invisible hit counter

Diet Menurut Golongan Darah sebagai Cara Diet Alternatif

Diet Menurut Golongan Darah sebagai Cara Diet AlternatifAnda mungkin pernah mendengar istilah diet menurut golongan darah. Memang diet ini masih menimbulkan kontroversi di antara pakar nutrisi dan kesehatan, namun sampai saat ini banyak orang yang sudah menerapkannya dan dikatakan cukup efektif untuk program diet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk meningkatkan kebugaran. Teori tentang diet berdasarkan golongan darah ini pertama kali dikembangkan oleh Peter d’Adamo, seorang dokter ahli naturopati. Peter mengembangkan sebuah teori bahwa setiap golongan darah mempunyai karakteristik berbeda yang berpengaruh kuat terhadap sistem pencernaan. Dia mempunyai argumen bahwa setiap golongan darah mencerna lektin (unsur protein) yang berbeda pula.

Menurut Peter, Apabila kandungan lektin dalam suatu makanan tidak sesuai dengan unsur dalam golongan darah maka dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh, seperti memicu peradangan, metabolisme tidak lancar, perut kembung, memicu timbulnya kanker, maupun berbagai macam penyakit yang merugikan. Unsur utama dalam diet menurut golongan darah ini menekankan pada 3 jenis makanan, yaitu jenis makanan yang bermanfaat, makanan yang bersifat netral, dan makanan yang harus dihindari.

Makanan yang bermanfaat merupakan jenis makanan yang berkhasiat sebagai obat (bersifat menyembuhkan). Makanan netral merupakan jenis makanan asupan untuk tubuh yang boleh dikonsumsi (tidak berdampak buruk), sedangkan makanan yang harus hindari merupakan makanan yang dipantang karena dianggap bersifat racun. Selain mengatur berbagai menu makanan, diet menurut golongan darah ini juga menyarankan berbagai olahraga yang cocok untuk setiap golongan darah sehingga membuahkan hasil yang optimal untuk menciptakan kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh.

Panduan Menyusun Menu Diet Menurut Golongan darah

Sebagaimana kita ketahui, bahwa golongan darah manusia terdiri dari golongan darah A, B, AB, dan O. Berdasarkan pengaturan diet menurut golongan darah, setiap golongan darah tersebut mempunyai unsur yang berbeda sehingga memerlukan asupan yang berbeda pula dalam hal makanan yang dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya menu makanan bagi masing-masing golongan darah adalah sebagai berikut:

  1. Golongan darah A

Diet menurut golongan darah A, pada intinya adalah menitikberatkan pada pola makan yang mengkonsumsi sedikit daging (rendah lemak) atau dapat dikatakan lebih cocok untuk menjadi seorang vegetarian. Tetapi ada beberapa jenis protein hewani yang boleh dikonsumsi terutama dari beberapa jenis ikan. Menu makanan yang bermanfaat untuk golongan darah A, antara lain yaitu wortel, brokoli, tahu, tempe, bayam, kacang tanah, buncis, tepung beras, minyak zaitun, nanas, mangga, pisang, jeruk lemon, jeruk nipis, susu kedelai, ikan mas, dan ikan sarden.

Makanan yang bersifat netral antara lain roti gandum, kacang kapri, jagung, labu, biji wijen, talas, anggur, mentimun, blewah, buah pir, buah delima, stroberi, kesemek, jambu biji, tepung tapioka, ikan tuna, telur puyuh, dan telur ayam.

Makanan yang harus dihindari yaitu gurita, kepiting, cumi-cumi, udang, susu sapi, mentega, daging sapi, daging kambing, daging ayam, bebek, angsa, kelinci, kerbau, domba, lobster, belut, kodok, keju, mentega, es krim, dan minuman bersoda. Olahraga yang cocok untuk golongan darah A yaitu olahraga ringan yang bersifat menenangkan, seperti golf, yoga, taichi, bowling, dan jalan santai.

  1. Golongan darah B

Diet menurut golongan darah B lebih menekankan pada konsumsi sayuran hijau yang dipadukan dengan produk hewani (selain unggas). Makanan yang bermanfaat untuk golongan darah B antara lain yaitu bayam, kangkung, daun singkong, daun katuk, sawi, daun pepaya, brokoli, teh hijau, terong, kembang kol, wortel, ubi, tepung beras, daging sapi, daging kambing, kelinci, domba, susu sapi, keju, dan ikan laut. Makanan yang bersifat netral antara lain yaitu jeruk, buah pir, kacang merah, buncis, jambu biji, telur ayam, mangga, melon, jambu biji, kurma, mentimun, labu, kentang, mentega, dan ikan air tawar.

Bersambung ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *