invisible hit counter

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Beberapa Langkah Mudah

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Beberapa Langkah MudahBagi Anda para wanita yang sedang hamil, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai bagaimana cara mengatasi mual saat hamil dengan beberapa langkah mudah. Pasalnya rasa mual saat hamil atau morning sickness adalah salah satu gejala atau tanda kehamilan yang paling sering dialami oleh para wanita hamil. Akan tetapi perlu menjadi catatan bahwa cara yang akan kami jelaskan ini adalah cara atau metode yang alami alias tanpa obat-obatan kimia. Morning sickness sendiri adalah kondisi atau gejala kehamilan yang dialami oleh wanita hamil yang diakibatkan oleh meningkatnya jumlah hormon di dalam tubuh. Dan pada umumnya 70 % wanita hamil akan mengalami gejala ini dan 50% diantaranya akan mengalami muntah setelah mual. Meskipun namanya morning sickness, namun biasanya mual-mual akan dialami selama berulang kali dalam satu hari. Nah, supaya Anda bisa mengatasi gejala hamil tersebut, simak beberapa tips yang telah kami rangkum berikut ini.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Kebiasaan Positif

Meskipun morning sickness ini terjadi karena kondisi yang alami yaitu peningkatan jumlah hormon, namun ternyata rasa mual dan muntah tersebut bisa sedikit teratasi dengan melakukan beberapa kebiasaan positif. Pasalnya kondisi seperti ini biasanya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama pada minggu-minggu pertama sampai minggu ke enam hingga ke sembilan masa kehamilan. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara mengatasi mual dan pusing saat hamil, berikut tips selengkapnya.

  1. Lebih Sering Makan

Sama halnya seperti orang yang sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan, wanita hamil disarankan untuk lebih sering makan. Akan tetapi tentu saja porsi tiap makanannya harus dikurangi. Jadi dalam sehari Anda bisa makan 4-5 kali dengan porsi makan yang sedikit. Buatlah jadwal makan Anda setiap harinya dan aturlah menu makannya supaya asupan nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi harian Anda. Mulai dari trimester pertama, Anda harus mulai memerhatikan dan mengubah pola makan Anda. Lakukan secara konsisten sampai trimester terakhir kehamilan supaya kondisi kesehatan Anda dan kandungan Anda tetap terjaga.

  1. Jangan Langsung Beranjak dari Tempat Tidur

Cara mengatasi mual saat hamil yang kedua adalah jangan langsung beranjak dari tempat tidur ketika Anda bangun pagi. Setelah Anda membuka mata, duduklah terlebih dahulu dan bangunlah secara perlahan. Tetaplah berada di atas ranjang selama beberapa menit untuk menikmati pagi hari yang menyejukkan untuk Anda. Atau bila perlu Anda juga bisa menyediakan beberapa makanan kecil dan juga minuman di dekat tempat tidur. Supaya setelah bangun tidur Anda bisa segera mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Cara ini dipercaya cukup efektif sebagai mengatasi mual dan pusing saat hamil.

  1. Jangan Makan Pedas dan Berlemak

Bagi Anda yang sebelumnya suka mengonsumsi makanan-makanan pedas dan berlemak, mulai sekarang sebaiknya Anda hindari atau minimal kurangi konsumsi makanan-makanan seperti itu. Pasalnya jenis makanan seperti itu justru bisa memicu kondisi morning sickness, tak terkecuali di siang hari ataupun di malam hari. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi minum air putih. Selain itu makan pedas dan berlemak juga bisa mengganggu kondisi kesehatan Anda terutama kesehatan pencernaan.

Artikel mengenai cara mengatasi mual saat hamil ini bersambung ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *