invisible hit counter

Daftar Makanan untuk Darah Rendah yang Perlu Anda Coba

Previous 1 2
  • Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

Tekanan darah akan turun sehabis Anda makan karbohidrat terutama dalam jumlah yang banyak. Biasanya penderita akan merasa pusing dan gelap setelah menghabiskan menu makanan beratnya. Untuk mengatasi ini, ubahlah gaya hidup Anda dengan makan makanan dalam porsi atau jumlah yang kecil namun sering. Ini akan menjaga tekanan darah Anda tetap stabil dan tidak turun drastis sehabis makan.

  • Makanan atau Minuman Berkafein

Kafein mempunyai peran terhadap tekanan darah, yaitu dapat menaikkan tekanan darah dalam waktu singkat. Bila tubuh Anda kuat terhadap efek kafein, makanan untuk darah rendah lainnya yang dapat Anda konsumsi ialah makanan atau minuman yang mengandung kafein. Secangkir kopi atau segelas teh dapat menjadi minuman tambahan Anda sehari-hari. Selain itu, cokelat juga mengandung kadar kafein yang dapat membantu menjaga tekanan darah Anda.

Daftar Pantangan Makanan Untuk Penderita Darah Rendah

Selain makanan yang harus Anda perbanyak, ternyata ada juga pantangan makanan untuk penderita darah rendah.

  • Kafein Pada Malam Hari

Memang, kafein dapat menjaga tekanan darah Anda. Namun, pemilihan waktu konsumsi kafein juga ternyata berpengaruh dalam upaya menaikkan tekanan darah. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein pada malam hari. Mengapa? Kafein mempunyai efek yang membuat tubuh ingin selalu kencing atau beser. Hal inilah yang menyebabkan kafein dapat menyebabkan penurunan tekanan darah pada pagi hari bila dikonsumsi malam hari. Batasi konsumsi kafein pada pagi dan siang hari dan hindari konsumsi zat ini pada sore dan malam hari.

  • Alkohol

Konsumsi alkohol dalam makanan atau minuman yang cukup banyak juga dapat menurunkan tekanan darah. Pasalnya alkohol akan membuat tubuh dalam keadaan dehidrasi atau kekurangan cairan yang dapat menyebabkan skala tekanan darah menurun.

  • Karbohidrat

Tentu saja Anda masih boleh mengkonsumsi nasi atau mie. Namun disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat dalam porsi besar. Konsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang besar dalam satu waktu akan dengan cepat menurunkan tekanan darah. Contoh makanan berkarbohidrat adalah nasi, pasta, mie dan terigu. Bila ingin konsumsi karbohidrat dalam jumlah besar, beralihlah ke sayuran dan buah-buahan yang tidak akan mempengaruhi tekanan darah Anda setelah mengkonsumsinya.

Selain mengkkonsumsi makanan untuk darah rendah dan memantang pantangan makanan untuk penderita darah rendah, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penurunan tekanan darah yang drastis.

Hal pertama ialah tidak berubah posisi dalam waktu yang cepat. Duduklah sebentar bila Anda hendak berdiri dari posisi berbaring. Bila Anda ingin berdiri dari posisi duduk, lakukanlah perlahan dan jangan berjalan dahulu agar tekanan darah Anda dapat menyesuaikan dengan perubahan posisi Anda. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah jangan mandi dengan air yang terlalu panas. Suhu air dan udara yang terlalu panas dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang cukup drastis. Hal terakhir yang dapat Anda lakukan ialah memiliki kebiasaan olahraga teratur. Dengan olahraga teratur, Anda akan melatih jantung Anda agar memiliki fungsi yang lebih baik.

Demikianlah artikel pembahasan mengenai makanan untuk darah rendah ini. Semoga dengan mengikuti saran di atas, gejala darah rendah dan tekanan darah Anda dapat naik ke batas normal sehingga hidup Anda semakin sehat dan selalu dalam keadaan optimal.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *