invisible hit counter

Cara OCD yang Benar untuk Program Penurunan Berat Badan

Mungkin Anda pernah mendengar tentang diet OCD namun belum mengetahui tentang cara OCD yang benar. Oleh karena itu informasi yang mengupas tentang OCD berikut ini akan sangat berguna bagi Anda dan mungkin berminat untuk mencobanya. Sejak diperkenalkan pertama kali oleh pencetusnya yaitu Deddy Corbuzier, yang kita kenal selama ini sebagai seorang pesulap mentalis, diet OCD ini mendapatkan tanggapan beragam dari masyarakat baik yang pro maupun yang kontra. Menanggapi hal ini, sang kreator Deddy Corbuzier mengatakan bahwa segala sesuatunya diserahkan kembali ke pribadi masing-masing. Sebab suatu metode diet bisa jadi cocok diterapkan pada seseorang tetapi belum tentu cocok diterapkan kepada orang lain.

Lebih lanjut Deddy mengatakan bahwa setiap metode diet pasti memiliki caranya sendiri-sendiri dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan OCD ini. Bagi Deddy, dengan melakukan cara OCD yang benar maka dapat membuahkan hasil maksimal bagi dirinya, dan dia perkenalkan cara ini ke masyarakat agar memberikan manfaat terutama untuk menurunkan berat badan. OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) merupakan metode diet yang diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier dengan cara yang cukup unik. Prinsip dari diet ini adalah bahwa terdapat suatu waktu di mana Anda boleh makan sesukanya (yang disebut sebagai jendela makan), tetapi ada saatnya di mana Anda tidak boleh makan apapun (puasa makan) kecuali minuman yang tidak mengandung kalori, seperti air putih, teh tawar, kopi pahit, atau minuman lain yang tidak mengandung gula/kalori.

Prinsip Tahapan Cara OCD yang Benar yang Perlu Anda Ketahui

Diet OCD pada awalnya diciptakan oleh Deddy Corbuzier karena terinspirasi oleh seorang sopir di Hongkong yang masih memiliki tubuh yang kekar padahal usaianya sudah mencapai 72 tahun. Sopir tersebut merupakan mantan biarawan shaolin dan mengungkapkan rahasianya pada Deddy yang diadopsi menjadi diet OCD. Semua program diet pasti mempunyai aturan-aturan khusus yang harus dijalani oleh pelaku diet, begitu pula dengan OCD ini. Jadi sebelum Anda melakukan diet OCD sebaiknya Anda mempelajari dahulu tata caranya agar tidak salah dalam penerapannya. Cara melakukan diet OCD berikut ini terdiri dari 4 tahapan, dari tingkat yang paling mudah sampai yang paling sulit. Dalam diet OCD, jendela makan dilakukan pada siang hari, biasanya dimulai dari jam 11, 12, 13, atau 14. Prinsip tahapan cara OCD yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Jendela makan 8 jam, puasa 16 jam.

Cara OCD yang benar pada tahapan ini yaitu bahwa Anda bebas untuk makan selama 8 jam dalam sehari dan waktu sisanya (16 jam) digunakan untuk puasa. Seperti yang telah diterangkan di atas, bahwa puasa di sini adalah tidak diperbolehkan makan apapun, tetapi masih dibolehkan untuk minum minuman yang non kalori. Misalnya Anda memulai diet OCD pada jam 1 siang. Maka Anda memiliki jendela makan (waktu bebas makan) dari jam 1 siang sampai jam 9 malam. Dan waktu selebihnya yaitu jam 9 malam sampai jam 1 siang hari berikutnya, Anda harus berpuasa. Metode ini adalah cara OCD yang paling ringan, sehingga sangat cocok diterapkan untuk para pemula sebagai ajang latihan atau penyesuaian tubuh sebelum melangkah pada tahapan diet OCD yang selanjutnya.

  1. Jendela makan 6 jam, puasa 18 jam.

Cara OCD yang benar pada tahapan ini yaitu bahwa Anda diberi kebebasan untuk makan selama 6 jam, dan harus melakukan puasa selama 18 jam. Misalnya Anda memulai diet OCD pada jam 1 siang, maka Anda bebas makan pada jam 1 siang sampai jam 7 malam. Sedangkan pada jam 7 malam sampai jam 1 siang hari berikutnya adalah waktu puasa. Metode diet OCD kedua ini sebaiknya dilakukan jika Anda sudah terbiasa dengan diet OCD tahap pertama.

  1. Jendela makan 4 jam, puasa 20 jam.

Tahapan diet OCD yang satu ini kesulitannya semakin meningkat. Cara OCD yang benar pada tahapan ini yaitu bahwa Anda mempunyai waktu bebas makan hanya selama 4 jam dan waktu selebihnya (20 jam) adalah waktu puasa. Misalnya Anda memulai OCD pada jam 1 siang, maka Anda bebas untuk makan dari jam 1 siang sampai jam 5 sore. Dan waktu selebihnya yaitu dari jam 5 sore sampai jam 1 hari berikutnya. Anda harus berpuasa. Bagi yang belu terbiasa, metode diet ini mungkin akan terasa berat. Oleh karena itu jika ingin menerapkannya, sebaiknya latihan dulu dengan OCD tahap pertama dan kedua. Untuk pelaksanaannya, jika metode diet ini dirasa berat, Anda dapat melakukan kombinasi dengan cara OCD tahap 1 dan 2.

  1. Puasa selama 24 jam.

Pada tahapan diet OCD ini adalah yang paling sulit. Cara OCD yang benar pada tahapan ini yaitu bahwa Anda harus melakukan puasa selama 24 jam. Lalu kapan jendela makannya? Anda tidak usah khawatir, sebab metode OCD dengan puasa 24 jam ini, tidak perlu dilakukan setiap hari, tetapi sebaiknya dilakukan 1 – 2 kali saja selama seminggu untuk selingan metode OCD tahap sebelumnya. Jadi jendela makannya adalah jam sebelum Anda berpuasa dan setelah melakukan puasa.

Misalnya Anda memulai diet OCD pada jam 1 siang, maka Anda harus berpuasa pada jam 1 siang sampai jam 1 siang lagi hari berikutnya. Setelah itu Anda boleh makan lagi seperti biasa. Untuk lamanya waktu jendela, tergantung kombinasi diet OCD yang Anda terapkan. Sebab setelah puasa 24 jam ini, Anda bisa kembali ke tahapan diet OCD sebelumnya yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Pada intinya, prinsip penerapan diet OCD tidak wajib untuk menggunakan salah satu dari tahapan cara diet OCD yang telah dijelaskan di atas. Anda dapat mengkombinasikannya sesuai dengan kemampuan Anda. Pada diet OCD yang dilakukan oleh Deddy Corbuzier, juga diterapkan secara bertahap. Dahulu pada waktu awal memulainya, di minggu pertama Deddy menggunakan metode 6 jam makan dan selebihnya puasa. Pada minggu kedua menggunakan metode 4 jam puasa, selebihnya puasa. Dan pada minggu ketiga sudah bisa melakukan metode puasa 24 jam yang dilakukan 1 kali dalam seminggu sebagai selingan melakukan jendela makan 4 jam. Kemudian pada minggu ke empat sampai sekerang Deddy telah bisa menerapkan pola puasa 24 jam yang dilakukan 2 kali seminggu dengan jendela makan 4 jam.

Tetapi cara terakhir yang dilakukan oleh Deddy tersebut tidaklah kaku atau dapat dilakukan secara fleksibel menyesuaikan dengan kondisi tubuhnya. Terkadang Deddy melakukan puasa 24 jam hanya sekali dalam seminggu dengan 6 jam jendela makan. Kadang pula dia melakukan 2 kali puasa 24 jam dalam seminggu dengan 8 jam jendela makan. Hal unik lain dari diet OCD ini yaitu bahwa dengan melakukan cara diet yang benar, pelaku OCD ini tidak perlu melakukan olahraga yang keras untuk menghasilkan berat yang ideal, seperti pergi ke tempat fitnes, olahraga cardio, atau sit up yang melelahkan. Anda hanya perlu melakukan olahraga ringan sebelum buka puasa. Cocok dan tidaknya diet OCD ini tentunya berpulang pada masing-masing orang yang melakukannya. Bagi Anda yang menderita suatu penyakit, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum melakukan sebuah program diet, termasuk diet OCD ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *