invisible hit counter

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Secara Manual

Previous 1 2

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Setelah membahas penghitungan berat badan dengan rumus Broca kita kini akan membahas dengan cara BMI yang dianggap lebih baik meskipun dari kedua penghitungan tersebut memiliki kekurangannya masing-masing. Dalam BMI, berat badan ideal berada dalam rentang jarak tertentu, ini tentunya akan lebih mengakomodir berbagai berbagai bentuk tubuh yang berbeda-beda.

Jika sebelumnya pada penghitungan Broca tidak cocok digunakan pada wanita yang bertubuh pendek dan pria bertubuh tinggi, rumus BMI ini pada orang (pria-wanita) yang bertubuh tinggi akan memiliki nilai BMI yang selalu tinggi. Yang disebut bertubuh tinggi disini adalah bertubuh tinggi bagi orang barat, sehingga ini cocok digunakan di Indonesia.

Index BMI (berdasar WHO)
– Berat badan terlalu kurang
BMI 15,0 hingga 16,0
– Berat badan kurang
BMI 16,0 hingga 18,5
– Berat badan normal
BMI 18,5 hingga 25,0
– Berat badan berlebih
BMI 25,0 hingga 30,0
– Obesitas lv 1
BMI 30,0 hingga 35,0

Penghitungan BMI = berat badan / (tinggi badan x tinggi badan)
Berat badan dalam kg, sedangkan tinggi badan dalam meter

Di atas adalah penghitungan BMI, masukkan berat badan dan tinggi badan Anda ke dalam rumus, kemudian cocokkan hasilnya dengan index BMI. Index BMI ada bermacam-macam, banyak lembaga riset yang memiliki index BMI tersendiri, Jepang, Hongkong, Singapura memiliki skala index BMI tersendiri. Karena Indonesia belum ada index BMI tersendiri, maka disini digunakan index BMI dari WHO yang berskala universal, di index WHO ini tidak dibedakan antara pria dan wanita.

Berikut adalah contoh penghitungan dengan index BMI. Berat badan 50 kg dan tinggi badan 1,5 meter = 50/(1,5 x 1,5) = 22,222 termasuk berat badan normal. Berat badan 60 kg dan tinggi badan 1,6 meter BMI = 23,4375 juga termasuk berat badan normal. Index BMI dihitung berdasar pertimbangan kesehatan, bukan pertimbangan penampilan, jadi jika Anda memiliki BMI 24,0 maka itu dianggap berat badan yang sehat, kemudian jika Anda ingin diet dan menurunkan BMI hingga 20,0 atau kurang (selama masih di atas 18,5) maka hal itu masih wajar dan sehat.

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Setelah membaca cara menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria di atas, mungkin Anda ingin menyesuaikan berat tubuh Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah supaya melakukannya dengan sehat. Jika mungkin lakukanlah dengan tidak terburu-buru. Untuk mendapatkan berat badan ideal Anda bisa melakukan diet untuk menurunkan berat badan atau bagi yang memiliki berat badan kurang bisa mencoba dengan berbagai cara untuk menaikkan berat badan.

Kita akan membahas sedikit tips tentang diet menurunkan berat badan. Hal pertama untuk menurunkan berat badan adalah dengan menghindari makanan berlemak, terutama junk food atau makanan cepat saji. Makanan ini sangat mudah membuat tubuh menjadi melar, selain itu kolesterol jahatnya sangat tidak menyehatkan. Makanan ini hanya mengenyangkan namun sedikit sekali nutrisinya.

Mengonsumsi makanan sehat akan membantu menurunkan berat badan, banyak konsumsi buah dan sayuran, ini akan membantu mengurangi lemak-lemak di dalam tubuh. Jangan lupa juga untuk berolah-raga, cukup efektif membakar kalori dalam tubuh sehingga akan lebih cepat mendapatkan berat badan ideal Anda.

Demikian artikel ini membahas tentang cara menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria. Untuk mendapatkan penampilan yang menarik tidak perlu mengorbankan kesehatan, ada banyak cara diet sehat yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat. Terima kasih.

Referensi (Bahasa Inggris):
http://halls.md/ideal-weight-formulas-broca-devine/
https://en.wikipedia.org/wiki/Body_mass_index

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *