invisible hit counter

Cara Mengatasi Hidung Mampet secara Alami yang Efektif

Menderita hidung mampet atau tersumbat merupakan hal yang sering dialami oleh semua orang, sehingga kita perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung mampet secara efektif. Untuk mengatasi hidung mampet secara efektif, tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan biaya yang sangat murah atau bahkan tanpa mengeluakan uang sama sekali, Anda dapat mengatasi hidung mampet yaitu dengan menggunakan cara-cara yang alami. Menderita hidung mampet dapat dialami oleh siapa saja dari berbagai golongan umur. Pada umumnya kondisi ini dialami ketika cuaca dingin, saat terjadi perubahan musim (pancaroba), atau pada saat daya tahan tubuh seseorang sedang menurun.

Menderita hidung mampet biasanya disebabkan karena terjadi peradangan pada rongga atau saluran hidung. Pada waktu hidung mampet, biasanya dibarengi dengan gejala lain seperti demam, pusing/sakit kepala, batuk, dan badan terasa tidak nyaman/kurang fit. Selain karena infeksi kuman yang menyebabkan peradangan, hidung mampet juga dapat ditimbulkan karena adanya polip di rongga hidung, faktor elergi, paparan zat kimia, kontaminasi debu dan asap, sinusitis kronis, adanya tumor jinak di saluran hidung, kelainan pada sekat hidung, maupun karena faktor hormonal. Berbagai penyebab terjadinya hidung mampet tersebut dapat turut menentukan parah tidaknya kondisi yang dialami oleh penderitanya.

Berbagai Cara Mengatasi Hidung Mampet dengan Cepat

Jika Anda mengalami hidung mampet, cobalah untuk memakai tips di bawah ini yang menggunakan cara alami namun terbukti efektif sekaligus cepat untuk mengatasi hidung mampet. Anda dapat memilih salah satu ataupun menggabungkan tips berikut sesuai kebutuhan dan kondisi yang Anda alami. Berbagai cara mengatasi hidung mampet dengan cepat dan efektif antara lain sebagai berikut:

  1. Perbanyak minum air putih hangat

Cara mengatasi hidung mampet secara efektif dan sangat mudah yaitu dengan memperbanyak asupan air putih. Pada waktu mengalami hidung mampet, konsumsilah air putih yang hangat agar membantu melebarkan pembuluh darah di hidung sehingga rongga hidung terasa lega. Dengan memperbanyak asupan air putih maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga proses kesembuhan hidung mampet yang terutama disebabkan oleh radang atau infeksi kuman dapat segera sembuh dengan cepat. Selain itu asupan cairan juga efektif untuk mengencerkan lendir di hidung sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan.

  1. Terapi uap

Terapi uap merupakan cara mengatasi hidung mampet dengan menggunakan uap yang dihasilkan oleh air yang mendidih. Cara melakukannya sangat mudah. Pertama-tama masaklah air sampai mendidih kemudian tempatkan dalam sebuah baskom atau wadah. Lalu dekatkan wajah Anda ke arah wadah berisi air panas tersebut dan hiruplah uapnya dengan cara bernafas seperti biasanya.

Tentunya Anda harus berhati-hati dan dalam jarak yang aman agar wajah Anda tidak terkena air panas. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas tersebut, sehingga uap yang bercampur dengan aroma minyak kayu putih dapat lebih cepat untuk meredakan hidung mampet yang sedang Anda alami.

  1. Mengompres area hidung

Anda juga dapat menggunakan cara mengatasi hidung mampet dengan kompres hangat di area hidung. Caranya yaitu siapkan handuk kecil dan air hangat untuk mengompres. Basahi handuk kecil dengan air hangat yang telah disediakan, sedikit diperas, lalu tempelkan pada batang hidung melebar sampai bagian pipi.

Ketika melakukan terapi ini, tempatkan tubuh Anda dalam posisi setengah duduk atau berbaring dengan bantal yang agak tinggi. Diamkan beberapa saat kompresan tersebut sampai air hangatnya meresap ke pori-pori untuk meredakan hidung yang tersumbat. Jika handuk telah dingin, basahi lagi dengan air hangat dan kompres lagi hidung dengan cara yang sama.

  1. Memperbanyak asupan vitamin C

Salah satu penyebab terjadinya hidung mampet yang sering terjadi yaitu menurunnya kekebalan tubuh seseorang sehingga mudah terserang infeksi kuman penyakit. Oleh karena itu cara mengatasi hidung mampet secara efektif yaitu dengan memperbanyak asupan vitamin C. Anda dapat mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C yang terutama banyak terkandung di dalam buah-buahan. Buah yang mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi antara lain yaitu jeruk, jambu biji, stroberi, mangga, tomat, buah kiwi, belimbing, dan buah naga.

Anda juga dapat membuat minuman dengan kandungan vitamin C yang menyegarkan. Caranya yaitu siapkan jeruk nipis atau jeruk lemon lalu diperas untuk diambil airnya. Campurkan perasan tersebut pada segelas air dan tambahkan sedikit gula pasir atau madu sebagai pemanis. Minum secara teratur dua kali sehari maka hidung mapet yang Anda alami akan segera sembuh.

  1. Menggunakan terapi pijatan

Cara mengatasi hidung tersumbat yang berikutnya yaitu denga menggunakan terapi pijatan. Caranya yaitu tempelkan kedua jari tengah Anda ke bagian atas hidung hidung (daerah persis di bawah kedua alis mata), lalu tempelkan ujung lidah Anda dengan sedikit penekanan pada langit langit-langit mulut. Kemudian mulailah menekan bagian atas hidung dengan kedua jari tengah kanan dan kiri dan tahan selama kurang lebih 20 detik sambil menekan langit-langit mulut dengan lidah. Setelah 20 detik, lepaskan penekanan oleh jari dan lidah secara bersama-sama dan relaksasikan. Lakukan cara ini secara berulang-ulang maka akan cepat melegakan hidung yang mampet.

  1. Mengkonsumsi makanan yang pedas

Konsumsi makanan yang pedas juga dapat digunakan sebagai salah satu obat hidung tersumbat. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang pedas agar lendir kental di dalam rongga hidung Anda dapat mudah mencair sehingga mudah dikeluarkan dan bahkan dapat keluar dengan sendirinya. Mengkonsumsi makanan yang pedas juga dapat melebarkan pembuluh darah di rongga hindung sehingga dapat melegakan pernafasan.

Makanlah makanan pedas yang berkuah dan nikmati selagi panas/hangat. Jenis makanan pedas yang cocok dikonsumsi untuk meredakan hidung tersumbat antara lain yaitu sup sayur, sup ayam, soto, dan bakso. Namun bagi Anda yang menderita sakit maag, cara ini tentunya tidak direkomendasikan karena dapat memicu peningkatan asam lambung.

  1. Menghirup minyak angin atau inhaler

Anda juga dapat menghirup minyak angin atau inhaler sebagai cara mengatasi hidung mampet. Anda tentunya dapat dengan mudah menemukan minyak angin atau inhaler di apotik. Selain minyak angin atau inhaler, Anda juga dapat menggunakan balsem. Cara melakukan terapi ini sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu mendekatkan minyak angin, inhaler, atau balsem ke dekat rongga hidung dan hirup secara perlahan. Anda juga dapat mengoleskan bahan-bahan tersebut ke daerah di bawah hidung atau di area sekitar leher untuk melegakan pernafasan sekaligus memberikan rasa hangat di badan.

Ketika Anda sedang mengalami hidung mampet apalagi disertai dengan menggigil, maka gunakan pakaian yang agak tebal untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Apabila hendak mandi, maka sebaiknya gunakan air yang hangat. Selain untuk menghindari kedinginan, mandi air hangat juga cukup efektif untuk meredakan hidung tersumbat. Selain menerapkan cara mengatasi hidung mampet seperti yang telah diterangkan di atas, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu langkah pencegahan agar Anda terhindar dari hidung mampet.

Untuk mencegah hidung mampet, hal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur, banyak minum air putih, mencukupi kebutuhan vitamin C, banyak makan buah dan sayur, menghindari stres, dan istirahat yang cukup. Anda perlu waspada karena pada beberapa kasus, hidung mampet yang berlangsung kronis dapat disebabkan karena penyakit berbahaya seperti tumor atau kanker. Oleh karena itu jika menderita hidung mampet dalam waktu yang lama atau susah sembuh maka konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan solusi medis yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *