invisible hit counter

Calon Ibu, Inilah Tips Melahirkan Normal, Lancar, dan Aman

Calon Ibu, Inilah Tips Melahirkan Normal, Lancar, dan AmanIbu, ikutilah tips melahirkan normal yang akan kami sajikan di bawah ini demi mendapatkan proses persalinan normal yang lancar sertra aman. Di jaman sekarang ini, rasanya persalinan dengan bantuan operasi atau sectio caesarea atau lebih terkenal dengan istilah Caesar menjadi trend yang terjadi di dunia kandungan. Banyak ibu yang wajib di Caesar karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, namun banyak pula yang hanya ingin di Caesar atas dasar tidak berani menghadapi rasa sakit persalinan normal. Nah, bila Ibu merupakan kalangan yang menginginkan dan lebih menghargai proses persalinan normal, ikuti tips melahirkan normal dan persiapan melahirkan di bawah ini agar dapat menghadapi hari besar nanti dengan lancar.

Ikuti Tips Melahirkan Normal di Bawah Ini untuk Proses Persalinan Normal yang Anda Inginkan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa proses melahirkan normal merupakan jalan yang lebih ‘berat’ yang harus ditempuh ibu hamil dibandingkan Caesar. Meski begitu, keuntungan proses melahirkan normal ternyata lebih banyak baik bagi ibu maupun bagi bayi yang dikandungnya. Meski sulit, sakit yang dirasakan Ibu yang melahirkan normal ternyata berlangsung lebih sebentar. Proses penyembuhan yang terjadi pun lebih memakan waktu lebih sedikit. Bayi pun mendapat keuntungan yang lebih berupa stimulasi tubuh dari jalan lahir ibu serta langsung dapat mendapatkan ASI eksklusif dari hari pertama kelahiran. Maka, simak tips melahirkan normal di bawah ini untuk mendapatkan proses persalinan yang normal dan lancar:

  • Mendapatkan Edukasi yang Cukup mengenai Proses Melahirkan Normal

Tips pertama dari daftar tips melahirkan normal adalah dengan mencari dan mendapatkan informasi serta edukasi yang tepat mengenai proses persalinan normal itu sendiri. Jangan ragu bertanya hal ini kepada dokter kandungan atau bidan Anda demi mempersiapkan apa saja yang perlu Anda lakukan agar dapat melakukan persalinan yang normal. Bila memungkinkan, ikuti kelas atau komunitas yang sering membahas dan memberikan informasi mengenai proses melahirkan yang normal. Mengetahui apa saja yang perlu Anda lakukan, apa yang Anda rasakan dan bagaimana persiapan yang baik akan sangat membantu Anda menghadapi melahirkan normal yang Anda inginkan.

  • Pilihlah Bidan atau Dokter Kandungan yang Tepat

Tulisan di atas tidak mengindikasikan bahwa ada bidan atau dokter kandungan yang tidak tepat. Namun, maksud kalimat di atas ialah memilih tenaga kesehatan yang mengerti mengenai keinginan Anda untuk melahirkan secara normal. Tips melahirkan normal ini sangat penting karena bila pasien dan penyedia tenaga kesehatan saling mengerti keinginan dan kebutuhan pasien, maka melahirkan normal akan mungkin tercapai. Meski tentu saja keputusan final proses persalinan yang cocok bagi Anda kembali lagi kepada kondisi kesehatan Ibu dan bayi. Komunikasikan keinginan Anda, dan tanyakan setiap informasi yang Anda perlukan kepada tenaga kesehatan Anda.

  • Usahakan agar Tidak Menaikkan Berat Badan Terlalu Ekstreme

Kenaikan berat badan yang terlampau banyak akan mempersulit persalinan normal yang Anda inginkan. Maka, menjaga agar berat badan yang naik tidak terlalu banyak merupakan tips melahirkan normal yang perlu Anda lakukan. Persalinan normal biasanya akan berjalan lebih mulus dan lebih lancar bagi mereka yang tidak memiliki berat badan yang terlalu berat. Ibu dengan berat badan seimbang akan mengurangi kemungkinan kejadian komplikasi persalinan dan membutuhkan obat-obatan dan intervensi medis yang lebih sedikit dibandingkan ibu dengan berat badan yang berlebih.

  • Latihlah Otot Anda

Melatih agar otot menjadi lebih kuat adalah tips melahirkan normal yang berikutnya. Terutama perkuatlah otot tungkai dan kaki Anda. Jadi, lakukanlah senam hamil yang dapat memperkuat otot-otot kaki Anda. Latihan yang tepat ialah squatting yang teratur pada masa kehamilan Anda. Lakukan squatting sebanyak 15 kali dalam satu set, dan lakukan 3 set per harinya. Penelitian dari Australia menyebutkan bahwa otot tungkai dan kaki yang kuat akan mempercepat proses persalinan karena akan menambah kekuatan Ibu saat proses melahirkan normal nanti.

  • Tidurlah yang Cukup

Tips melahirkan normal selanjutnya merupakan hal yang cukup mudah dan menyenangkan, yakni mengusahakan agar Anda cukup tidur minimal dalam satu bulan terakhir masa kehamilan. Ibu yang tidur dengan jumlah jam minimal 6 jam per hari dapat memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan. Sebaliknya, ibu yang tidak cukup tidur biasanya akan membutuhkan waktu 11 jam lebih lama untuk proses melahirkan normal, bahkan menaikkan kemungkinan kejadian Caesar sebanyak 4 kali dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

Artikel mengenai tips melahirkan normal dan lancar ini berlanjut ke halaman 2, termasuk juga membahas tentang apa saja tanda-tanda akan segera melahirkan.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *