invisible hit counter

Daftar Makanan Pantangan Asam Urat yang Perlu Dihindari

Previous 1 2
  • Alkohol

Alkohol dalam bentuk apapun sebaiknya dihindari. Misalnya minuman beralkohol, rum atau makanan fermentasi yang mengandung alkohol. Terutama hindari minuman beralkohol. Metabolisme alkohol yang Anda konsumsi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga dapat memicu terjadinya serangan asam urat.

  • Ragi dan Makanan yang Mengandung Ragi

Makanan pantangan asam urat lainnya ialah makanan yang mengandung ragi. Ragi dibutuhkan untuk pembuatan makanan seperti kue dan roti. Cukup mengejutkan memang bahwa makanan dengan ragi ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi dan sebaiknya dihindari. Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan kadar ragi dalam menu makanan penderita asam urat ternyata menyebabkan serangan yang lebih jarang dan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Kini, mari kita lihat makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sedang. Karena makanan di kategori ini tidak terlalu banyak mengandung asam urat, tidaklah apa-apa mengkonsumsi makanan ini sekali-sekali.

  • Semua Jenis Daging

Daging merah atau pun putih ternyata mengandung kadar asam urat juga. Terutama, asam urat didapatkan dalam kadar yang lebih tinggi di daging merah. Namun karena kandungannya yang tidak terlalu banyak, sesekali menikmati daging merah seperti daging sapi bukanlah masalah besar.

  • Semua Makanan Laut

Makanan laut memang terkenal mengandung banyak kandungan asam urat. Namun, beberapa makanan laut ternyata hanya mengandung kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Jangan lupa menghindari ikan dan kerang yang telah disebutkan di atas karena mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi.

  • Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau seperti kangkung dan bayam serta sayuran lain seperti kacang-kacangan dan jamur memang meiliki kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Namun, jenis makanan ini menjadi kontroversi karena meski banyak dikatakan sering menyebabkan serangan asam urat, banyak penelitian yang mengatakan bahwa sayuran tidaklah memicu serangan asam urat. Malah, sayuran disarankan sebagai makanan yang baik bagi penderita asam urat karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara Mengatasi Asam Urat Lainnya yang Harus Anda Lakukan

Selain menghindari makanan pantangan asam urat, salah satu cara mengatasi asam urat yang sangat disarankan adalah memodifikasi gaya hidup. Ternyata, penyakit asam urat sangat erat hubungannya dengan penyakit darah tinggi dan kegemukan. Mengobati penyakit darah tinggi dengan olahraga dan mengurangi makanan bergaram juga penting dilakukan karena penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi yang berkurang dapat pula mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Orang dengan asam urat yang tinggi juga disarankan mengkonsumsi karbohidrat kompleks dalam jumlah yang lebih banyak, seperti buah dan sayuran. Penderita asam urat haruslah mengurangi asupan gula sederhana seperti kue, permen, minuman manis dan hidangan manis lainnya. Mengurangi berat badan hingga tercapai berat badan yang ideal juga dapat membantu mengurangi derajat keparahan penyakit ini.

Bagaimana, setelah Anda membaca artikel ini kini pertanyaan Anda mengapa Anda sering mengalami serangan asam urat atau mengapa kadar asam urat dalam darah tidak kunjung turun akhirnya terjawab bukan? Janganlah ragu mengkonsumsi sayuran hijau karena kandungan asam uratnya yang tidak terlalu tinggi dan jarang memicu serangan asam urat. Jangan lupa juga untuk minum air dalam jumlah yang banyak karena dapat mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat. Selamat hidup sehat!

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *