invisible hit counter

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu HamilTerkadang sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Beberapa makanan yang akan dibahas selanjutnya memang memiliki kandungan gizi dan juga kandungan yang dapat membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan, juga mengganggu tumbuh dan kembang sang janin. Bagi seorang wanita hamil selain memikirkan asupan makanan yang sehat untuk sang buah hati, beberapa pantangan makanan ibu hamil di bawah ini juga perlu diperhatikan. Apalagi sejumlah makanan yang akan dibahas di bawah ini merupakan makanan-makanan yang rasanya nikmat dan bahkan terlihat sangat menarik perhatian. Untuk itu di dalam artikel ini kita akan memberikan sejumlah informasi mengenai makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil dan juga makanan-makanan yang baik bagi kesehatan seorang wanita hamil.

Apa Saja Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil?

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil di bawah ini berawal dari mitos pada adat dan budaya masyarakat. Namun pantangan makanan yang banyak dibicarakan masyarakat ini bukanlah tanpa alasan. Sejumlah makanan di bawah ini telah diketahui mampu menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Untuk itu mari kita simak pembahasan berikut ini!

1. Buah nanas

Buah nanas memang memiliki banyak kandungan zat gizi seperti vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Tidak hanya itu, kandungan kalsium, magnesium, juga zat besi di dalam buah ini sangat baik bagi kesehatan. Akan tetapi kandungan zat gizi pada buah nanas disertai dengan suatu ekstrak protein yang disebut Bromelain.

Bromelain dapat menyebabkan kontraksi rahim sebelum waktunya dan juga menyebabkan kelemahan pada leher rahim sehingga bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Namun efek Bromelain tidak hanya itu, di dalam dunia kesehatan ekstrak ini banyak digunakan untuk mengoptimalkan proses pencernaan dan sebagai anti radang yang baik bagi tubuh.

2. Sayuran mentah

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil berikutnya adalah sayur-sayuran mentah. Bagi ibu yang suka mengkonsumsi lalapan tentu saja hal ini menjadi masalah berarti. Sebenarnya larangan terhadap berbagai bentuk makanan sayuran mentah ini dilakukan, karena bahan mentah yang tidak dimasak sangat mudah terkontaminasi kuman.

Untuk itu jika ibu menyukai makanan-makanan mentah seperti gado-gado, karedok dan lalapan lainnya, anda sebenarnya boleh  mengkonsumsinya jika ibu yakin dengan kebersihannya. Selain itu, ibu juga bisa mengganti sayuran mentah pada makanan ini dengan sayuran rebus guna memastikan tidak adanya kontaminasi kuman pada makanan anda.

3. Sumber protein setengah matang

Sama seperti pada pembahasan sayuran di atas, berbagai sumber protein yang tidak matang juga masuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, beberapa sumber protein seperti daging-dagingan, ikan dan juga telur seringkali diolah setengah matang bahkan mentah seperti pada beberapa produk sushi. Makanan-makanan yang diolah setengah matang ini memang akan memberikan sensasi rasa yang disukai oleh sejumlah orang.

Bagi wanita hamil, menghindari makanan yang tidak matang dilakukan guna memastikan tidak ada bakteri ataupun virus yang masuk ke dalam tubuh sang ibu demi keselamatan sang buah hati. Di dalam berbagai produk makanan yang tidak diolah dengan matang, seringkali masih ditemukan bakteri seperti bakteri Salmonella yang ditemukan pada telur mentah atau setengah matang. Beberapa bakteri dan virus juga ditemukan di dalam produk ikan dan daging yang tidak matang.

4. Kafein

Berikutnya adalah berbagai produk kafein yang banyak dikonsumsi oleh kita semua seperti pada teh dan kopi. Kafein adalah salah satu zat stimulus yang bisa meningkatkan denyut jantung serta tekanan darah. Konsumsi berlebih makanan berkafein tinggi saat sedang hamil dapat menghambat penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan dan mengganggu pertumbuhan janin karena efek peningkatan tekanan darah anda. Selain itu kafein juga diketahui dapat menembus plasenta dan masuk ke dalam aliran darah bayi anda dan hal ini tidak baik bagi perkembangan mereka.

5. Rokok

Rokok memang bukan merupakan salah satu produk makanan namun sangat berbahaya bagi perkembangan sang buah hati di dalam kandungan. Saat ini banyak sekali wanita yang kita lihat merokok, namun bagi wanita yang ingin memiliki anak dan juga sedang mengandung merokok bukanlah gaya hidup yang baik. Merokok akan menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada janin di dalam kandungan, yang berujung pada lahirnya anak yang cacat baik fisik maupun mental.

Lalu, Bagaimana dengan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?

Setelah membahas mengenai apa saja makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil, sekarang kita akan sedikit membahas makanan yang sehat bagi kehamilan anda. Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung gizi yang seimbang baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Jika dilihat dari segi jumlah, setiap wanita hamil dalam kehamilannya membutuhkan kalori sebanyak 2000 kalori per hari yang didapatkan dari setiap makanan yang dikonsumsinya.

Jumlah yang ditentukan ini kemudian dibagi berdasarkan kandungan dalam setiap makanannya. Dari total 2000 kalori seorang wanita hamil membutuhkan 10-15% protein, 30-35% kalori dari lemak dan 50-60% kalori yang berasal dari karbohidrat. Total kalori ini pada 3 bulan terakhir kehamilan harus ditingkatkan sebanyak 2200 kalori guna mempersiapkan kondisi fisik ibu dan juga bayi bagi proses persalinan.

Untuk jenis makanan yang harus dikonsumsi, setiap wanita hamil dibebaskan untuk mengkonsumsi jenis makanan sesuai dengan keinginan. Namun anda harus memperhatikan kebersihan dan juga pengolahan makanan-makanan tersebut. Pertama, mengenai sumber karbohidrat seperti nasi putih, nasi merah, kentang, umbi-umbian dan roti. Anda bisa memilih sumber karbohidrat yang anda inginkan dengan pengolahan yang bersih.

Untuk sumber protein dan lemak seperti daging-dagingan, berbagai jenis ikan maupun telur anda dapat mengkonsumsinya setiap hari dengan pengolahan yang juga harus bersih dan matang. Seperti kita kita ketahui beberapa jenis ikan seperti ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang tinggi dan baik bagi kehamilan. Selain sumber protein hewani anda juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan, sayur-sayuran dan juga kacang-kacangan setiap hari sebagai sumber nutrisi bagi kandungan anda.

Selain itu, wanita hamil juga perlu mengkonsumsi susu guna mengoptimalkan pertumbuhan jaringan tulang dan gigi pada bayi karena kandungan kalsiumnya. Konsumsi air putih yang cukup juga penting bagi wanita hamil, untuk itu minumlah minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

Setelah tadi kita melihat apa saja daftar makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil dan juga makanan yang sehat bagi wanita hamil, anda diharapkan untuk bijak dalam memilih setiap asupan nutrisi bagi tumbuh kembang sang buah hati. Jika anda masih ragu dan bingung dalam memilih menu makanan selama hamil, anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau ahli gizi guna mendapatkan solusinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *