invisible hit counter

Cara Menghilangkan Plak pada Gigi secara Mudah dan Alami

Timbulnya plak pada gigi tentunya membuat Anda kurang percaya diri oleh karena itu dalam artikel berikut ini akan disajikan tentang cara menghilangkan plak pada gigi secara mudah dan alami. Plak atau yang sering disebut karang gigi terbentuk akibat kotoran yang menempel di gigi yang lama-kelamaan mengeras membentuk seperti kerak atau karang. Kotoran tersebut berasal dari makanan yang kita makan sehari-hari yang mudah sekali menempel terutama di sela-sela gigi. Terkadang sisa makanan susah hilang walaupun sudah menggosok gigi. Hal ini dikarenakan sikat gigi susah menjangkau di tempat-tempat yang sulit atau kurang benar dalam menggosok gigi. Terlebih lagi pada orang-orang yang malas menggosok gigi, tentunya akan mudah sekali terbentuk plak dalam giginya.

Plak gigi paling sering diakibatkan karena sisa makanan. Makanan yang paling mudah menimbulkan plak gigi adalah makanan yang manis-manis, seperti cokelat, permen, kue, dan sebagainya. Selain makanan, beberapa kebiasaan seperti merokok dan minum kopi juga dapat menimbulkan plak gigi. Timbulnya plak pada gigi akan membuat gigi Anda menjadi jelek dan kotor, apalagi jika sudah berubah menjadi kekuningan. Hal ini tentunya akan mengganggu penampilan Anda. Tidak hanya penampilan saja yang terganggu, plak pada gigi juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan antara lain yaitu terjadinya infeksi pada gigi dan gusi, gigi menjadi mudah keropos, menimbulkan bau mulut tak sedap, dan berisiko menimbulkan gangguan pencernaan.

Berbagai Cara Menghilangkan Plak pada Gigi

Memiliki gigi yang putih bersih tentunya menjadi dambaan setiap orang. Jika memiliki plak atau karang gigi biasanya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Misalnya orang tersebut jadi enggan tersenyum, tertawa, atau jika berbicara agak menjauh dari orang lain. Oleh karena itu untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat serta tampil lebih percaya diri, cobalah untuk menerapkan berbagai cara menghilangkan plak pada gigi berikut ini:

  1. Menggosok gigi secara rutin

Cara menghilangkan plak pada gigi yang paling utama yaitu dengan menggosok gigi secara rutin. Lakukan gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Anda juga dapat menggosok gigi setiap selesai makan. Dengan menggosok gigi secara rutin maka Anda dapat membersihkan sisa-sisa makanan di rongga mulut sehingga tidak menumpuk menjadi plak. Gunakanlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride karena berkhasiat untuk mencegah sekaligus mengurangi plak pada gigi.

Dalam memilih sikat sebaiknya Anda memilih sikat gigi yang agak kasar supaya lebih mudah dalam membersihkan plak. Selain itu dalam menggosok gigi, Anda harus melakukannya dengan benar. Menggosok gigi yang benar yaitu dengan cara seperti membentuk bulatan kecil dari bawah ke atas, bukan dari kiri ke kanan seperti menggosok pakaian. Jangan lupa untuk mengarahkan sikat gigi sampai ke setiap sela-sela gigi.

  1. Flossing

Cara menghilangkan plak pada gigi juga dapat dilakukan dengan flossing. Flossing yaitu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Benang yang dipakai di sini tentunya adalah benang gigi khusus dalam kemasan yang steril. Anda dapat membelinya dengan mudah di toko-toko terdekat. Flossing biasanya dilakukan ketika selesai makan, di mana sisa-sisa makanan yang menempel bisa langsung dibersihkan sehingga tidak diberi kesempatan untuk menumpuk menjadi plak.

Flossing merupakan cara ampuh membersihkan plak karena seringkali tidak semua tempat pada gigi dapat dijangkau oleh sikat gigi ketika menggosok gigi. Setelah melakukan flossing, untuk hasil yang lebih optimal Anda dapat berkumur menggunakan obat kumur anti bakteri. Karena bentuknya cair, obat kumur dapat merata menjangkau semua tempat di rongga mulut sehingga berperan untuk mencegah timbulnya plak dan membunuh kuman.

  1. Kulit jeruk

Anda juga dapat menghilangkan plak dengan menggunakan kulit jeruk. Cara menghilangkan plak pada gigi dengan kulit jeruk yaitu dengan menyiapkan satu buah jeruk untuk diambil kulitnya. Gunakan bagian dalam dari kulit jeruk tersebut untuk digosokkan pada gigi. Kulit jeruk ini banyak mengandung vitamin C sehingga efektif untuk melawan mikroorganisme dan menghilangkan plak. Selain itu kulit jeruk juga berkhasiat untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut tak sedap.

  1. Cengkeh dan air lemon

Cara menghilangkan plak pada gigi yang berikutnya yaitu dengan menggunakan cengkeh dan air lemon. Caranya yaitu siapkan sekitar 4-5 butir cengkeh, tumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan satu sendok makan perasan air lemon, aduk sampai rata. Setelah itu oleskan ramuan tersebut pada gigi Anda. Gosoklah dengan sikat gigi seperti biasa dan lakukan secara rutin.

  1. Baking soda

Baking soda merupakan bahan pembuat roti supaya bisa mengembang. Bahan ini ternyata cukup ampuh untuk membasmi plak gigi. Cara menghilangkan plak pada gigi menggunakan baking soda yaitu siapkan 1 sendok baking soda, campur dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta. Lalu ambil sikat gigi dan jadikan baking soda tersebut sebagai pasta gigi. Gosokkan secara merata pada gigi maka plak gigi akan mudah terkikis sehingga jika dilakukan secara teratur gigi akan menjadi bersih dan putih.

  1. Biji asam kawak

Anda juga dapat menghilangkan plak gigi dengan biji asam kawak. Cara menghilangkan plak pada gigi menggunakan biji asam kawak yaitu siapkan 2-3 biji asam kawak lalu disangrai. Setelah itu tumbuk biji asam kawak tersebut sampai halus. Kemudian basahi sedikit dengan air dan gunakan sebagai bahan untuk menggosok gigi.

  1. Buah apel

Buah apel ternyata mempunyai khasiat untuk menghilangkan plak pada gigi. Caranya Anda cukup memakannya secara langsung tanpa mengupas kulitnya. Tetapi jangan lupa untuk mencuci buah apel tersebut dengan air bersih supaya terbebas dari kontaminasi bakteri. Seringlah mengkonsumsi buah apel agar terhindar dari plak gigi serta dapat membuat gigi Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

Untuk mencegah terjadinya plak gigi, maka rajinlah menggosok gigi. Selain itu sebaiknya kurangi makanan yang banyak mengandung gula dan tepung. Sebab jenis makanan tersebut mudah sekali menyebabkan timbulnya plak gigi. Perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah dan sayur, terutama yang banyak mengandung serat. Selain untuk memperlancar pencernaan, ternyata dengan mengunyah buah dan sayur ikut membantu untuk mengurangi plak pada gigi. Mengkonsumsi air putih juga turut mencegah terbentuknya plak. Sebab plak gigi akan mudah terbentuk ketika di dalam rongga mulut dalam keadaan kering. Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka secara otomatis akan membersihkan dan melarutkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Anda juga dapat menggunakan air putih untuk berkumur terutama setelah makan agar sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dapat terbuang.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya mulai dikurangi atau dihindari karena zat yang terkandung dalam rokok mudah menyebabkan terbentuknya karang gigi. Kebiasaan minum kopi pun juga sebaiknya dikurangi. Gigi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting karena merupakan awal dalam proses pencernaan untuk mengunyah makanan. Selain itu gigi juga terhubung dengan banyak syaraf sehingga jika mengalami gangguan maka organ lain pun juga dapat terganggu. Oleh karena itu jagalah selalu kesehatan gigi Anda. Sebaiknya periksakan kesehatan gigi Anda secara berkala 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi Anda sehingga apabila ditemukan adanya suatu gangguan dapat ditangani secara lebih dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *