invisible hit counter

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita dan Pria agar Cepat Hamil

Memiliki anak atau momongan pastilah menjadi dambaan setiap pasangan yang sudah menikah, oleh karena itu informasi tentang cara mengetahui masa subur wanita dan pria berikut ini mungkin dapat berguna bagi Anda agar cepat hamil. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pasangan yang telah menikah belum tentu langsung mendapatkan keturunan, ada banyak kasus pasangan yang sudah menikah cukup lama tetapi belum juga dikarunia keturunan. Jika mengalami hal yang demikian, Anda harus bersabar dan tentunya sembari berusaha. Usaha yang banyak dicoba oleh banyak pasangan agar cepat hamil yaitu dengan melakukan hubungan intim ketika mereka memasuki masa subur. Masa subur diartikan sebagai suatu keadaan di mana sel telur (pada wanita) dan sel sperma (pada pria) berada pada periode emas (puncak) karena telah siap/matang untuk melakukan proses pembuahan.

Selama ini mungkin yang lebih populer adalah bagaimana mengetahui masa subur pada wanita, sedangkan pada pria jarang disinggung. Padahal untuk mendapatkan proses pembuahan yang optimal agar terjadi kehamilan, dua-duanya baik reproduksi wanita maupun pria harus pada kondisi yang prima. Oleh karena itu perlu diperhatikan kapan masa subur wanita dan pria agar menciptakan keberhasilan program kehamilan yang telah Anda rencanakan berdua. Untuk mendapatkan kehamilan, selain masa subur ada berbagai faktor lain yang berpengaruh, antara lain yaitu saluran telur yang sehat, fungsi leher rahim dan selaput dinding rahim yang optimal, sperma suami yang berkualitas, serta keharmonisan hubungan suami istri.

Berbagai Cara Mengetahui Masa Subur Wanita dan Pria

Dalam kehidupan rumah tangga, harus tercipta hubungan yang harmonis untuk menciptakan kehidupan yang damai dan bahagia. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran seorang anak dapat menjadi suatu hal yang dapat menciptakan kebahagiaan dalam keluarga. Oleh karena itu, setiap pasangan banyak yang menginginkan hadirnya sang buah hati dengan cepat. Agar tercipta kehamilan dengan cepat, maka perlu adanya kerjasama baik istri maupun suami yang salah satu diantaranya dengan melakukan hubungan intim ketika berada pada masa subur. Berikut ini adalah cara mengetahui masa subur wanita dan pria agar istri cepat hamil:

  1. Cara Mengetahui Masa Subur Pada Wanita

Ada banyak cara menghitung masa subur wanita. Cara yang paling sering digunakan yaitu dengan sistem kalender. Cara ini didasarkan pada hitungan kalender setelah seorang wanita menstruasi sampai siklus menstruasi berikutnya. Masa puncak kesuburan wanita bagi yang mengalami haid teratur yaitu 14 hari dihitung sejak hari pertama mendapatkan haid. Rentang masa suburnya yaitu mulai hari ke-14 dikurangi 2 hari (hari ke-12) sampai hari ke-14 ditambah 2 hari (hari ke-16). Jadi masa subur seorang wanita yang mengalami siklus haid teratur yaitu hari ke-12 sampai hari ke-16 dihitung sejak hari pertama mengalami menstruasi. Siklus haid teratur diartikan sebagai haid datang tiap bulan dengan rentang waktu yang cenderung tetap, pada umumnya 28-30 hari sekali.

Sedangkan masa subur pada wanita yang tidak mengalami haid teratur, cara menghitungnya yaitu dengan memperhatikan siklus terpendek dan siklus terpanjang yang terjadi dalam 6 masa siklus haid seorang wanita. Rumus menghitung rentang masa suburnya yaitu siklus hari terpendek dikurangi 18 hari untuk hari pertama masa subur, dan siklus hari terpanjang dikurangi 11 hari untuk hari terakhir masa suburnya.

Cara yang paling mudah untuk menentukan masa subur wanita setelah haid yaitu dengan mendeteksi lendir leher rahim dengan menggunakan tes jari. Caranya, ujung jari telunjuk dan dan ibu jari dimasukkan ke dalam organ intim wanita, lalu ditarik secara perlahan. Kemudian lihat elastisitas dari lendir yang terdapat pada ujung jari tersebut. Masa subur ditunjukkan oleh penampakan lendir leher rahim yang sangat elastis, dimana lendir tersebut seolah bergandengan secara kuat antara satu dengan yang lain (lengket) dan sulit terputus.

Cara lain untuk mengetahui masa subur wanita yaitu melalui pemeriksaan urine dengan menggunakan alat test sekali pakai seperti pada test kehamilan (test pack). Alat ini sudah banyak dijual di apotik. Cara penggunaannya sangat mudah, sama seperti menggunakan alat test kehamilan. Celupkan stik pada urine yang diletakkan pada suatu wadah, tunggu beberapa saat lalu dilihat strip yang muncul pada stik. Jika stripnya dua maka Anda sedang dalam masa subur , tetapi jika stripnya hanya satu berarti Anda sedang dalam masa tidak subur.

Kemudian ada lagi metode untuk mengetahui masa subur wanita yaitu dengan alat pendeteksi air liur. Metode ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Caranya yaitu dengan mengoleskan air liur pada kaca/lensa di sebuah alat kecil yang mirip lipstik, tunggu air liurnya kering, nyalakan lampu LED nya kemudian teropong pada lensa yang telah disediakan. Jika hasilnya terlihat hanya berupa titik atau garis yang jumlahnya sangat sedikit maka wanita dalam kondisi yang tidak subur. Sedangkan jika pada waktu diteropong terdapat garis-garis banyak yang saling bergandengan seperti ranting pohon, maka itu merupakan tanda masa subur wanita yang berpotensi besar menghasilkan kehamilan.

  1. Cara Mengetahui Masa Subur Pada Pria

Tidak hanya masa subur pada wanita saja yang harus diperhatikan, saat ini masa subur wanita dan pria merupakan satu kesatuan yang harus diperhatikan agar pasangan cepat hamil. Untuk mengetahui masa subur pada pria tentunya berbeda jauh dengan masa subur wanita. Kesuburan pria sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas sel sperma. Sehingga indikator masa subur pada pria yaitu waktu puncak dimana sel sperma mempunyai kualitas yang baik dan kuantitas yang memadai. Waktu puncak tersebut yaitu terjadi pada saat suhu masih dingin, dan ini pada umumnya terjadi pada dini hari sampai pagi hari, yaitu sekitar jam 04.00 sampai jam 07.00 pagi.

Musim juga berpengaruh terhadap kesuburan pria, di mana masa paling subur pada pria terletak pada saat musim dingin. Hal ini dikarenakan pada musim dingin produksi sel sperma lebih banyak dibandingkan pada waktu musim panas. Selain waktu dan musim, masa subur pria juga dapat dihitung dari waktu keluarnya sel sperma dari organ reproduksi. Di mana masa paling suburnya yaitu pada hari ke-3 sampai ke-7 setelah sperma keluar dari organ reproduksi (ejakulasi terakhir). Pada masa ini sel sperma telah berada pada kondisi yang matang dan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat optimal untuk membuahi sel telur.

Cara yang paling akurat untuk mendeteksi kesuburan pria adalah melalui tes laboratorium. Indikatornya antara lain yaitu dari volume yang dihasilkan dalam sekali ejakulasi minimal 2 ml, pH atau tingkat keasamannya 7,2 – 8, berbau khas, warna kelabu pucat, konsentrasi sel sperma 20 juta per mililiter, minimal 50% sel sperma bergerak aktif dan cenderung bergerak ke depan, serta minimal 30% sel sperma mempunyai bentuk yang normal.

Selain dengan mendeteksi masa subur wanita dan pria seperti yang telah diterangkan di atas, penting juga bagi pasangan untuk selalu menjaga kebugaran tubuhnya. Caranya yaitu dengan makan makanan yang bergizi lengkap dan melakukan olahraga secara teratur. Jika terdapat keluhan atau gangguan kesehatan, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mendapatkan solusinya. Pasangan suami istri hendaknya juga mempunyai satu visi dan misi yang sama atau selalu kompak agar program kehamilan yang Anda rencanakan dapat segera tercapai secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *