invisible hit counter

Checklist Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

Checklist Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus DibeliKebahagiaan dari mendapatkan buah hati harus pula diiringi oleh persiapan merawat dan membesarkannya dengan kesungguhan hati, termasuk menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Pasti bahagia sekali rasanya menunggu kehadiran bayi Anda di tengah-tengah keluarga. Namun di satu sisi, banyak pula Ibu, terutama yang sedang menantikan anak pertama, yang kadang bingung mengenai persiapan apa yang harus ia lakukan supaya dapat merawat bayi mereka dengan benar.

Sebenarnya, bayi sama saja dengan orang dewasa, membutuhkan makanan, pakaian, tempat tinggal yang nyaman, dan lain-lainnya lagi. Perbedaannya, bayi merupakan manusia kecil yang rapuh dan membutuhkan perhatian lebih untuk menjaga kesehatannya. Bayi juga memiliki kebutuhan makan yang berbeda. Untuk mengatasi rasa cemas Ibu, kami membantu menyajikan daftar engenai apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan para Ibu demi menyambut kedatangannya di dunia ini.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli dan Disiapkan Para Ibu

Mengingat banyaknya produk yang didesain khusus untuk bayi, Ibu biasanya menjadi bingung dan ujung-ujungnya tidak membeli produk-produk yang tepat untuk buah hati mereka. Mulai dari jenis produk mana yang essensial, hingga berapa jumlah produk yang harus dibeli untuk bayi mereka. Kami telah meyiapkan checklist garis besar apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli beserta sedikit tips memilih produk manakah yang paling baik untuk dibeli:

  • Baju Bayi

Tentunya perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli dan dimiliki para Ibu yang penting dan wajib dipunyai adalah pakaian untuk bayi Anda. Minimal, sediakan 8 pasang kaus bayi dan celana bayi. Bila mau, Anda juga dapat memilih baju satu potong yang sudah merangkap kaus dan celana untuk bayi Anda. Baju ini akan dipakai oleh bayi Anda dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. Siapkan baju dengan lengan panjang dan pendek sehingga dapat digunakan dalam tiap kondisi. Satu hal tambahan yang harus diperhatiakn dalam meilih pakaian bayi adalah bahan yang nyaman.

  • Baju Tambahan Bayi

Yang dimaksud dengan baju tambahan bayi adalah beberapa jenis pakaian yang biasanya hanya menjadi accessories bagi para orang dewasa. Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli ini meliputi topi, sarung tangan bayi, kaus kaki serta mantel bayi. Baju tambahan ini akan sangat dibutuhkan terutama bagi bayi premature yang membutuhkan kehangatan yang lebih banyak dibandingkan bayi cukup bulan. Anda pun dapat memakaikan baju ini ketika udara sedang dingin.

  • Selimut

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli berikutnya yang sebaiknya sudah disiapkan sebelum kedatangan sang buah hati adalah selimut. Sediakan minimal 3 selimut yang berbahan dasar katun. Dan siapkan pula kain untuk membungkus bayi kurang lebih 5 lembar. Kain pembungkus bayi pun dapat dipakai untuk mengelap muntahan atau cairan makanan yang biasa keluar dari mulut bayi.

  • Popok Bayi

Sebelum membeli popok jenis apa yang hendak Anda beli, ketahuilah bahwa bayi baru lahir membutuhkan 10 sampai 12 popok dalam satu hari. Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli satu ini memang merupakan kebutuhan yang essensial. Intinya, pilihlah jenis popok yang nyaman bagi pantat bayi dan yang paling penting Anda harus menjaga kebersihannya. Karena popok yang kotor dan tidak diganti dalam waktu lama dapat membuat anak rentan terkena infeksi. Selain popok, Anda pun harus menyiapkan lap untuk membersihkan pantat bayi setiap ganti popok; untuk ini, Anda dapat membeli tissue khusus untuk membersihkan pantat bayi atau hanya memakai kain basah.

  • Tatak Iler

Entah Anda memberikan ASI ekslusif atau susu formula untuk bayi Anda, tatak iler merupakan salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Karena kapasitas mulut bayi yang masih kecil, susu yang ia minum kadang sering tumpah hingga menetes ke baju. Untuk itulah Anda sebaiknya menataki dengan tatak iler ini. Tipsnya, pilihlah tatak iler yang dikancing menggunakan Velcro, jangan tali, karena akan sulit memasangkannya.

  • Perlengkapan Minum Susu

Ada baiknya Anda tetap menyiapkan botol susu bayi, baik bagi Ibu yang berencana memberikan ASI ekslusif pada anaknya, apalagi yang berencana memberikan susu formula. Botol susu dapat digunakan untuk menampung dan memberikan ASI pada bayi bagi Ibu yang harus bekerja. Sediakan 2-3 botol susu, usahakan bila berbahan plastik pilihlah yang BPA free. Anda juga perlu menyiapkan sikat botol untuk membersihkannya. Sediakan satu panci khusus untuk mensterilkan botol susu dan dot bayi Anda. Bagi Ibu yang hendak memberikan ASI ekslusif, ada baiknya menyiapkan breast pump bila Anda tidak setiap saat dapat berada di dekat bayi Anda.

  • Perlengkapan Mandi Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli lainnya adalah bathtub untuk bayi, bila memungkinkan Anda dapat memandikannya di bathtub kamar mandi Anda atau juga semacam wastafel yang dapat disumbat. Beli juga sabun dan shampoo, belilah produk yang mengandung emolien atau pelembap agar kulit bayi tidak kering. Tidak perlu membeli handuk khusus bayi, karena Anda dapat menggunakan handuk ukuran kecil untuk mengeringkannya.

  • Pikirkan Tempat Tidur Bayi Anda

Semua tergantung pada keinginan Anda dan pasangan Anda untuk menidurkan bayi Anda dimanapun, namun ingat mengenai keselamatan dan kenyamanan bayi saat tidur. Banyak yang memanfaatkan tempat tidur untuk bayi sebagai tempat bayi mereka tidur. Bila Anda ingin menggunakan tempat tidur khusus bayi, Anda juga perlu membeli matras atau kasur kecil, sprei yang lembut serta beberapa bantal atau guling. Baca juga mengenai petunjuk keamanan tempat tidur khusus bayi sebelum membelinya.

  • Perlengkapan Jalan-Jalan

Barang dari perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli lainnya ialah alat yang harus dimiliki bila Anda membawa anak Anda bepergian, entah ke rumah saudara, mall bahkan luar kota. Pertama, Anda dapat mempertimbangkan membeli kereta dorong bayi, atau yang sederhananya, alat penggendong bayi. Pilihlah bahan yang nyaman bagi bayi, dan pilihlah kereta dorong yang datar dengan penutup agar bayi terhindar dari sinar matahari. Anda pun perlu menyiapkan tas khusus untuk perlengkapan bayi; seperti membawa botol susu, popok, tatak iler, serta baju ganti.

Merencanakan yang terbaik bagi buah hati memang hal yang pasti dan wajib dilakukan oleh orangtua. Hal tersebut dapat dimulai dari hal yang paling kecil seperti membeli perlenkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Selain jenis produk di atas, Anda pun dapat membeli beberapa produk tambahan lain yang mungkin berguna untuk Anda. Produk tersebut seperti gunting kuku bayi, bulb syringe atau suction untuk membersihkan ingus dari hidung bayi serta thermometer bayi. Intinya, cobalah membeli produk yang benar-benar diperlukan dengan kualitas yang baik dan kuantitas yang cukup. Selamat berbelanja kebutuhan bayi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *