invisible hit counter

Cara Cepat Menaikan Berat Badan Menjadi Lebih Ideal

Cara Cepat Menaikan Berat Badan Menjadi Lebih IdealSelain ingin menurunkan berat badan, ternyata masyarakat juga banyak yang mencari cara cepat menaikan berat badan. Hampir seluruh media massa, masyarakat bahkan buku pengetahuan populer lebih condong dan fokus membahas bagaimana cara menurunkan berat badan. Namun ternyata banyak pula orang yang sangat kurus dan berusaha menaikan berat badannya.

Mempunyai badan yang kurus dan kecil mugnkin merupakan impian banyak orang, namun mereka yang mengalaminya mengetahui bagaimana rasanya kurang percaya diri dengan tampilan dirinya. Selain mengganggu segi kosmetik, ternyata memiliki badan yang terlalu kurus juga membuat seseorang menjadi lebih berisiko mengidap berbagai macam penyakit seperti osteoporosis. Inilah daftar cara cepat menaikan berat badan yang dapat berguna bagi Anda yang ingin memperindah dan mempersehat tubuh Anda.

Inilah Cara Cepat Menaikan Berat Badan yang Dapat Anda Lakukan

Banyak alasan mengapa badan seseorang dapat sangat kurus dan sulit untuk bertambah berisi. Selain karena penyakit yang mungkin diderita, badan yang kurus juga dapat disebabkan oleh metabolisme tubuh yang lebih cepat dari orang biasanya. Selain itu, pola makan dan gaya hidup yang salah juga dapat menjadikan seseorang mempunyai tubuh yang kecil dan kurus. Maka inilah tips menaikan berat badan dengan cepat yang dapat Anda lakukan:

  • Kalori yang Masuk Harus Lebih Banyak Daripada yang Dikeluarkan

Prinsip sederhana seperti ini merupakan dasar dari cara cepat menambah berat badan. Sederhananya, Anda harus mengkonsumsi makanan lebih banyak daripada makanan yang nantinya akan dibakar menjadi energy untuk tubuh Anda. Untuk mengetahui kebutuhan kalori harian Anda, Anda dapat mencari kalkulator kalori online di internet. Setelah mengetahui kebutuhan kalori harian, tambahkan jumlah kalori yang harus Anda makan dalam satu hari.

Menambah 300-500 kalori tambahan dalam sehari dapat menaikan berat badan Anda. Menambah 700-1000 kalori tambahan dalam sehari dapat menjadi cara cepat menaikan berat badan yang lebih ampuh.

  • Utamakan Konsumsi Protein

Dari berbagai macam jenis nutrisi, proteinlah yang memegang peranan penting sebagai cara cepat menaikan berat badan dengan cepat dan sehat. Mengapa? Karena konsumsi protein yang cukup bahkan lebih dalam sehari disertai dengan aktivitas fisik yang baik akan membantu tubuh membangun otot sehingga akan membuat tubuh Anda terlihat lebih berisi dan sehat. Jadi, menambahkan protein sebagai tambahan kalori utama akan menambah masa otot, bukan masa lemak pada tubuh Anda. Namun perlu diingat, protein dapat membuat seseorang kenyang lebih lama sehingga dapat menghambat usaha Anda mengkonsumsi kalori yang lebih banyak. Usahakan mengkonsumsi protein sebanyak 1,5-2,2 gram per kg berat badan per harinya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Makanlah Minimal Tiga Kali Sehari

Setelah menambah protein, penting juga menambahkan konsumsi karbohidrat dan lemak dalam menu makanan harian Anda. Dan pastikan Anda mendapat asupan makanan berat minimal tiga kali dalam sehari. Mengurangi porsi makan dan ‘puasa’ dalam waktu yang cukup lama dapat menghambat proses menaikan berat badan. Akan lebih baik lagi bila Anda menyisipkan makanan ringan berkalori tinggi di antara waktu makan Anda. Ini akan menjadi cara cepat menaikan berat badan yang efektif.

  • Makanan Berkalori Tinggi

Memilih makanan berkalori tinggi merupakan salah satu cara cepat menaikan berat badan. Maksud makanan berkalori tinggi ialah makanan dengan porsi yang sedikit namun memberikan tambahan kalori yang banyak. Beberapa contoh makanan berkalori tinggi adalah: kacang almond, kismis; makanan produk susu seperti keju, yogurt, krim; makanan dengan tambahan minyak zaitun; nasi; daging seperti daging ayam, sapi, kambing; umbi-umbian seperti kentang dan ubi manis; coklat; alpukat; santan; dan lainnya. Hindari juga mengkonsumsi sayuran hijau dalam jumlah yang  banyak karena sayuran merupakan makanan berkalori rendah.

  • Makanlah Makanan Favorit Anda

Makanan yang kaya rasa, bersaus dan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Bila misi Anda adalah menambah asupan kalori, maka mengkonsumsi makanan favorit Anda dan makanan dengan rasa yang enak merupakan cara menaikan berat badan yang efektif. Banyak orang yang merasa sangat kenyang bila memaksakan makan makanan yang penuh dengan protein dan karbohidrat yang tidak mereka suka. Mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak juga dapat menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan bagi mereka yang berusaha menambah berat badan. Maka, makanan pedas, bersaus dan enak akan membantu Anda memiliki nafsu makan yang baik.

  • Angkat Beban

Olahraga angkat beban adalah salah satu cara cepat menaikan berat badan yang penting. Tanpa melatih otot Anda, kalori tambahan yang Anda konsumsi dapat berubah menjadi lemak yang nantinya juga akan memperburuk tampilan serta kondisi kesehatan Anda. Olahraga melatih otot akan melatih otot Anda dan mempercepat perubahan protein menjadi masa otot. Disarankan untuk melatih otot dengan angkat beban 2-4 kali dalam seminggu. Perlu juga untuk meningkatkan beban seiring berjalannya waktu. Jangan banyak melakukan olahraga lari, bersepeda atau jalan kaki karena malah akan menurunkan berat badan Anda. Bila perlu, konsultasikan kondisi dan goal Anda dengan pelatih tim kebugaran.

  • Mempertahankan Berat Badan

Jangan sepelekan strategi ini, karena percuma bila Anda telah melakukan cara cepat menaikan berat badan namun tidak dapat mempertahankan berat badan Anda. Andaikata Anda telah menjalani diet dan olahraga angkat beban dengan teratur dan berhasil menaikan berat badan Anda, nah masa inilah yang terpenting untuk mempertahankan berat Anda. Bolos atau berhenti berolahraga dapat membuat Anda kehilangan masa otot Anda. Bahkan hanya dibutuhkan berhenti selama 2 bulan untuk menghancurkan apa yang sudah Anda bangun selama bertahun-tahun. Jadi, konsistensi merupakan kunci dari mempertahankan berat badan Anda dan agar berat badan Anda terus naik ke angka yang ideal.

Tips Menaikan Berat Badan (Cara Singkat dan Praktis)

Dengan melakukan cara-cara di atas dengan konsisten, diharapkan Anda dapat mencapai berat badan ideal dengan cepat. Kombinasikan cara di atas dengan tips singkat di bawah agar program penaikkan berat badan Anda semakin sukses:

  • Jangan minum air sebelum makan
  • Makan lebih sering
  • Makanlah makanan ringan sebelum tidur
  • Gunakan piring yang lebih besar saat makan
  • Utamakan minum susu bila haus
  • Tambahkan krim pada kopi atau pilihlan kopi dengan krimer
  • Tidur yang cukup

Mencapai berat badan yang ideal bukanlah hanya semata-mata impian orang dengan berat badan berlebih, namun juga orang dengan berat badan yang kurang. Menambah asupan kalori dan membentuk masa otot merupakan inti dari cara cepat menaikan berat badan. Selalu konsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, hindari sayur dan makan minimal tiga kali sehari. Jangan lupakan juga olahraga angkat beban yang merupakan hal esensial dari cara cepat menaikan berat badan. Perlu diingat bahwa konsistensi merupakan kunci utama dari kedua inti cara cepat menaikan berat badan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *