sebelum hamil. Hal ini disebabkan karena banyaknya hormon progesteron yang mempunyai efek menurunkan kontraksi atau pergerakan otot pada dinding usus. Belum lagi nutrisi zat besi yang harus ibu hamil muda konsumsi akan menambah kemungkinan ibu terkena konstipasi. Pastikan ibu hamil muda mengkonsumsi serat dan air dalam jumlah yang cukup.

  • Keputihan

Keluarnya cairan yang berwarna putih susu dan agak kental merupakan hal yang normal bagi ibu hamil muda. Pakailah produk panty liner bila membuat Anda lebih nyaman. Namun penggunaan panty liner harus sering diganti karena kondisi lembap yang lama dapat menimbulkan infeksi pada organ intim Anda. Bila keputihan berwarna hijau atau kuning dan memberikan bau tidak sedap, segeral konsultasi ke dokter kandungan Anda.

  • Mual Muntah dan Morning Sickness

Gejala paling terkenal yang terjadi pada ibu hamil muda adalah mual, muntah atau morning sickness. Gejala kehamilan ini terjadi pada 85% ibu hamil muda. Morning sickness terjadi karena perubahan hormon pada kehamilan dan dapat berlangsung sampai ibu hendak memasuki trimester ke II. Biasanya ibu hamil muda akan merasa mual setiap pagi, bahkan muntah setiap hari. Untuk mengatasinya, cobalah makan dalam porsi yang lebih kecil, konsumsi makanan dengan rasa yang tidak terlalu menyengat, minum air putih atau minum air yang asam seperti jus apel. Bila muntah terjadi berlebihan dan sampai Anda tidak sanggup makan, konsultasikan hal ini ke dokter kandungan Anda.

Artikel yang membahas tentang ibu hamil muda ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2 3Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *