invisible hit counter

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun untuk Membentuk Kepribadian

Cara mendidik anak usia 3 tahun tentunya berbeda dengan cara mendidik anak pada usia sebelumnya, sebab pada usia 3 tahun anak sudah lebih responsif dan mulai memiliki otonomi pada dirinya sendiri. Oleh karena itu pada masa inilah anak harus mulai diajarkan untuk mandiri. Pada usia 3 tahun ini biasanya terdapat perubahan perilaku pada anak, seperti anak menjadi egois, susah diatur, mudah marah, keras kepala, dan sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, sebab pada tahapan ini anak mulai mengembangkan keinginan-keinginan dalam dirinya yang seringkali keinginan tersebut tidak sesuai dengan apa yang orang tua harapkan. Sehingga tugas Anda sebagai orang tua adalah mengarahkan agar keinginan-keinginan anak tersebut sesuai pada jalur yang benar dan memberikan bimbingan pada anak tentang dasar kemandirian dan tanggung jawab.

Selain itu, pada usia 3 tahun merupakan masa yang tepat untuk mulai menanamkan nilai-nilai moral pada anak dan memberikan wawasan-wawasan baru. Pada tahap ini, anak sebaiknya mulai diajak untuk berfikir bahwa tidak semua apa yang diinginkannya dapat terpenuhi. Sehingga anak dapat berlatih untuk bersabar dan mengendalikan ego atau keinginannya. Anak hendaknya juga mulai diajarkan dasar-dasar kedisiplinan sehingga ketika mereka beranjak dewasa, kedisiplinan bukanlah menjadi suatu paksaan tetapi sudah menjadi suatu kebiasaan yang sangat ringan dan menyenangkan untuk dijalani. Peran orang tua pastinya sangat besar dalam menentukan keberhasilan anak untuk melewati periode ini. Oleh karena itu orang tua harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang cara mendidik anak usia 3 tahun dengan benar.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun dengan Benar

Keluarga adalah tempat belajar pertama kali pada anak untuk mengetahui segala sesuatu yang ada di sekitarnya dan sarana untuk mengembangkan kepribadian. Sehingga orang tua, pengasuh, maupun semua anggota keluarga hendaknya memiliki kesepahaman yang sama dalam rangka mendidik dan membentuk anak agar berkembang menjadi pribadi yang baik. Berikut ini adalah cara mendidik anak usia 3 tahun dengan benar:

  1. Ajarkan untuk mandiri

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang paling utama yaitu ajarkan kepadanya untuk latihan mandiri. Mandiri di sini maksudnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan sendiri oleh anak, tentunya sesuai dengan kemampuan sesuai umurnya. Pada usia 3 tahun hendaknya diajarkan untuk mulai mengenakan pakaiannya sendiri, seperti memakai baju, celana, atau sepatu. Tentunya jangan dipaksa untuk langsung bisa, bimbinglah dengan sabar sedikit demi sedikit dari pakaian yang mudah dikenakan terlebih dahulu. Selain berpakaian, ajarkan juga kepada anak untuk makan sendiri. Pada awalnya mungkin makannya sedikit berantakan, tidak mengapa hal itu merupakan hal yang wajar. Bimbinglah untuk memakai sendok atau garpu dengan benar serta minum dari gelas biasa.

  1. Libatkan untuk membantu pekerjaan sederhana

Pada usia 3 tahun, sebaiknya libatkan anak untuk membantu pekerjaan sederhana agar si kecil mulai berlatih bertanggung jawab. Pekerjaan sederhana tersebut antara lain menyuruh anak untuk membuang sampah pada tempatnya, menaruh piring di tempat cucian, membereskan mainannya setelah selesai bermain, atau menaruh pakaian kotornya ke dalam keranjang. Arahkan agar pekerjaannya dapat dikerjakan dengan benar. Jangan langsung memberikan pekerjaan yang sulit kepada anak karena dapat membuatnya frustasi.

  1. Kembangkan kemampuan bahasanya

Cara mendidik anak usia 3 tahun yang berikutnya yaitu dengan mengembangkan kemampuan bahasanya. Pada umumnya anak usia 3 tahun sedang aktif-aktifnya untuk berbicara dan merekam apa saja yang ia dengar dan kemudian ditirukannya. Oleh karena itu jika berbicara di hadapan anak, sebagai orang tua harus menyuguhkan bahasa yang baik, jangan sekali-kali berbicara kasar atau hal yang tidak terpuji karena akan terekam ke dalam memorinya. Dalam memilih acara TV sebaiknya pilihlah acara yang sesuai dengan umurnya karena setiap percakapan yang ia dengar, biasanya akan ditirukannya.

Sebagai orang tua hendaknya kembangkan kosakata dan variasi kalimat kepada si kecil dengan cara menceritakan atau mendeskripsikan suatu obyek agar dia mudah menyerap kata-kata yang Anda sampaikan, misalnya menceritakan tentang makanan yang ia makan, tentang jenis mainan yang ia mainkan, bercerita mengenai anggota keluarga, macam-macam profesi, atau menceritakannya dongeng di buku cerita.

  1. Ajarkan untuk bersosialisasi

Sejak usia 3 tahun hendaknya mulai diajarkan bersosialisasi kepada si kecil. Caranya yaitu dengan mengajaknya keluar rumah pada acara-acara yang melibatkan orang sekitar, misalnya acara arisan, resepsi atau hajatan, lomba-lomba, dan sebagainya. Dengan cara ini maka anak mulai dapat memahami bahwa terdapat orang lain di luar keluarganya, sehingga dia tidak takut/phobia ketika bertemu dengan orang lain. Selain itu biarkan anak untuk bermain dengan teman sebayanya, tentunya dengan pengawasan yang intensif. Pada perkembangan anak usia 3 tahun biasanya dia suka bermain dengan teman-temannya, maka arahkan untuk bermain di dalam rumah atau di dekat rumah saja agar dapat terawasi dengan baik dan suguhkan mainan yang mempunyai nilai edukasi dan arahkan agar selalu bersikap baik pada teman bermainnya.

  1. Mengatur jadwal aktifitasnya

Anak usia 3 tahun jika dibiarkan terlalu asyik bermain, biasanya menjadi lupa dengan aktifitas lainnya. Oleh karena itu walaupun anak dibiarkan bermain, namun ingatkan kepadanya untuk tidak melupakan aktifitasnya yang lain, misalnya makan, tidur siang, maupun mandi. Berikan pengertian secara baik-baik dan jangan memaksanya, tanamkan kesadaran tentang manfaat yang didapatkan jika dia mau menuruti apa yang disuruh oleh orang tuanya.

  1. Biasakan untuk berbagi

Kebiasaan untuk berbagi dengan orang lain harus diajarkan sejak kecil, tentunya dengan cara-cara yang sederhana. Misalnya saja ketika anak sedang bermain, maka biasakanlah untuk meminjamkan mainannya kepada teman yang lain, atau ketika makan biskuit arahkan untuk membaginya kepada teman yang lain. Kebiasaan berbagi ini sangat penting ditanamkan sejak dini agar ketika dewasa nanti dia mempunyai kepedulian sosial kepada sesama.

  1. Berikan pemahaman tentang nilai moral yang baik

Pada usia 3 tahun, mulai tanamkan kepada anak tentang nilai-nilai moral yang baik, misalnya tentang indahnya berbagi dengan sesama, berbuat baik kepada teman, mulai mengenalkan dia kepada Tuhan, mengajaknya untuk beribadah bersama, mengajarinya berdoa, berterimakasih ketika dikasih sesuatu, minta maaf ketika salah, dan sebagainya. Nilai-nilai yang baik ini akan mudah terekam di memomi sang anak sehingga dapat menjadikannya suatu budaya/kebiasaan yang positif.

  1. Ajak pergi jalan-jalan

Cara mendidik anak usia 3 tahun juga dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan mengajaknya pergi jalan-jalan. Pergi jalan-jalan tentunya akan memberikan hiburan tersendiri bagi si kecil serta menambah kehangatan dalam keluarga. Ajaklah anak untuk mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai edukasi, misalnya di kebun binatang, cagar alam, museum, pantai, monumen bersejarah, pasar, dan sebagainya. Biarkan anak mengeksplor rasa keingintahuan dan ketertarikannya, lalu berikan informasi-informasi menarik tentang obyek yang ditemui dan melakukan interaksi timbal balik yang aktif dengan si kecil.

Selain menerapkan cara mendidik anak usia 3 tahun yang telah disebutkan di atas, hal yang tidak kalah penting dalam mendidik anak yaitu unsur keteladanan dari orang tua. Oleh karena itu, selalu berikan keteladanan atau contoh yang baik bagi si anak dengan selalu menjaga tindak tanduk yang baik maupun perkataan terutama ketika di depan anak-anak. Dalam menyuruh si kecil pun sebaiknya juga berikan contoh terlebih dahulu, sehingga orang tua tidak terkesan asal perintah. Dan jangan lupa untuk memberikan pujian ketika anak mampu melakukan pekerjaannya dengan baik, sebab dapat memotivasi anak agar selalu berusaha mempertahankan dan meningkatkan perbuatan baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *