invisible hit counter

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung yang Perlu Dicoba

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung yang Perlu DicobaInformasi mengenai tips mengatasi perut kembung secara alami berikut ini mungkin akan sangat berguna terutama bagi Anda yang sering mengalami gangguan perut kembung. Walaupun kelihatannya sepele, namun menderita perut kembung tentunya akan sangat mengganggu. Sebab orang yang mengalami perut kembung biasanya akan mengalami rasa tidak nyaman atau begah di dalam perutnya sehingga dapat menghambat aktifitas. Perut kembung biasanya terjadi karena banyaknya tumpukan gas di dalam perut. Tumpukan gas tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti akibat konsumsi zat-zat tertentu, aktifitas/gaya hidup yang tidak sehat, atau karena terjadinya gangguan di saluran pencernaan.

Jika dirinci lebih lanjut, banyak faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab perut kembung. Faktor penyebab tersebut antara lain yaitu karena makan atau minum terlalu cepat, berbicara ketika makan, mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gas, minum menggunakan sedotan, efek samping pemakaian obat-obatan tertentu, faktor cuaca atau suhu yang dingin, makan dengan porsi yang terlalu banyak, dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu adanya bakteri di dalam lambung atau usus, gangguan metabolisme dalam sistem pencernaan, serta faktor stres juga dapat menyebabkan terjadinya perut kembung.

Beberapa Tips Mengatasi Perut Kembung

Orang yang menderita perut kembung pada umumnya menunjukkan ciri atau gejala bahwa secara bentuk fisik ukuran perutnya terlihat lebih besar dari biasanya, terasa begah atau kencang, badan terasa tidak nyaman, dan sering bersendawa dengan rasa seperti gas yang tidak yang keluar dari dalam perut. Di masyarakat, perut kembung sering dikaitkan dengan masuk angin dan juga gejala sakit maag. Jika perut kembung sering menghampiri, tentunya akan menyiksa. Oleh karena itu Anda perlu mencoba beberapa tips mengatasi perut kembung berikut ini:

  1. Mimum jahe

Jahe merupakan tanaman obat yang kaya manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk salah satunya untuk mengatasi perut kembung. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan satu ruas jahe yang telah dibersihkan lalu gepuk/tumbuk sedikit agar aromanya keluar. Setelah itu jahe di rebus, lalu ambil airnya dan masukkan dalam gelas. Tambahkan gula atau madu sebagai pemanis, dan minum selagi hangat. Minumlah wedang jahe ini secara teratur dua kali sehari maka perut kembung yang Anda derita akan segera sembuh.

  1. Ramuan kayu manis

Selain sebagai bumbu dapur untuk membuat makanan atau minuman yang lezat, kayu manis ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi perut kembung. Caranya yaitu dengan merebus kayu manis sampai matang, lalu diambil airnya untuk diminum. Selain mengatasi perut kembung, konsumsi kayu manis juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga stamina tetap prima.

  1. Temu lawak

Temu lawak merupakan jenis tanaman herbal yang dikenal secara turun temurun dapat mengatasi gangguan kesehatan terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Temu lawak cukup ampuh digunakan untuk mengobati perut kembung baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Cara membuatnya yaitu dapat dibuat seperti membuat wedang jahe, atau dapat juga dengan cara diparut kemudian diperas untuk diambil airnya lalu diminum. Temu lawak rasanya cukup pahit, Anda dapat menambahkan madu atau gula untuk mengurangi rasa pahitnya.

  1. Olesi dengan bawang merah

Anda juga dapat mengatasi perut kembung dengan cara mengolesi perut dengan bawang merah. Caranya yaitu siapkan satu siung bawang merah lalu belah menjadi dua bagian. Oleskan bawang merah pada perut bagian pusar dan sekitarnya. Cara ini biasanya juga sering digunakan untuk menyembuhkan perut kembung pada bayi yang berfungsi seperti minyak telon. Pada orang dewasa, untuk hasil yang efektif Anda juga dapat menambahkan minyak angin secukupnya yang juga dioles pada area sekitar perut.

  1. Jangan tidur setelah makan

Tips mengatasi perut kembung yang berikutnya yaitu jangan tidur setelah makan. Suatu mekanisme yang alami dari tubuh bahwa seelah makan biasanya orang akan merasa ngantuk dan ingin tidur. Oleh karena itu, lawan rasa kantuk tersebut dengan bergerak atau kembali melakukan aktifitas/kesibukan setelah makan. Dengan cara bergerak, maka akan mencegah penimbunan udara di dalam perut. Selain dapat menyebabkan kembung, kebiasaan tidur setelah makan juga dapat memudahkan peningkatan berat badan secara cepat dan berbahaya untuk kesehatan terutama yang berkaitan dengan masalah kardiovaskuler.

  1. Hindari makanan/minuman yang banyak mengandung gas

Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih makanan/minuman. Sebab ada beberapa jenis makanan/minuman tertentu yang memiliki kandungan gas cukup tinggi. Makanan/minuman tersebut antara lain yaitu kol, nangka, durian, kacang polong, tape, dan minuman bersoda. Untuk mengatasi perut kembung, maka kurangi jenis makanan/minuman tersebut.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mengurangi minuman yang mengandung kafein, makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam. Sebab mengkonsumsi makanan/minuman tersebut dapat meningkatkan asam lambung yang juga dapat menyebabkan perut kembung. Pada waktu minum, sebaiknya jangan menggunakan sedotan, karena hal ini dapat menyebabkan udara ikut masuk di saluran pencernaan sehingga memicu terjadinya perut kembung.

  1. Jangan makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak atau makan dengan porsi yang besar ternyata juga dapat menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, ketika makan sebaiknya dengan porsi yang tidak terlalu banyak sekalipun Anda merasa lapar. Lebih baik Anda makan lebih sering dengan porsi yang kecil daripada jarang makan tetapi dengan porsi yang sangat banyak. Makan terlalu banyak maka dapat menyebabkan udara terperangkap di dalam perut sehingga dapat menimbulkan begah atau kembung.

  1. Mengunyah makanan secara sempurna

Untuk mengatasi perut kembung, ketika makan sebaiknya Anda mengunyah makanan secara sempurna. Sebab makanan yang lebih halus dan lembut akan mempermudah lambung dan usus dan mencerna dan menyerapnya. Sebaliknya makanan yang masih kasar akan lebih susah diserap dan berpotensi menyebabkan perut kembung. Selain itu, hindari berbicara atau mengobrol ketika makan. Sebab hal ini akan menyebabkan udara turut masuk bersama makanan sehingga dapat menyebabkan kembung.

  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat sangat baik untuk sistem pencernaan dan dapat mengatasi perut kembung. Makanan yang mengandung serat tinggi banyak terdapat pada sayur dan buah-buahan. Selain itu, kurangi makanan yang banyak mengandung lemak sebab dapat memperparah kondisi perut kembung yang Anda alami.

Selain menerapkan tips mengatasi perut kembung yang telah dipaparkan di atas, Anda sebaiknya juga melakukan olahraga secara teratur untuk melancarkan metabolisme tubuh. Sebab perut kembung juga dapat terjadi akibat kurang optimalnya metabolisme di dalam saluran pencernaan. Anda sebaiknya juga banyak mengkonsumsi banyak air putih, sebab dapat menurunkan penumpukan udara di dalam lambung. Pada waktu naik motor, terlebih lagi di malam hari, pakailah jaket untuk melindungi tubuh dari hawa dingin atau angin yang kurang bersahabat. Mengelola pikiran agar terhindar dari stres juga penting untuk mencegah terjadinya perut kembung. Jika Anda sering menderita perut kembung dalam waktu yang lama, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter, sebab bisa jadi perut kembung yang Anda derita disebabkan karena adanya bakteri atau gangguan fungsi organ tubuh sehingga memerlukan pemeriksaan dan pengobatan medis lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *