invisible hit counter

Cara Diet yang Sehat dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Cara Diet yang Sehat dan Efektif Menurunkan Berat BadanSaat ini begitu banyak cara menurunkan berat badan yang bisa anda temukan di berbagai media mulai media sosial dan internet hingga berbagai majalah, hanya saja tidak begitu banyak pembaca memilih cara diet yang sehat. Cara diet yang sehat menekankan pada proses yang tidak instan terhadap penurunan berat badan setiap orang yang menjalaninya, dan selain itu butuh komitmen yang kuat untuk bertahan pada proses ini. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa cara diet yang sehat kurang begitu diminati jika dibandingkan dengan cara diet cepat.

Cara diet cepat memang mampu menurunkan berat badan anda dalam waktu singkat, namun berbagai kondisi penyakit juga ikut mengintai kesehatan anda. Anda mudah merasa lemas dan cepat lelah, bahkan dehidrasi dan gangguan keseimbangan elektrolit di dalam darah bisa anda rasakan. Sejumlah alasan inilah yang menyebabkan sangat penting bagi anda untuk memikirkan cara diet yang dipilih untuk menurunkan berat badan.

7 Cara Diet yang Sehat, Perlahan Menurunkan Berat Badan dengan Bonus Tubuh Sehat

Dalam menjalani cara diet yang sehat, penting bagi kita untuk memiliki komitmen yang kuat terhadap metode penurunan berat badan yang sudah kita pilih.  Dengan menjalani sejumlah tips dan cara diet di bawah ini maka berat badan ideal yang diidamkan akan anda dapatkan dengan bonus tubuh yang semakin sehat. Mari kita simak apa saja 7 tips cara diet yang sehat tersebut.

1. Tentukan target dan kuatkan komitmen.

Langkah pertama dalam menjalani cara diet yang sehat adalah bagaimana anda menentukan target yang sehat dan tidak berlebihan, serta menguatkan tekad dan komitmen untuk menjalani metode diet ini. Target sehat dalam menurunkan berat badan yang dimaksud adalah seperti saat anda menargetkan akan turun setengah kilogram dalam seminggu, atau dengan menargetkan untuk mengurangi porsi makanan berminyak (misalnya “saya hanya akan makan gorengan 1 potong selama seminggu..”), dan masih banyak target sederhana yang tidak muluk-muluk untuk dijalani. Dengan menargetkan hal-hal kecil seperti ini anda akan lebih termotivasi dan tidak mudah menyerah, karena hasil yang ingin dicapai tidak mustahil untuk didapatkan.

2. Perhatikan bagaimana cara Anda mengolah makanan.

Setelah menentukan target dan menguatkan komitmen untuk mengikuti cara diet yang sehat, anda harus menata ulang pola makan anda sehari-hari. Dimulai dari berapa banyak anda makan, seberapa sering anda makan setiap harinya dan tentu saja apa saja jenis makanan yang anda konsumsi. Dimulai dari berapa banyak dan seberapa sering anda makan, untuk pengaturan kedua hal ini anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menghitung jumlah kalori yang anda butuhkan setiap hari.

Selain itu anda perlu memperhatikan jenis makanan terutama bagaimana pengolahan makanan tersebut. Pengolahan makanan dengan cara digoreng harus benar-benar dibatasi. Bagaimana tidak, sebagian besar penderita berat badan berlebih sangat menyukai gorengan. Untuk menggantinya anda bisa mengolah makanan dengan cara dikukus atau direbus, dan jika ada yang bertanya mengapa anda harus mengganti cara masak anda, alasannya sangat sederhana: karena dengan direbus atau dikukus kandungan nutrisi dalam makanan akan tetap utuh. Selain itu, makanan-makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh, dan juga kalori dalam makanan yang digoreng ternyata lebih tinggi.

3. Jangan remehkan cemilan!

Selanjutnya dalam melakukan cara diet yang sehat anda perlu memperhatikan kebiasaan ngemil, karena pengaruh dari konsumsi makanan kecil ini bisa menambah begitu banyak kalori bagi tubuh anda.  Selain kalori yang tinggi, makanan-makanan kecil kemasan mengandung garam yang banyak dan juga terkadang disertai dengan adanya bahan pengawet di dalamnya. Jika anda terpaksa harus mengkonsumsi makanan-makanan ringan ini maka pastikan anda membaca label nutrisi pada kemasannya untuk melihat jumlah kalori dan memperkirakan sisa kalori yang akan anda konsumsi selanjutnya. Apabila anda memang memiliki kebiasaan ngemil yang sangat sulit diubah, anda bisa mengganti makanan kecil yang biasa anda konsumsi dengan cemilan sehat seperti kacang almond.

4. Lebih banyak konsumsi sayur dan buah.

Selain tadi kita membahas tentang pengolahan makanan dalam cara diet yang sehat yang lebih mengutamakan makanan-makanan yang direbus atau dikukus, maka dalam poin kali ini kita akan menekankan pada jenis makanannya. Setiap kali anda akan menyiapkan menu makanan, maka penuhilah piring anda dengan sayuran serta buah-buahan. Sepertiga dari piring anda bisa anda isi dengan sumber protein hewani seperti ikan atau daging. Jumlah karbohidrat bisa dibatasi atau diganti dengan jenis karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum. Jenis makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks ini akan lebih lama diserap oleh tubuh sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama.

5. Perbanyak minum air putih.

Selain itu jika anda masih saja lapar maka cara mengakali nafsu makan yang sangat tinggi ini adalah dengan mengkonsumsi air putih. Jadi setiap anda lapar dan jadwal makan anda sudah lewat maka anda hanya diperbolehkan untuk minum air putih. Selain bagus bagi kesehatan, berat badan anda juga akan ikut turun dengan cara diet yang sehat ini.

6. Teruslah bergerak!

Dalam menjalani cara diet yang sehat maka tidak ada hal lain yang bisa menggantikan posisi olahraga. Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang biasa anda lakukan sebelumnya, dan jika anda merasa tidak begitu menyukai olahraga maka anda bisa memulai dengan hal-hal kecil seperti berjalan santai di pagi hari. Usahakanlah untuk tetap bergerak aktif setiap hari atau sediakan waktu khusus untuk berolahraga sebanyak 3 kali seminggu minimal selama 30 menit.

7. Lihat isi kulkas anda!

Cara diet yang sehat terakhir yang akan kami bagikan dalam artikel ini adalah bagaimana anda mengatur isi kulkas anda. Mengapa hal ini penting? Kulkas atau lemari pendingin dan tempat penyimpanan makanan lainnya adalah tempat yang akan kita tuju jika kita merasa lapar. Untuk itulah anda harus mengosongkan kulkas anda atau setidaknya isilah kulkas anda dengan makanan-makanan sehat seperti buah-buahan atau salad. Walaupun sederhana, dengan memperhatikan isi kulkas maka anda akan membiasakan diri anda untuk tidak menuruti nafsu makan yang tidak terkontrol.

Itulah 7 cara diet yang sehat dan ampuh untuk menurunkan berat badan anda. Kembali kami ingatkan bahwa komitmen untuk menjalankan tips-tips di atas setiap hari adalah hal yang penting. Dengan komitmen yang kuat dan target yang realistis maka metode apapun yang akan anda gunakan untuk menurunkan berat badan pasti akan berhasil. Perubahan berat badan yang ingin disertai dengan kesehatan fisik yang prima memang membutuhkan proses yang tidak instan, untuk itu anda harus semangat untuk menjalani metode diet ini. Akhir kata semoga artikel sederhana ini berguna dalam menambah wawasan kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *