invisible hit counter

Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat namun Tetap Sehat

Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat namun Tetap SehatBagi Anda yang memiliki tubuh kurus dan ingin menaikkan berat badan, informasi mengenai cara menggemukkan badan dengan cepat berikut ini mungkin akan sangat berguna bagi Anda. Selain masalah kegemukan, memiliki tubuh yang kurus ternyata juga dapat menimbulkan masalah bagi sebagian orang. Masalah tersebut antara lain kekurangan energi, daya tahan tubuh yang rendah, dan kurangnya rasa percaya diri. Setiap orang pastilah menginginkan tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal berarti tubuh dengan berat badan yang proporsional, tidak kelebihan dan tidak kekurangan. Orang yang mempunyai berat badan berlebih pastinya ingin menurunkan berat badannya. Begitu juga sebaliknya bagi orang yang memiliki berat badan kurang (kurus) tentunya ingin menaikkan berat badannya agar tercapai berat badan yang ideal.

Walaupun terlihat sepele, namun untuk menaikkan berat badan bagi sebagian orang ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, terutama bagi orang yang memang memiliki bakat tubuh kurus. Sama halnya dengan program untuk mengurangi berat badan, untuk menaikkan berat badan pun juga harus dilakukan dengan komitmen yang kuat. Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang memiliki tubuh yang kurus. Faktor tersebut antara lain faktor genetik, kurangnya asupan nutrisi, nafsu makan yang kurang, merokok, minum minuman keras, dan depresi/stres. Berat badan yang kurang juga dapat diakibatkan oleh penyakit kronis, misalnya penyakit TBC, kencing manis (Diabetes Mellitus), hepatitis, gagal ginjal, kanker, dan sebagainya.

Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat dan Sehat

Jika Anda ingin menggemukkan atau menaikkan berat badan dengan cepat, sebaiknya gunakan cara-cara yang sehat, sebab terkadang orang menggunakan jalan pintas agar badannya menjadi cepat gemuk, misalnya dengan mengkonsumsi suplemen-suplemen yang seringkali membahayakan kesehatan. Untuk menggemukkan badan juga tidak boleh asal mengkonsumsi semua jenis makanan demi menaikkan berat badan dengan cepat, sebab bisa jadi makanan itu justru berisiko menimbulkan penyakit. Berikut ini adalah cara menggemukkan badan dengan cepat dan sehat:

  1. Meningkatkan asupan kalori

Cara mengemukkan badan dengan cepat yang paling utama yaitu dengan meningkatkan asupan kalori dalam menu harian Anda. Makanan yang banyak mengandung kalori sebagian besar terdapat pada makanan pokok, seperti nasi, gandum, roti, kentang, jagung, sagu, dan sebagainya. Makanan yang mengandung kalori tinggi juga terdapat pada makanan yang manis. Untuk meningkatkan asupan kalori pada tubuh, Anda dapat meningkatkan porsi makanan pokok yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Jika Anda tidak mampu mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak, Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit tetapi lebih sering. Anda juga dapat menyiapkan makanan camilan sehat untuk membantu mencukupi kebutuhan kalori harian Anda.

  1. Perbanyak makanan berprotein tinggi

Selain asupan kalori, cara menggemukkan badan dengan cepat yaitu harus memperbanyak makanan yang mengandung protein. Protein berperan penting untuk membangun sel dan jaringan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein akan membuat otot tubuh Anda lebih berisi sehingga berat badan akan meningkat. Makanan yang banyak mengandung protein antara lain kacang-kacangan, daging ayam, daging sapi, telur, dan berbagai jenis ikan.

  1. Konsumsi lemak tak jenuh

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak juga merupakan cara menggemukkan badan dengan cepat. Namun supaya terhindar dari penyakit akibat lemak jahat atau kolesterol, pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh merupakan lemak yang bermanfaat dalam metabolisme tubuh. Lemak ini cenderung bersifat cair di dalam tubuh jika dibandingkan dengan lemak jenuh/jahat yang lebih bersifat padat. Makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh yaitu ikan laut, kacang almond, buah alpukat, kenari, minyak zaitun, dan berbagai jenis biji-bijian.

  1. Minum susu secara rutin

Cara menggemukkan badan dengan cepat yang berikutnya yaitu dengan rutin minum susu. Susu mempunyai kandungan nutisi lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam susu anatara lain karbohidrat, protein, vitamin, dan berbagai mineral penting. Anda dapat memilih jenis susu yang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda kurang menyukai susu dengan rasa yang konvensional, pilihlah jenis susu dengan rasa yang dipadukan dengan buah-buahan.

  1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk meningkatkan berat badan, Anda juga perlu memperbanyak makan sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang banyak menyediakan vitamin dan mineral yang sangat berguna sebagai zat pengatur dalam proses metabolisme tubuh. Dengan banyak makan sayur dan buah, akan memperlancar pencernaan dan tubuh Anda akan selalu terlihat lebih segar. Kandungan vitamin dalam buah dan sayur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit.

  1. Susun menu makanan yang bervariasi

Menyusun menu makanan yang bervarisi juga dapat Anda gunakan sebagai cara cepat menggemukkan badan dengan tujuan agar nafsu makan dapat meningkat. Hal ini dikarenakan orang yang berat badannya susah naik, seringkali mempunyai masalah dalam selera makan. Susunlah daftar menu makanan yang sesuai dengan selera Anda dengan kandungan gizi seimbang. Menu tersebut dapat dibuat variatif atau berbeda-beda untuk menghindari kebosanan dalam mengkonsumsi makanan.

  1. Istirahat yang cukup

Jarang beristirahat dapat menyebabkan berat badan Anda susah naik. Oleh karena itu milikilah waktu istirahat yang cukup sebagai salah satu tips menggemukkan badan secara cepat. Anda sebaiknya juga menghindari begadang, sebab beggadang sampai larut malam dapat membuat sel-sel dalam tubuh menjadi mudah aus, jaringan tubuh kurang dapat bekerja secara optimal, sehingga nutrisi dalam tubuh kurang terserap dengan baik.

  1. Hindari rokok, alkohol, dan minuman berkafein

Agar berat badan Anda cepat naik, maka hindarilah kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan minuman berkafein. Rokok dan alkohol mengandung zat yang membahayakan organ tubuh manusia dan dapat menyebabkan tubuh seseorang menjadi kurus. Sedangkan konsumsi minuman berkafein dapat menyebabkan peningkatan asam lambung dan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Di samping menerapkan berbagai cara menggemukkan badan dengan cepat yang telah dijelaskan di atas, Anda juga harus selalu menciptakan pikiran yang tenang agar terhindar dari stres. Sebab orang yang mempunyai banyak beban masalah dan tidak dapat mengelola pikirannya dengan baik, berat badannya juga bisa jadi susah naik. Untuk program penggemukan berat badan, bukan berarti Anda berhenti berolahraga karena takut akan menurunkan berat badan. Olahraga harus tetap dijalankan secara teratur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan selera dan kemampuan Anda, imbangi dengan asupan nutrisi dan istirahat yang cukup.

Anda juga sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika menderita suatu penyakit. Sebab ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan berat badan seseorang menjadi kurus, sehingga untuk menaikkan berat badan dokter akan mengobati penyakit yang Anda derita. Anda juga harus berkosultasi ke dokter jika sekiranya memiliki penyakit dengan pengaturan diet khusus agar program penggemukan berat badan yang sedang Anda jalankan tidak berbenturan dengan diet khusus yang disesuaikan dengan penyakit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *