invisible hit counter

Cara Mengatasi Muka Berminyak dengan Mudah dan Alami

Cara Mengatasi Muka Berminyak dengan Mudah dan AlamiBagi Anda yang memiliki masalah muka berminyak maka simaklah informasi tentang cara mengatasi muka berminyak dengan mudah dan alami berikut ini. Memiliki muka berminyak biasanya membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Padahal sebenarnya keluarnya minyak dari kulit ini sebenarnya merupakan reaksi alami dari dalam tubuh. Minyak pada kulit kita sebenarnya mempunyai fungsi untuk menjaga kulit dari bahaya dari luar seperti debu maupun polusi yang setiap saat dapat masuk ke pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit juga berperan dalam menjaga keremajaan dan kesegaran kulit. Namun jika produksi minyak dalam kulit berlebihan akan menimbulkan masalah apalagi jika terjadi pada muka Anda.

Kulit muka yang terlalu banyak mengandung minyak pada umumnya akan terlihat kusam, mengkilap, kotoran mudah menempel, dan menyebabkan make up yang dipakai wanita tidak bertahan lama. Seseorang dengan muka berminyak biasanya juga mudah sekali menderita jerawat atau komedo sebab sirkulasi pori-pori tidak lancar akibat tersumbat timbunan minyak bercampur kotoran. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan muka mudah berminyak. Faktor tersebut antara lain yaitu faktor genetik atau keturunan, faktor hormonal (ketidak seimbangan hormon terutama pada masa pubertas), faktor cuaca, stres, salah dalam memilih kosmetik, makanan, dan sebagainya.

Berbagai Cara Mengatasi Muka Berminyak dengan Bahan Alami

Memiliki kulit muka yang berminyak sebenarnya memiliki suatu keuntungan tersendiri. Keuntungan tersebut yaitu bahwa muka Anda akan senantiasa lembab sehingga dapat mencegah terjadinya penuaaan pada kulit. Sedangkan pada orang yang memiliki kulit kering maka muka orang tersebut akan cenderung cepat keriput dan berisiko mengalami penuaan dini. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki muka berminyak harus tetap bersyukur. Hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana cara untuk mengendalikan dan menyiasati agar produksi minyak pada kulit khususnya di muka tidak menimbulkan masalah pada kesehatan kulit dan penampilan Anda. Cara mengatasi muka berminyak dengan mudah dan alami antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Mentimun

Buah mentimun sering digunakan sebagai bahan dalam perawatan kecantikan kulit wajah. Zat yang terkandung didalamnya mampu mengurangi kandungan minyak sekaligus meghaluskan kulit wajah Anda. Cara mengatasi muka beminyak menggunakan mentimun yaitu siapkan satu buah mentimun dicuci sampai bersih lalu dipotong menjadi 4 bagian memanjang. Bagian dalam mentimun agak sedikit dicacah kemudian gosokkan pada bagian wajah Anda yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Selain dengan cara dioles, Anda juga dapat menggunakan mentimun sebagai masker yaitu dengan cara diblender sampai halus kemudian di oleskan pada wajah secara merata.

2. Daun seledri

Daun seledri yang sering digunakan sebagai sayuran sekaligus penyedap masakan ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah muka berminyak. Cara mengatasi muka berminyak menggunakan daun seledri yaitu siapkan daun seledri secukupnya yang dicuci bersih lalu potong-potong sampai halus. Lalu rendam potongan daun seledri tersebut selama kurang lebih 15 menit di dalam air hangat. Saring air rendaman seledri dan didiamkan sebentar. Setelah itu oleskan air rendaman seledri tersebut pada muka Anda secara merata dan biarkan selama beberapa saat supaya meresap. Terakhir bilas muka Anda dengan air bersih.

3. Lemon

Buah lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C dosis tinggi sehingga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit khususnya untuk muka berminyak. Untuk mengatasi muka berminyak menggunakan buah lemon caranya cukup mudah. Pertama-tama siapkan setengah buah lemon lalu diperas untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit madu pada perasan lemon tersebut untuk menambah khasiatnya. Lalu oleskan pada muka Anda secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit supaya meresap, dan terakhir bilas wajah Anda dengan air bersih.

4. Bengkoang

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini dan mengenal khasiatnya untuk kecantikan kulit. Buah ini dalam keseharian sering dikonsumsi sebagai rujak atau asinan. Cara mengatasi muka berminyak menggunakan bengkoang yaitu siapkan 1 buah bengkoang, dikupas, dicuci sampai bersih, lalu haluskan dengan cara parut atau diblender. Gunakan bengkoang yang sudah dihaluskan tersebut sebagai masker dan biarkan beberapa saat di wajah supaya meresap. Sebaiknya Anda menggunakan masker bengkoang ini menjelang tidur, sehingga maskernya dapat bertahan lebih lama di wajah Anda. Lalu bilas dengan air hangat pada keesokan harinya.

5. Putih telur

Cara mengatasi muka berminyak yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bahan putih telur. Caranya yaitu siapkan 1 buah telur, pecahkan dan pisahkan antara kuning dan putih telurnya. Ambil putih telurnya, tempatkan di suatu wadah, lalu dikocok sampai berbusa. Oleskan putih telur pada wajah Anda secara merata biarkan beberapa saat supaya meresap dan mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.

6. Tomat

Tomat merupakan buah yang kaya manfaat karena mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh kita termasuk untuk kesehatan kulit. Tomat kaya akan vitamin C, antioksidan licopen, dan senyawa yang bersifat astringent. Senyawa ini mampu mengurangi kelebihan minyak di wajah, menghilangkan kotoran, sekaligus menjaga kelembutan dan kesegaran kulit. Cara mengatasi muka berminyak menggunakan tomat yaitu siapkan tomat secukupnya lalu dihaluskan dengan cara diblender. Gunakan tomat yang dihaluskan tersebut untuk masker wajah dan biarkan selama beberapa saat supaya meresap. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

7. Lidah buaya

Anda juga dapat mengatasi muka berminyak dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini mempunyai khasiat untuk melembabkan kulit dan membersihkan kulit dari minyak dan kotoran. Caranya yaitu siapkan satu batang lidah buaya, potong-potong, lalu ambil gel atau lendir yang terkandung di dalamnya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada wajah Anda secara merata. Diamkan salama beberapa saat dan terakhir bilas muka dengan air bersih.

Selain melakukan cara mengatasi muka berminyak seperti yang telah disebutkan di atas, hal yang sangat penting bagi Anda yang memiliki muka berminyak yaitu harus rajin merawat kulit. Bersihkan wajah Anda minimal 2 kali dalam sehari atau setiap kali terkena debu atau kotoran yang banyak menempel di wajah. Bersihkan muka Anda dengan sabun muka (facial foam) yang khusus untuk kulit berminyak. Kulit berminyak memeng mudah sekali menimbun lemak dan kotoran yang biasanya akan menyumbat pori-pori. Keadaan ini akan memudahkan timbulnya jerawat dan komedo di wajah Anda. Untuk melancarkan pori-pori, sebaiknya bersihkan wajah Anda dengan air hangat secara rutin.

Anda juga dapat melancarkan pori-pori wajah dengan terapi uap, caranya yaitu tempatkan air mendidih dalam suatu wadah lalu dekatkan muka Anda untuk mendapatkan uapnya agar meresap ke bagian wajah. Hal yang tak kalah penting untuk mengurangi produksi minyak di wajah yaitu dengan menjaga pola makan. Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan gula. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur serta minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk memperlancar metabolisme tubuh. Lakukan olahraga secara rutin untuk melancarkan peredaran darah, istirahat yang cukup, dan jauhi stres. Jika muka berminyak Anda banyak menimbulkan keluhan atau bahkan menyebabkan gangguan kulit yang makin parah sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit untuk penanganan dan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *