invisible hit counter

Cara Mengatasi Bau Badan Tak Sedap supaya Tampil Percaya Diri

Cara Mengatasi Bau Badan Tak Sedap supaya Tampil Percaya DiriMemiliki masalah dengan bau badan tentunya membuat Anda merasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, Anda wajib mencoba berbagai cara mengatasi bau badan tak sedap berikut ini. Selain menurunkan rasa percaya diri, bau badan tak sedap tentunya juga mengganggu orang-orang yang berada di sekeliling Anda. Mereka pasti merasa kurang nyaman, walaupun mungkin tidak berani mengungkapkannya kepada Anda. Soal bau badan, memang tiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah sekali mengeluarkan bau badan tak sedap ketika sedikit saja berkeringat, tetapi ada juga orang yang tidak terlalu mengeluarkan bau yang menyengat walaupun sedang berkeringat.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki masalah dengan bau badan. Faktor tersebut antara lain faktor genetik, hormon, pola aktifitas, makanan, stres, maupun kurangnya kebersihan personal. Bau badan tak sedap dapat dialami oleh siapa saja, namun berdasarkan penelitian bau badan tak sedap secara signifikan terjadi ketika seseorang menginjak usia pubertas. Sebab pada masa ini terjadi perubahan hormon reproduksi yang meningkatkan produksi keringat serta tumbuhnya bulu di area-area tertentu sehingga dapat memicu timbulnya bau badan. Produksi keringat tersebut dihasilkan oleh kelenjar apocrine yang biasanya keluar pada area-area yang ditumbuhi oleh bulu/rambut. Bau badan akan mudah terjadi jika keringat bercampur dengan bakteri.

Beberapa Cara Mengatasi Bau Badan Tak Sedap yang Mengganggu

Bau badan biasanya sumbernya muncul di bagian tubuh yang mudah berkeringat dan tertutup, seperti ketiak dan selangkangan. Namun bau badan dapat muncul di semua area tubuh jika didukung oleh percampuran bakteri serta kebersihan diri yang kurang. Untuk mengatasi bau badan tak sedap, Anda dapat menggunakan cara-cara yang alami karena lebih murah dan tanpa menimbulkan efek samping. Beberapa cara mengatasi bau badan secara alami dan efektif antara lain sebagai berikut:

  1. Mandi minimal 2 kali dalam sehari

Cara mengatasi bau badan yang paling utama yaitu dengan mandi secara rutin. Mandi sangat penting untuk membersihkan semua kotoran dan keringat yang menempel di badan. Sebab kotoran dan keringat di badan jika tidak dibersihkan secara rutin tentunya dapat menjadi penyebab timbulnya bau badan tak sedap. Lakukan mandi secara rutin 2 kali dalam sehari. Jangan lupa untuk selalu mandi menggunakan air yang bersih dan pakailah sabun yang mempunyai kandungan anti bakteri. Bersihkan tubuh badan Anda sampai ke sela-sela tubuh sehingga tidak memberi kesempatan kuman untuk berkembang biak di dalamnya.

  1. Daun sirih

Daun sirih merupakan daun yang memiliki kandungan zat anti bakteri dan antiseptik alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mengatasi masalah bau badan. Cara mengatasi bau badan dengan daun sirih yaitu siapkan beberapa lembar daun sirih yang masih segar, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus, oles atau balurkan tumbukan daun sirih tersebut ke seluruh badan. Diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan mandi air hangat. Selain cara tersebut, Anda juga dapat menggunakan daun sirih untuk mengatasi bau badan dari dalam. Caranya rebus beberapa lembar daun sirih dalam 2 gelas air, lalu setelah matang minum rebusan air daun sirih tersebut dan minumlah secara rutin.

  1. Daun kemangi

Daun kemangi yang sering digunakan untuk lalapan ini, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Aromanya yang harum serta kandungan mineral dan anti bakterialnya dapat menghilangkan bau mulut sekaligus bau badan yang tidak sedap. Cara mengatasi bau badan dengan daun kemangi sangat mudah, Anda dapat secara rutin mengkonsumsi daun kemangi yang telah dibersihkan, atau dapat juga memakannya sebagai lalapan.

  1. Cengkeh

Cara mengatasi bau badan yang berikutnya yaitu dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh merupakan salah satu jenis tanaman herbal tradisional yang dapat berkhasiat sebagai anti inflamasi atau mencegah peradangan. Caranya yaitu siapkan satu genggam cengkeh, masukkan ke dalam 2 gelas air, lalu direbus. Gunakanlah air rebusan cengkeh tersebut untuk diminum secara rutin 3 kali dalam seminggu, atau dapat pula membuatnya dalam jumlah lebih banyak untuk digunakan membasuh tubuh Anda secara langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C ini juga dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Selain jeruk nipis, Anda juga dapat menggunakan buah lemon dengan khasiat yang sama. Cara mengatasi bau badan dengan jeruk nipis yaitu siapkan 2 buah jeruk nipis. Masing-masih dibelah menjadi dua bagian lalu diperas untuk diambil airnya. Tampung air perasan jeruk nipis dalam suatu wadah dan campurkan kapur sirih secukupnya sehingga membentuk seperti krim. Oleskan ramuan tersebut pada badan terutama di ketiak atau di tempat lain yang sering mengeluarkan bau tidak sedap. Biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas dengan air bersih sekalian mandi.

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman rempah-rempah yang juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cara mengatasi bau badan menggunakan jahe sangat mudah. Buatlah jahe sebagai minuman/wedang dan konsumsi secara rutin 1 kali sehari terutama pada malam hari sebelum tidur.

  1. Ketimun

Ketimun sering dikenal sebagai buah untuk menurunkan tekanan darah serta sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Selain manfaat tersebut, ternyata ketimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cara mengatasi bau badan menggunakan ketimun yaitu potong ketimun menjadi beberapa bagian lalu oleskan potongan-potongan tersebut pada badan terutama di ketiak. Biarkan selama beberapa saat setelah itu bilas dengan air bersih.

  1. Daun jambu biji

Selain untuk mengobati gangguan pencernaan, daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bau badan. Cara mengatasi bau badan dengan jambu biji yaitu siapkan sekitar satu genggam daun jambu biji yang masih segar lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan tumbukan daun jambu biji tersebut di badan Anda. Tunggu beberapa saat supaya meresap lalu bilas dengan air bersih.

Selain menerapkan cara mengatasi bau badan seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda juga harus menghindari atau meminimalkan hal-hal yang dapat memicu timbulnya bau badan. Faktor yang dapat memicu timbulnya bau badan yaitu makanan. Jenis makanan yang dapat memicu timbulnya bau badan antara lain daging merah, bawang merah, bawang putih, cabe, terasi, bumbu kari, kopi, dan makanan cepat saji/ junk food. Selain itu hindari juga kebiasaan merokok dan minum alkohol. Anda juga harus memperhatikan pakaian yang Anda kenakan. Sebaiknya pilihlah pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak menimbulkan efek panas. Jangan lupa untuk mengganti pakaian yang Anda kenakan secara rutin baik pakaian dalam maupun pakaian luar, sebab pakaian yang kotor yang bercampur keringat tentunya dapat menjadi sarang bakteri sehingga menimbulkan bau badan tak sedap.

Untuk mencegah timbulnya bau badan, Anda juga dapat melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga memang akan menyebabkan keluarnya banyak keringat, namun keringat tersebut justru akan membuang kotoran dan bakteri melalui pori-pori sehingga akan mencegah timbulnya bau badan. Namun tentunya setelah selesai berolahraga, jangan lupa untuk beristirahat sejenak supaya keringatnya kering kemudian mandi supaya badan bersih. Mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari juga dapat membantu mengurangi bau badan. Selain itu, hindarilah stres sebab dapat memicu terjadinya produksi keringat berlebih. Untuk mengatasi bau badan, Anda juga dapat menggunakan deodoran atau antiperspiran yang banyak dijual di pasaran, namun pilihlah yang benar-benar cocok dengan kulit Anda agar tidak menimbulkan alergi atau terjadinya iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *