invisible hit counter

Cara agar Cepat Tinggi yang Mudah dan Alami

Cara agar Cepat Tinggi yang Mudah dan AlamiBanyak orang mencari cara agar cepat tinggi, terutama bagi mereka yang masa pertumbuhannya sudah berakhir (18 tahun bagi wanita dan 21 tahun bagi pria). Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik dan non-genetik. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 60-80% tinggi badan bergantung pada faktor genetik. Tinggi badan yang dipengaruhi oleh faktor genetik bermakna bahwa tinggi badan manusia akan bervariasi dari satu populasi dengan populasi lainnya. Rata-rata tinggi badan orang Asia akan berbeda dengan rata-rata tinggi badan orang Eropa. Sementara itu, sebanyak 20-40% tinggi badan dipengaruhi oleh faktor lingkungan (seperti misalnya iklim dan topografi wilayah), penyakit pada masa kanak-kanak, hormon, postur tubuh, olahraga, dan nutrisi.

Cara agar Cepat Tinggi yang Mudah Anda Terapkan

Tinggi badan memang bukan satu-satunya hal yang menentukan kualitas hidup seseorang. Akan tetapi, tidak dipungkiri bahwa jika Anda tinggi, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih luas dalam hal pilihan karir dan hubungan personal, selain juga memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Berita baiknya adalah, bagi Anda yang kurang tinggi, ada cara-cara alami yang bisa Anda tempuh untuk menambah tinggi badan. Berikut ini adalah cara agar cepat tinggi yang telah terbukti secara ilmiah.

  • Pola tidur yang tepat

Kita telah mengetahui bahwa tubuh melakukan fungsi pertumbuhan dan regenerasi jaringan pada saat beristirahat. Hormon pertumbuhan manusia paling banyak diproduksi ketika seseorang beristirahat, dan istirahat yang paling baik bagi tubuh adalah tidur. Anak dan remaja yang sedang berada dalam masa pertumbuhan membutuhkan waktu tidur selama 8 hingga 11 jam untuk menunjang produksi hormon pertumbuhan yang maksimal, sehingga mereka bisa mencapai tinggi badan yang optimal.

Sementara itu, orang dewasa membutuhkan paling tidak 5 jam untuk tidur dalam sehari (idealnya 6 hingga 7 jam dalam sehari); tidak hanya untuk menambah tinggi badan, tapi juga untuk memperbaiki fungsi-fungsi tubuh dan menambah cadangan energi.

Tidur yang dibutuhkan tidak hanya sekedar memejamkan mata, namun juga harus nyenyak dan bebas dari gangguan. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pastikan kamar tidur Anda bersih dan kondusif (bebas dari kebisingan dan pencahayaan yang sesuai). Sebelum tidur, Anda bisa mempertimbangkan untuk mandi air hangat atau jika tersedia Anda bisa minum segelas teh chamomile.

Hindari minum susu cokelat, kopi, atau teh. Kandungan teobromin dan kafein di dalamnya justru akan mengusir rasa kantuk Anda. Hindari melakukan aktivitas terlalu berat sebelum tidur karena akan meningkatkan adrenalin dan membuat rasa kantuk Anda hilang. Hindari pula langsung tidur setelah makan malam karena sistem pencernaan Anda akan bekerja terlalu berat.

  • Berolahraga

Cara agar cepat tinggi yang kedua adalah dengan melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Seseorang yang pada masa kanak-kanaknya aktif secara fisik serta rutin berolahraga akan cenderung lebih tinggi. Hal ini karena, ketika seseorang aktif secara fisik, tubuhnya akan menuntut lebih banyak nutrisi yang sehat. Penambahan asupan nutrisi inilah yang berdampak pada peningkatan tinggi badan.

Pilihlah olahraga yang sarat akan gerakan peregangan seperti berenang, pull-up, tenis, sepak bola, basket, bersepeda, atau lompat tali. Pada prinsipnya, gerakan peregangan dapat memperbaiki dan memperkuat otot yang menunjang tulang belakang. Perkembangan pada otot akan disusul dengan tulang belakang yang mengalami penguatan dan penambahan panjang 3 – 5 senti. Olahraga juga akan membuat cakram dan kartilago tulang belakang bertambah tebal, yang juga akan menambah tinggi badan Anda.

  • Mempraktikkan yoga

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran dari India yang telah dipraktikkan ribuan tahun lamanya. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, yoga juga dapat membuat pikiran lebih tenang dan membersihkan racun dari dalam tubuh.

Beberapa gerakan yoga (asana) tertentu dapat memfasilitasi produksi hormon pertumbuhan yang lebih banyak dan memperbaiki postur tubuh. Gerakan-gerakan yoga tersebut antara lain surya namaskar, trikonasana (pose segitiga), bhujangaasana (pose kobra), tadasana (pose gunung), dan vriksasana (pose pohon).

  • Mempertahankan postur tubuh yang benar

Cara berdiri atau duduk dapat membuat seseorang terlihat lebih tinggi atau sebaliknya. Beberapa orang tanpa sadar memiliki kebiasaan membungkukkan pundak atau menjatuhkan bahu yang membuat tulang belakang mereka melengkung, sehingga mereka terlihat pendek. Memperbaiki postur tubuh adalah salah satu cara agar cepat tinggi yang cukup mudah, cepat nampak hasilnya, namun terkadang tidak terpikirkan oleh banyak orang.

Anda dapat memperbaiki postur Anda dengan latihan yang mudah. Cobalah duduk tegak di kursi, pertahankan bahu Anda tetap lurus (tidak jatuh tertekuk ke depan) dan dagu Anda sedikit terdongak. Ketika berjalan, ingatlah untuk tidak membungkuk. Metode latihan tersebut, bersama dengan olahraga dan yoga, dapat membantu memperbaiki postur. Selain itu, pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi untuk tidur dan gunakan kasur yang dapat mempertahankan postur alami tubuh Anda.

  • Nutrisi seimbang

Asupan makanan tidak boleh dilupakan dalam melakukan upaya untuk menambah tinggi badan. Hindari junk food, lemak jenuh, minuman bersoda, dan makanan manis karena makanan-makanan tersebut berpotensi menambah timbunan lemak dalam tubuh Anda (pastinya Anda familiar dengan ungkapan “tumbuh itu ke atas, bukan ke samping”, bukan?).

Konsumsilah bahan makanan yang banyak mengandung kalsium, zinc, vitamin D, protein, karbohidrat, dan mineral lainnya. Kalsium sebagai mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang banyak terkandung dalam sayuran berdaun hijau dan produk susu. Untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti keju, kacang-kacangan, terong, tahu, daging tanpa lemak, dan putih telur.

Zinc berguna untuk mencegah gangguan pertumbuhan pada anak-anak, sehingga pada anak-anak cara agar cepat tinggi adalah mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung zinc. Meskipun demikian, orang dewasa juga tetap harus mengkonsumsinya. Zinc banyak ditemukan pada asparagus, telur, seafood, dan kacang tanah.

Kunci dari penambahan tinggi badan yang optimal adalah metabolisme yang baik. Pengaturan diet juga ikut berkontribusi pada laju metabolisme tubuh kita. Usahakan makan dalam jumlah yang sedikit namun sering. Cara ini akan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh, dan di saat yang sama memungkinkan Anda tumbuh lebih tinggi.

  • Menghindari faktor-faktor penghambat pertumbuhan

Mereka yang masih berada dalam masa pertumbuhan sebaiknya menghindari faktor-faktor yang berpotensi menghambat penambahan tinggi badan. Merokok dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang di usia yang sangat muda, misalnya. Asupan kafein pun harus dibatasi, terutama pada anak-anak.

Penyakit yang diderita pada masa kanak-kanak juga dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Hal ini dapat dihindari dengan vaksinasi, diet sehat, dan konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin C.

Apabila Anda telah melakukan berbagai cara agar cepat tinggi di atas namun tidak juga berhasil, tidak usah berkecil hati. Bangunlah rasa percaya diri Anda dengan cara banyak terlibat dalam aktivitas di lingkungan tempat belajar atau bekerja, ikutilah klub, dan gunakan waktu Anda untuk menekuni hobi atau hal-hal yang menarik dan bermanfaat. Hal-hal tersebut akan menambah rasa percaya diri Anda. Jika Anda memiliki pikiran positif dan rasa percaya diri yang besar, tubuh mungil pun tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *