invisible hit counter

Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Bagaimana Cara Menurunkannya

Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Bagaimana Cara MenurunkannyaJika Anda tidak mau berisiko mengalami berbagai penyakit karena kolesterol, maka artinya Anda harus mewaspadai ciri ciri kolesterol tinggi sejak dini. Gangguan kesehatan yang biasanya dialami oleh orang dewasa ataupun lansia ini adalah sebuah gangguan kesehatan yang banyak berisiko untuk menimbulkan terjadinya penyakit lain yang lebih kronis. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi siapapun karena penyeab kolesterol tinggi pun biasanya sangat sepele namun sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Namun demikian bukan berarti remaja atau orang yang usianya masih muda tidak berisiko mengalami kolesterol tinggi, ya. Oleh karena itu sudah sepatutnya masyarakat mengetahui sejak dini apa saja penyebab kolesterol tinggi dan juga apa saja gejalanya. So, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Kolesterol Tinggi yang Biasa Terjadi

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan bahwa kolseterol tinggi adalah sebuah gangguan kesehatan di mana bisa disebabkan oleh hal-hal sederhana dan sepele. Namun demikian jika hal-hal sepele tersebut tidak diperhatikan, maka tentunya akan berpengaruh bagi kesehatan. Bahkan apabila Anda sudah merasa mengalami ciri ciri kolesterol tinggi namun Anda tetap membandel melakukan kebiasaan-kebiasaan pemicu kolesterol, maka risiko Anda terkena penyakit kronis pun semakin meningkat.

Penyebab kolesterol yang paling sering terjadi adalah karena makanan sehari-hari yang Anda konsumsi. Contohnya adalah makanan-makanan berlemak yang berasal dari beberapa jenis daging seperti daging kambing misalnya. Namun ada juga sumer lemak lain yaitu lemak nabati yang berasal dari makanan seperti santan atau minyak kelapa. Maka dari itu untuk menjaga kondisi kesehatan Anda, tentu saja Anda harus menjaga makanan yang Anda konsumsi. Pastikan agar makanan yang Anda konsumsi tidak mengandung terlalu banyak lemak jenuh. Kalaupun mengandung lemak jenuh, batasi konsumsinya dalam sehari.

Selain faktor makanan, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena berat badan berlebih. Berat badan berlebih ternyata tidak akan memberikan dampak untuk faktor kepercayaan diri saja. Akan tetapi kegemukan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena saat terjadinya kelebihan berat badan, justru HDL atau kolesterol baik jumlahnya akan menurun. Maka dari itu Anda harus melakukan beberapa cara menurunkan kolesterol jahat supaya kesehatan Anda kembali seperti semula.

Timbulnya berat badan berlebih ini biasanya diakibatkan oleh kurangnya aktivitas berolahraga. Atau di masa sekarang diistilahkan dengan “mager” alias malas gerak. Malas bergerak ternyata bisa membuat jumlah LDL atau kolseterol jahat meningkat. Sedangkan jumlah HDL atau kolesterol baik justru akan menurun. Maka dari itu coalah untuk lebih sering melakukan aktivitas-aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau minimal membersihkan rumah. Hanya duduk dan tidur ternyata bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Ciri Ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa penyebab kolesterol tinggi seperti yang tadi sudah kami jelaskan, maka sebaiknya Anda juga memahami bagaimana ciri-ciri atau gejala gangguan kesehatan yang satu ini. Tujuannya tentu saja untuk membuat Anda lebih waspada dan bisa mengambil langkah cepat supaya kolesterol tinggi Anda bisa segera diturunkan kadarnya. Pada umumnya seorang penderita kolesterol tinggi akan mengalami rasa berat di bagian tengkuk dan rasa pegal di bagian pundaknya. Hal ini diakibatkan karena terjadinya hambatan suplai darah serta oksigen pada bagian yang terasa sakit tersebut. Penyumbatan ini bisa terjadi karena terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah.

Tingkat kolesterol dalam tubuh yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya. Gejala kolesterol tinggi seringkali tidak terlalu terlihat, namun bisa saja tiba-tiba kondisinya menjadi parah. Artikel ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *