invisible hit counter

Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak Secara Alami

Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak Secara AlamiCara menambah nafsu makan pada anak bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh para orang tua. Pasalnya kebanyakan anak-anak memiliki seribu alasan untuk menolak saat disuruh untuk makan. Jika sudah demikian, akibatnya akan berdampak pada si anak itu sendiri. Dan sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin terjadi sesuatu pada anak Anda, bukan? Oleh karena itu Anda harus punya cara-cara jitu supaya nafsu makan si anak meningkat dan asupan gizinya pun bisa terpenuhi. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang berbagai macam penyebab buah hati Anda kehilangan selera makannya dan bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Kebanyakan orang tua mungkin menggunakan cara menambah nafsu makan anak dengan memaksanya untuk makan. Namun justru cara tersebut terbukti kurang efektif dan justru bisa membuat si kecil kurang nyaman. Lalu bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami pada Anak

Pernahkah Anda menyadari kondisi di mana si anak lebih lahap saat makan bersama teman-temannya ketimbang saat dia makan sendiri? Nah, seharusnya dari situ Anda bisa mengambil kesimpulan apa yang membuat buah hati Anda kurang nafsu makan. Pada umumnya ada banyak sekali hal yang bisa membuat anak malas makan. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena mulai saat ini mungkin Anda bisa mencoba beberapa metode atau cara menambah nafsu makan anak dengan alami berikut ini.

  1. Ajak Dia Berolahraga

Jika anak Anda jarang bermain ke luar untuk melakukan aktivitas seperti kebanyakan anak sebayanya, maka cobalah untuk mengajak si anak keluar rumah untuk berolahraga. Minimal ajaklah dia bermain supaya tubuhnya lebih aktif bergerak. Saat anak berolahraga atau menggerakan tubuhnya secara aktif, detak jantungnya akan meningkat. Hal ini membuat pembakaran kalori di dalam tubuh lebih optimal. Dengan demikian nafsu makan si anak biasanya juga akan ikut naik.

  1. Jangan Minum Sebelum Makan

Cara menambah nafsu makan pada anak selanjutnya adalah dengan menghindari minum sebelum makan. Oleh karena itu sebelum si anak makan, lebih baik Anda himbau buah hati Anda supaya tidak minum terlebih dahulu. Entah itu minum air putih, susu, sirup, dan sebagainya. Alasannya adalah karena air yang dikonsumsi oleh si anak bisa memenuhi perut dan akhirnya perut terasa kenyang. Kalau sudah demikian, akibat selanjutnya tentu saja adalah nafsu makan si anak akan berkurang.

  1. Mengonsumsi Jeruk

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang tinggi. Di dalam tubuh manusia vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Maka dari itu tak ada salahnya apabila Anda lebih rutin memberikan konsumsi vitamin C melalui buah jeruk kepada anak Anda. Selain itu asupan vitamin C yang cukup juga bisa membantu metabolisme di dalam tubuh semakin lancar.

  1. Mengonsumsi Vitamin B dan Zinc

Selain mengonsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah jeruk, cara menambah nafsu makan pada anak juga bisa Anda lakukan dengan menambah asupan vitamin B dan zinc. Seseorang yang mengonsumsi vitamin B secara teratur ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan mengontrol suasana hati bagi seseorang yang sedang malas makan. Zinc juga dinilai memiliki fungsi yang sama dengan vitamin B. Oleh karena itu apabila ada seseorang yang kekurangan zinc, nafsu makannya biasanya akan berkurang.

Artikel mengenai cara menambah nafsu makan pada anak secara alami ini berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *