invisible hit counter

Cara Menguruskan Badan dengan Cepat dan Efektif

Cara Menguruskan Badan dengan Cepat dan EfektifMasalah kelebihan berat badan seringkali menjadi hal yang susah diatasi oleh sebagian orang, oleh karena itu penting diketahui bagaimana cara menguruskan badan dengan cepat dan efektif. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas biasanya tampil kurang percaya diri. Hal itu dikarenakan bentuk fisik yang cenderung bulat atau gemuk. Namun yang jauh lebih penting dari penampilan, bahwa memiliki tubuh yang gemuk akan lebih berisiko menderita penyakit yang berbahaya. Penyakit yang dapat ditimbulkan akibat kegemukan antara lain hipertensi, kencing manis atau diabetes mellitus, penyakit jantung, stroke, liver, kanker, dan sebagainya.

Setiap orang tentunya menginginkan tubuh yang sehat dan bentuk tubuh yang ideal. Semua itu dapat diwujudkan asalkan Anda berusaha dengan sungguh-sungguh. Memang setiap orang memiliki karakteristik masing-masing pada bentuk atau struktur tubuhnya. Ada yang memang berpawakan kurus tetapi ada juga yang berpawakan gemuk. Artinya ada orang yang tanpa usaha apapun badannya tetap langsing, tetapi ada juga orang yang sudah berupaya sekuat tenaga untuk menurunkan berat badan tetapi tetap saja bentuk tubuhnya bulat atau tambun. Dalam hal ini, faktor genetik memang berpengaruh, tetapi bukan berarti tidak dapat diubah sama sekali. Dengan mengubah gaya hidup, maka faktor genetik bukan menjadi masalah yang dominan lagi.

Berbagai Cara Menguruskan Badan dengan Cepat

Untuk menguruskan berat badan, terkadang orang menggunakan cara-cara yang instan. Padahal cara instan ini seringkali membahayakan kesehatan bahkan dapat mengancam keselamatannya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tubuh yang ideal sebaiknya Anda menggunakan cara yang alami namun memberikan hasil yang efektif. Berbagai cara menguruskan badan dengan cepat dan efektif antara lain sebagai berikut:

  1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur merupakan cara menguruskan badan dengan cepat yang paling ampuh. Karena dengan rajin berolahraga maka dapat membakar timbunan lemak di dalam tubuh. Anda pun dapat menyesuaikan jenis olahraga berdasarkan bagian tubuh mana yang akan dibentuk, misalkan area perut, paha, betis, pinggul, lengan, dan sebagainya. Dalam berolahraga tentunya harus dilakukan secara teratur, yaitu minimal 3 kali dalam seminggu dan pastikan bahwa setiap melakukan olahraga tersebut banyak kalori yang terbakar.

Selain meluangkan waktu khusus untuk berolahraga, Anda juga dapat menjadikan aktifitas sehari-hari sebagai olahraga. Misalkan saja bersepeda ketika berangkat ke kantor, berjalan kaki, naik tangga, dan lain-lain. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh, membentuk otot, melatih pernafasan, dan meningkatkan stamina tubuh.

  1. Atur pola makan

Yang dimaksud dengan mengatur pola makan di sini yaitu dalam hal frekuensi dan juga porsi/banyaknya makanan. Dalam sehari, frekuensi makan maksimal adalah 3 kali, yaitu pagi, siang, dan sore hari. Hindari makan yang terlalu banyak, apalagi makanan itu merupakan jenis makan besar/makanan pokok yang banyak mengandung kalori. Jadi jika mengambil makanan, sesuaikan dengan pola aktivitas yang Anda lakukan pada waktu itu. Jika aktivitas fisik banyak maka Anda dapat makan agak banyak (tetapi secukupnya) dan ketika aktivitas sedikit maka sebaiknya Anda juga makan dalam jumlah yang sedikit.

  1. Kurangi lemak

Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa cara menurunkan berat badan dengan cepat yaitu dengan mengurangi lemak. Hal ini benar adanya, sebab lemak yang menumpuk di jaringan tubuh adalah penyebab utama terjadinya kegemukan. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung lemak antara lain jerohan, gorengan, daging-dagingan, kulit, makanan bersantan, dan makanan cepat saji. Dalam memilih jenis protein sebaiknya kombinasikan dengan protein nabati, jangan hanya mengandalkan protein hewani. Sebab pada protein nabati biasanya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah diandingkan dengan jenis protein hewani. Perbanyaklah makan buah dan sayur karena dapat memperlancar pencernaan dan metabolisme lemak sehingga sangat mendukung program penurunan berat badan yang sedang Anda jalankan.

  1. Kurangi makanan/minuman yang mengandung gula

Tidak hanya makanan berlemak saja, ternyata makanan/minuman yang banyak mengandung gula juga dapat memicu terjadinya kegemukan. Hal ini dikarenakan bahwa gula mudah sekali diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi/kalori. Jika kalori ini tidak segera dibakar, maka akan menumpuk menjadi lemak. Jadi cara menguruskan badan dengan cepat yaitu dengan mengurangi makanan/minuman yang manis-manis atau yang banyak mengandung gula.

  1. Mengurangi makan nasi

Nasi putih merupakan makanan pokok khas orang Indonesia. Dan biasanya masyarakat Indonesia merasa kurang lengkap jika tidak makan nasi. Padahal nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang mudah sekali diserap tubuh dan diubah menjadi kalori yang pada akhirnya menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu cara menguruskan badan dengan cepat yang berikutnya yaitu dengan mengurangi makan nasi putih dan menggantinya dengan makanan pengganti nasi putih yang mempunyai kandungan karbohidrat kompleks. Makanan pengganti nasi putih tersebut antara lain beras merah, gandum, kentang, ketela, jagung, talas, dan roti.

  1. Hindari kebiasaan ngemil

Mungkin ada sebagian dari Anda yang makannya sedikit tetapi tetap saja mengalami kelebihan berat badan. Coba perhatikan makanan lain apakah yang Anda konsumsi selain makanan pokok atau yang sering disebut sebagai camilan/kudapan. Terkadang orang tidak menyadari hal ini, karena camilan hanya dianggap sebagai makanan kecil saja. Padahal camilan ini biasanya terdiri dari jenis makanan yang mengandung lemak atau dapat juga mengandung banyak gula. Terlebih lagi kebiasaan makan camilan (ngemil) pada umumnya dilakukan secara berulang-ulang dan sering tidak disadari bahwa orang tersebut telah makan dalam jumlah yang banyak. Jika menginginkan berat badan yang ideal, maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan ngemil tersebut.

  1. Jangan makan menjelang tidur

Cara cepat menurunkan berat badan yang selanjutnya yaitu dengan menghindari makan menjelang tidur. Sebab jika Anda makan menjelang tidur maka lemak maupun kalori yang terkandung dalam makanan tersebut tidak dapat terbakar sehingga mudah sekali untuk menyebabkan kegemukan. Oleh karena itu, makanlah setidaknya 3 atau 4 jam sebelum tidur, jangan terlalu dekat dengan waktu tidur Anda.

Selain menerapkan cara menguruskan badan dengan cepat seperti yang telah diterangkan di atas, hal yang paling penting adalah komitmen untuk hidup sehat. Artinya bahwa Anda melakukan program penurunan berat badan tersebut adalah demi kesehatan Anda sendiri. Bahwa dengan tubuh yang sehat tentunya Anda dapat melakukan aktivitas apapun tanpa hambatan yang berarti, serta menjalani hidup dengan penuh semangat dan keceriaan. Dan dengan berat badan ideal, Anda pun akan tampil lebih percaya diri karenanya.

Dalam keseharian, Anda sebaiknya menjauhi pola hidup yang bermalas-malasan sebab akan memudahkan berat badan cepat naik dan tubuh mudah terserang penyakit. Kita dapat belajar dari orang tua jaman dahulu yang hidup di pedesaan, di mana kebanyakan tubuh mereka tetap sehat walaupun di usia yang telah lanjut. Kuncinya adalah bahwa mereka banyak melakukan aktivitas fisik, tidak bermalas-malasan, dan jauh dari makanan modern yang serba instan. Selain itu, cukupi asupan kebutuhan cairan untuk melancarkan metabolisme tubuh, jauhi rokok dan alkohol, serta hindari stres. Bagaimanapun juga pencegahan lebih baik daripada pengobatan, oleh karena itu terapkan pola hidup sehat sedini mungkin agar tubuh selalu bugar dan terhindar dari serangan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *